5 MMORPG PC Bangkit ke Mobile

Seiring dengan perkembangan jaman, pergeseran MMORPG ke versi PC dan Mobile kini semakin terlihat dengan sangat jelas. Semakin hari, semakin banyak pula game-game yang dulunya hadir dalam versi PC dan setia dimainkan oleh banyak gamer. Terlebih, kemudahan akses tentu membuat versi mobile lebih sering dimainkan oleh para gamer 5 MMORPG PC Bangkit ke Mobile.

Selain perpindahan ke mobile, jelas perubahan gameplay akan terjadi. Dan biasanya gameplay akan berubah menjadi lebih compact dan lebih mudah untuk dimainkan ketimbang versi PCnya. Control scheme yang membutuhkan banyak kombinasi keyboard. 5 MMORPG PC Bangkit ke Mobile. Kini berubah menjadi satu atau dua tombol saja lewat layar smartphone.
Dari berbagai macam game yang kini telah bangkit kembali ke versi Mobile. Kali ini Kru epic99 telah menyiapkan beberapa game yang memiliki perubahan sangat drastis baik dari segi gameplay maupun dari grafis. Tentu saja, karena banyak MMORPG yang kini menjadi versi mobile. Kru epic99 akan membahas 5 dari game-game tersebut. Penasaran? Yuk, simak 5 MMORPG PC Bangkit ke Mobile.

1. Ragnarok M Eternal Love

M Eternal Love
M Eternal Love

Bisa dibilang, Ragnarok M Eternal Love merupakan salah satu game terpopuler di kalangan gamer Indonesia. Sejak rilis di awal November lalu memiliki gameplay Ragnarok klasik. Dengan berbagai perubahan-perubahan dan sistem grinding yang lebih dipermudah. baik pemain lama maupun pemain baru langsung memainkan Ragnarok M dan bertualang ke Rune Midgard.
Ragnarok M Eternal Love menggunakan Grafis 3D cantik. Memperlihatkan karakter dan kostum yang terdapat dalam Ragnarok M terlihat cantik dalam layar smartphone. Walau demikian, penggunaan 3D tidak mengurangi esensi Ragnarok Online yang kita kenal sebelumnya. Sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa lihat perbandingan skill Sonic Blow di versi classic dan versi ROM lewat gambar diatas.

2. Dragon Nest M

Dragon Nest
Dragon Nest

Dragon Nest M adalah 3D action dan adventure game yang menggunakan metode 3D no lock battle dari PC sehingga memungkinkan player untuk mengombinasikan skill secara bebas untuk bertempur dengan mudah. Dragon Nest M akan memberikan tampilan, cerita, karakter dan NPC yang sama seperti versi PC, menemani player bertualang di Dragon Nest.
Perbedaan gameplay yang terdapat dalam Dragon Nest M tidaklah banyak, hanya saja perbedaan terbesar terdapat pada control scheme yang berbeda dan sistem equip yang lebih dipermudah di versi mobilenya.

3. Grand Chase

Grand Chase
Grand Chase

Grand Chase merupakan sebuah MMO Action RPG yang memberikan presentasi visual ala anime, kontrol yang presisi, sistem kombo, struktur pertarungan yang mengesankan, kustomisasi yang tidak terbatas untuk tampilan karakter. Grand Chase akan menawarkan 19 karakter yang bisa dimainkan dengan empat kelas job yang unik per karakter.
Kalau Grand Chase semasa PC merupakan game Action RPG platformer, kali ini Grand Chase hadir dengan gameplay yang jauh berbeda dari sebelumnya yakni RPG strategi dimana kamu mampu mengontrol empat karakter sekaligus dalam satu battle, dan mengatur skill-skill yang mereka gunakan.

4. TERA Online

TERA
TERA

TERA merupakan salah satu game online populer di masanya yang telah menerima dua game berbeda, yakni TERA M dan TERA Frontier. TERA M merupakan MMO besutan Netmarble yang memiliki gameplay dan skala map yang besar, lengkap dengan grafis yang sangat mumpuni pula. Dengan map berskala besar dan gameplay yang tak jauh berbeda dari versi PCnya, tak banyak perbedaan yang mencolok kecuali grafis yang agak kurang jika dibanding dengan versi PCnya.
Selain TERA M, diumumkan pula TERA Frontier yang dipastikan akan rilis 2019 mendatang dengan grafis super cantik dengan Unreal Engine 4. Sayangnya, belum ada detail lainnya yang diberikan. TERA Frontier dipastikan akan dirilis pada tahun 2019 mendatang.

5. Black Desert Mobile

Black Desert
Black Desert

Black Desert bisa dibilang merupakan salah satu MMORPG yang populer di kalangan banyak gamer. Hingga saat ini berkat gameplay dan kualitas grafis yang luar biasa untuk sebuah game MMORPG PC. Memperhatikan beberapa gamer yang mulai beralih ke smartphone. Pearl Abyss membuat versi mobile dari Black Desert namun dengan gameplay yang tak jauh berbeda dengan versi PCnya.
Pada versi mobile juga akan menghadirkan pertarungan non-targeting combat layaknya versi PC, namun perbedaan yang mencolok adalah adanya auto-combat. Selain itu, akan ada fitur Private Manor yang eksklusif untuk versi Mobile. Yang paling penting, Pearl Abyss memastikan bahwa versi mobile ini akan balance dan tidak ada kata pay-to-win.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *