Game PC Untuk Raspberry Pi 4?? Begini Cara Installasinya!

Epic99.com – Game PC untuk Raspberry Pi 4. Kabar gembira untuk kamu pengguna Raspberry Pi 4. Karena apa? Yapppp, karena kamu sudah bisa bermain banyak game PC di Raspberry Pi 4. Kamu akan bisa bermain game native arm, browser, dosbox, scummvm, residualvm, bahkan sampai game untuk windows dan linux juga bisa kamu mainkan di komputer cabe rawit ini.

Sekarang jangan khawatir lagi, walaupun Raspberry Pi 4 tidak berbasis konsol, tapi kamu masih bisa lho mainin semua game itu. Kamu hanya perlu menggunakan Box86 dan juga wine yang untuk bisa mendapatkan pengalaman bermain game PC di Raspberry Pi 4. Gimana caranya? Tenang aja, karena epic99 akan kasih tutorial lengkapnya untuk kamu.

Game PC Untuk Raspberry Pi 4 “Cara Installasi Wine, dan Winetricks”

Nah, sebelum masuk ke topik utama yaitu Box86. Ada baiknya kita ketahui dulu apa itu Box86. Jadi Box86 sebenarnya merupakan Linux Userspace x86 Emulator dengan twist. Box86 juga di targetkan untuk perangkat ARM Linux.

Tapi kamu pengguna Raspberry Pi 4 juga gak perlu khawatir. Karena kamu tetep bisa menggunakan Box86 dengan menginstall Wine untuk Box86. Intinya, jika kamu ingin bisa bermain game PC di Raspberry Pi 4, kamu harus menginstall 3 kunci utamanya yaitu (wine, winetricks, dan Box86) Begini Langkah – langkahnya :

  1. Download file wine, kamu bebas pilih dalam bentuk .deb, .zip, atau bahkan file .pol untuk versi wine yang ingin kamu install.
  2. Buka dan extract file yang sudah kamu download.
  3. Pindahkan folder yang sudah di extract ke tempat di mana kamu ingin jalankan wine.
  4. Buka /usr/local/bin dan buatlah symlink atau script yang akan menunjuk ke binary wine utama yang kamu miliki (wine, winecfg, dan wineserver).
  5. Booting wine untuk membuat wineprefix baru (wine wineboot).
  6. Download winetricks (namun winetricks merupakan script bash yang sangat rumit), jadi pastikan kamu bisa mengeksekusinya, kemudian salin ke /usr/local/bin.

1. Menginstall Wine untuk Box 86 di raspberry Pi OS dari Twister OS FAQ file .tgz

Versi wine yang di gunakan adalah v5.13

Link Download TwisterOS FAQ

#Cadangkan semua instalasi wine yang sudah lama

sudo mv ~/wine ~/wine-old
sudo mv ~/.wine ~/.wine-old
sudo mv /usr/local/bin/wine /usr/local/bin/wine-old
sudo mv /usr/local/bin/wineboot /usr/local/bin/wineboot-old
sudo mv /usr/local/bin/winecfg /usr/local/bin/winecfg-old
sudo mv /usr/local/bin/wineserver /usr/local/bin/wineserver-old

#Unduh, ekstrak wine, dan instal wine (terakhir saya periksa, halaman FAQ Twister OS memiliki Wine 5.13-devel)

wget https://twisteros.com/wine.tgz -O ~/wine.tgz
tar -xzvf ~/wine.tgz
rm ~/wine.tgz # clean up

#Install pintasan (buat peluncur & symlink. Credits : greyduck, Botspot)

echo -e '#!/bin/bash\nsetarch linux32 -L '"$HOME/wine/bin/wine "'"$@"' | sudo tee -a /usr/local/bin/wine >/dev/null # Create a script to launch wine programs as 32bit only

#sudo ln -s ~/wine/bin/wine /usr/local/bin/wine # You could aslo just make a symlink, but box86 only works for 32bit apps at the moment

sudo ln -s ~/wine/bin/wineboot /usr/local/bin/wineboot
sudo ln -s ~/wine/bin/winecfg /usr/local/bin/winecfg
sudo ln -s ~/wine/bin/wineserver /usr/local/bin/wineserver
sudo chmod +x /usr/local/bin/wine /usr/local/bin/wineboot /usr/local/bin/winecfg /usr/local/bin/wineserver

#Boot wine (make fresh wineprefix in ~/.wine )

wine wineboot

2. Menginstal Wine untuk Box86 di Raspberry Pi OS Buster dari file .deb WineHQ

Link Download WineHQ repo

Metode penginstalan ini memungkinkan kamu untuk menginstal versi Wine yang berbeda. Anda dapat menginstal versi apa pun dan cabang Wine apa pun yang kamu inginkan (pengembangan wine, wine-stable, atau wine-staging).

#mencadangkan semua installasi wine sebelumnya

sudo mv ~/wine ~/wine-old
sudo mv ~/.wine ~/.wine-old

sudo mv /usr/local/bin/wine /usr/local/bin/wine-old
sudo mv /usr/local/bin/wineboot /usr/local/bin/wineboot-old
sudo mv /usr/local/bin/winecfg /usr/local/bin/winecfg-old
sudo mv /usr/local/bin/wineserver /usr/local/bin/wineserver-old

#download, extract, dan install wine
#Ganti tautan/versi di bawah ini dengan tautan/versi dari situs WineHQ untuk versi wine yang ingin kamu instal. Perhatikan bahwa kami memerlukan versi i386 untuk Box86 meskipun kami memasangnya di prosesor ARM kami.)
#Pilih versi i386 dari wine-devel, wine-staging, atau wine-stable)
cd ~/Downloads

wget https://dl.winehq.org/wine-builds/debian/dists/buster/main/binary-i386/wine-devel-i386_5.21~buster_i386.deb # NOTE: Replace this link with the version you want
wget https://dl.winehq.org/wine-builds/debian/dists/buster/main/binary-i386/wine-devel_5.21~buster_i386.deb # NOTE: Also replace this link with the version you want
dpkg-deb -xv wine-devel-i386_5.21~buster_i386.deb wine-installer # NOTE: Make sure these dpkg command matches the filename of the deb package you just downloaded
dpkg-deb -xv wine-devel_5.21~buster_i386.deb wine-installer
mv ~/Downloads/wine-installer/opt/wine* ~/wine
rm wine*.deb # clean up
rm -rf wine-installer # clean up

#Instal pintasan (buat peluncur & symlink 32bit. Kredit: greyduck, Botspot)

echo -e '#!/bin/bash\nsetarch linux32 -L '"$HOME/wine/bin/wine "'"$@"' | sudo tee -a /usr/local/bin/wine >/dev/null # Create a script to launch wine programs as 32bit only

#sudo ln -s ~/wine/bin/wine /usr/local/bin/wine # You could aslo just make a symlink, but box86 only works for 32bit apps at the moment

sudo ln -s ~/wine/bin/wineboot /usr/local/bin/wineboot
sudo ln -s ~/wine/bin/winecfg /usr/local/bin/winecfg
sudo ln -s ~/wine/bin/wineserver /usr/local/bin/wineserver
sudo chmod +x /usr/local/bin/wine /usr/local/bin/wineboot /usr/local/bin/winecfg /usr/local/bin/wineserver

#Paket ini diperlukan untuk menjalankan pementasan anggur di RPi 4 (Kredit: chills340)

sudo apt install libstb0 -y
cd ~/Downloads
wget -r -l1 -np -nd -A "libfaudio0_~bpo10+1_i386.deb" http://ftp.us.debian.org/debian/pool/main/f/faudio/ # Download libfaudio i386 no matter its version number dpkg-deb -xv libfaudio0_~bpo10+1_i386.deb libfaudio
sudo cp -TRv libfaudio/usr/ /usr/
rm libfaudio0_*~bpo10+1_i386.deb # clean up
rm -rf libfaudio # clean up

#Jalankan wine (buat wineprefix baru di ~/.wine )

wine wineboot

3. Game PC Untuk Raspberry Pi 4 “Installasi Winetricks”

Winetricks adalah skrip bash yang membuat kamu lebih mudah untuk menginstal & mengonfigurasi paket perangkat lunak sistem inti Windows yang kamu inginkan yang mungkin merupakan dependensi untuk program Windows tertentu. Kamu dapat menginstalnya dengan apt, atau secara manual menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

sudo apt-get install cabextract -y # winetricks needs this installed
sudo mv /usr/local/bin/winetricks /usr/local/bin/winetricks-old # Backup old winetricks
cd ~/Downloads && wget https://raw.githubusercontent.com/Winetricks/winetricks/master/src/winetricks # Download
sudo chmod +x winetricks && sudo mv winetricks /usr/local/bin/ # Install

Setiap kali kita menjalankan winetricks, kita harus memberi tahu Box86 untuk menekan spanduk infonya, jika tidak, winetricks akan mogok.

Spanduk info Box86 dapat ditutup menggunakan variabel lingkungan BOX86_NOBANNER=1 sebelum menjalankan winetricks (contoh: BOX86_NOBANNER=1 winetricks).

Jika apt menginstal pintasan menu desktop untuk winetricks (atau jika kamu membuat pintasan desktop sendiri untuk winetricks) maka kamu mungkin perlu mengedit pintasan itu untuk menyertakan BOX86_NOBANNER=1 env var Box86. Dengan editor teks favorit Anda, edit /usr/share/applications/winetricks.desktop dan ubah Exec=winetricks --gui menjadi Exec=env BOX86_NOBANNER=1 winetricks --gui.

4. Menjalankan Perintah Winetricks dengan Box86

Berikut ini adalah contoh bagaimana kita harus menjalankan perintah winetricks dengan box86:
BOX86_NOBANNER=1 winetricks -q corefonts vcrun2010 dotnet20sp1

Perintah ini diam-diam akan menginstal tiga paket secara seri: font inti Windows, VC++ 2010, Runtimes, dan .NET 2.0 SP1. -q adalah perintah “install silent/quiet”.

Setiap kali kita menjalankan winetricks, kita harus menekan banner Box86 dengan mengetik BOX86_NOBANNER=1 untuk mencegah winetricks mogok.

Menerapkan fitur logging Box86 (dengan BOX86_LOG=1 atau serupa) juga akan menyebabkan winetricks mogok. (Jika logging Box86 diperlukan, kami dapat menambal winetricks untuk menghindari crash ini – lihat bagian Pemecahan Masalah) # pekerjaan di masa mendatang.

Untuk daftar semua paket & pustaka Windows berbeda yang dapat diinstal oleh winetricks, jalankan winetricks list-all.

Catatan yang harus kamu ingat agar bisa bermain Game PC Untuk Raspberry Pi 4 :

1. Wineprefixes (dan Inisialisasi Wine)

Saat kamu pertama kali menjalankan atau mem-boot Wine (wine wineboot), Wine akan membuat lingkungan pengguna baru untuk menginstal perangkat lunak Windows.

Lingkungan pengguna ini disebut “wineprefix” (atau “wine bottle”) dan terletak (secara default) di ~/.wine (perhatikan bahwa folder Linux dengan . di depannya adalah folder “tersembunyi”).

Pikirkan wineprefix sebagai ‘harddisk’ virtual Wine di mana ia menginstal perangkat lunak dan menyimpan pengaturan. Wineprefix bersifat portabel dan dapat di hapus. Untuk dokumentasi Wine lainnya, lihat WineHQ.

Jika suatu saat Anda merusak sesuatu di dalam wineprefix default Anda, Anda dapat memulai “fresh” dengan menghapus direktori ~/.wine Anda (dengan perintah rm -rf ~/.wine) dan mem-boot wine lagi untuk membuat wineprefix default baru.

2. Transplantasi wineprefixes

Jika perangkat lunak tidak di instal di Wine dengan Box86, tetapi di instal untuk kamu di Wine pada komputer Linux x86 biasa, Anda dapat menyalin wineprefix dari komputer Linux x86 ke perangkat tempat kamu menjalankan Box86.

Ini paling mudah dilakukan dengan mentar folder ~/.wine di komputer Linux x86 Anda (tar -cvf winebottle.tar ~/.wine), mentransfer file tar ke perangkat Anda, lalu menghapus tar file tar (tar -xf winebottle.tar) di perangkat Anda yang menjalankan Box86 & Wine. Tarring wineprefix mempertahankan symlink yang ada di dalamnya.

3. Mengganti Versi Wine yang Berbeda

Beberapa versi Wine bekerja lebih baik dengan perangkat lunak tertentu. Yang terbaik adalah menginstal versi Wine yang di ketahui bekerja dengan perangkat lunak yang ingin kamu jalankan.

Ada tiga cabang pengembangan utama Wine yang dapat kamu pilih, yang di sebut sebagai wine-stable, wine-devel, dan wine-staging. Perhatikan bahwa cabang pementasan wine memerlukan langkah instalasi tambahan di Raspberry Pi.

Seluruh instalasi Wine kamu dapat berada dalam satu folder di komputer Linux Anda. TwisterOS mengasumsikan bahwa instalasi Wine kamu terletak di dalam direktori ~/wine/.

Direktori sebenarnya tempat kamu meletakkan folder wine tidak masalah selama kamu memiliki symlink di dalam direktori /usr/local/bin/ yang mengarah ke folder wine sehingga Linux dapat menemukan Wine saat Anda mengetik wine ke terminal).

Kamu dapat mengubah versi Wine yang kamu jalankan hanya dengan mengganti nama folder wine dan .wine lama kamu menjadi sesuatu yang lain, lalu meletakkan folder wine baru (berisi versi baru Wine kamu) sebagai gantinya.

Menjalankan wine wineboot lagi akan memigrasikan wineprefix dari versi Wine yang lebih lama agar dapat digunakan oleh versi Wine yang lebih baru yang baru saja kamu instal. Kamu dapat memeriksa versi Wine yang sedang kamu jalankan dengan perintah wine --version.