Zorin OS, Sistem Operasi Alternatif Bagi Pengguna Windows

Epic99.com – Zorin OS. Berbicara tentang sistem operasi. Sepertinya tidak habis – habis untuk terus membicarakan OS Linux. Bagaimana tidak, sistem operasi yang bersifat open source ini selalu memberikan distro terbaru yang bisa memecahkan beragam permasalahan bagi para penggunanya.

Jika kamu pengguna sistem operasi Windows dan sering mengeluhkan masalah kecepatan. Disini Epic99 akan mengenalkan kepada kamu sebuah distro Linux yang bisa menjadi alternatif kamu sebagai pengguna Windows. Mari simak tentang Zorin OS yang akan di jelaskan pada artikel di bawah ini.

Apa itu Zorin OS ?

Zorin OS merupakan alternatif untuk sistem operasi Windows dan MacOS yang sengaja di rancang untuk membuat komputer menjadi lebih cepat, kuat, aman, dan tentunya dengan menghormati privasi setiap penggunanya. Bisa di katakan sistem operasi berbasis Linux ini sangat cocok untuk menggantikan sistem operasi Windows yang seringkali memiliki banyak bug.

Selain itu, Zorin OS juga sangat mudah di gunakan, sehingga kamu tidak perlu mempelajari hal apapun untuk mulai menggunakan sistem operasi yang satu ini. Di tambah lagi dengan aplikasi Zorin Apparance yang memungkinkan kamu untuk mengubah tata letak dekstop. Tentu saja kamu bisa merancang tampilannya menyerupai tampilan WIndows.

Mengapa harus menggunakan Zorin OS

  • Dapat diandalkan

Menjadikan Ubuntu dan juga Linux sebagai dasarnya, Zorin di bangun di atas perangkat lunak open source yang sama dengan yang di gunakan kedua sistem operasi tersebut.

Sistem operasi Zorin ini menjadi salah satu yang paling bisa di andalkan. Terbukti dengan Zorin yang juga mendukung departemen pertahanan AS dan komputer di stasiun luar angkasa internasional.

  • Aman

Berkat fitur keamanan canggih yang di miliki oleh Linux. Tentunya menjadikan Zorin tahan terhadap virus dan juga malware pada komputer.

Selain itu, terdapat patch keamanan dan pembaruan perangkat lunak yang akan di munculkan dengan cepat untuk tahun – tahun yang akan datang.

  • Menghormati privasi

Privasi tentunya menjadi hal penting yang paling dasar. Oleh karenanya, Zorin mengutamakan privasi yang juga menjadi kelebihan OS ini.

Zorin tidak mengumpulkan data pribadi, sehingga siapapun tidak akan bisa mengetahui aktifitas yang kamu lakukan di dalam sistem operasi Zorin.

Tidak hanya itu saja. Di karenakan Zorin merupakan sistem operasi open source, tentunya kamu akan bisa mengaudit kode sumber untuk memverifikasi keamanannya.

Kelebihan sistem operasi Zorin

Tidak adil rasanya jika Zorin di rancang tanpa ada kelebihan apapun di dalamnya. Nah, berikut ini adalah kelebihan yang di miliki sistem operasi berbasis Linux ini :

  • Tersedia banyak aplikasi

Sistem operasi yang satu ini hadir dengan semua aplikasi penting yang akan kamu butuhkan. Sehingga dalam hal ini dapat memudahkanmu dan bisa langsung di gunakan untuk bekerja.

Kamu bisa menemukan ribuat aplikasi ternama dari toko perangkat lunak bawaan. Bahkan kamu juga bisa menjalankan banyak aplikasi Windows di Zorin OS

  • Bermain game dengan mudah

Kamu akan bisa memainkan banyak game besar yang menjadi favorit mulai dari game AAA hingga game indie. Cara yang bisa di lakukan juga terbilang cukup mudah hanya dengan menginstall game asli Linux dan Windows dari Steam, Lutris ataupun sumber lainnya.

Zorin OS memang hadir dengan driver grafis NVIDIA dan AMD Redeon untuk bisa mengoptimalkan game. Dengan begitu kamu akan bisa mendapatkan performa yang maksimal dengan mudah saat bermain game.

  • Terintegrasi

Dengan menggunakan Zorin, tentunya ponsel dan juga komputer akan berfungsi sebagai satu dengan koneksi Zorin. Zorin connect terintegrasi kedalam dekstop dengan sistem operasi Zorin yang berfungsi untuk menggabungkan antara komputer dan juga ponsel.

Tidak hanya itu, Zorin juga bekerja melalui koneksi terenskripsi di jaringan lokal dan memastikan data pribadi tetap aman.

  • Kompatibel

Zorin di rancang sangat kompatibel untuk di gunakan. Hal ini di karenakan Zorin sudah di install sebelumnya dengan suite LibreOffice yang memungkinkan kamu untuk melihat, membuat, dan juga mengedit dokumen Microsoft Office.

Saat kamu menggunakan Zorin OS bersama Windows, maka kamu akan bisa mengakses file di partisi drive Windows di dalam Zorin OS.

Download Zorin OS

Itulah beberapa hal mengenai Zorin OS. Intinya sistem operasi ini bisa menjadi jawaban dari semua keluh kesahmu mengenai kecepatan yang kamu rasakan saat menggunakan sistem operasi Windows.***