Site icon EPIC99

8 Rekomendasi Distro OS Linux Terbaik 2022

Epic99.com – Rekomendasi Distro OS Linux Terbaik 2022. Di era teknologi saat ini, sudah banyak sistem operasi pada komputer yanag melakukan banyak perkembangan dan inovasi. Salah satunya adalah Linux. Sistem operasi yang hadir di awal tahun 80an ini menjadi sistem operasi yang bersifat open source.

Itu artinya, kamu akan bisa bebas melakukan custom dan memodifikasi untuk kemudian merilisnya ke publik. Oleh karena itu, sekarang Linux memiliki versi distro dan variasi tampilan yang terbilang melimpah.

Nah untuk pengetahuan kamu, distro yang terdapat pada Linux bukanlah hanya sekedar tema biasa. Distro linux tidak hanya memiliki tampilan yang unik saja, terdapat modul, sistem, bahkan aplikasi yang berbeda – beda disetiap distro nya.

Berikut ini merupakan rekomendasi distro Linux terbaik 2022 yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menggunakannya.

1. Ubuntu

Linux Ubuntu menjadi salah satu Linux yang cukup populer. Hal ini di karenakan ubuntu yang ramah pengguna alias user friedly. Dengan begitu, nantinya kamu akan dengan mudah beradaptasi dengan sistem operasi ini.

Selain itu kamu juga akan bisa mengakses berbagai aplikasi di Linux Ubuntu ini.

Keunggulan Ubuntu :

2. Linux Mint

Mint menjadi yang paling banyak di gemari oleh berbagai kalangan. Hal ini di karenakan tampilannya yang klasik serta mudah di akses dan kompatibel dengan banyak software. Selain itu, linux mint juga cocok untuk akses multimedia.

Keunggulan Linux Mint :

3. Debian

Dengan menggunakan Debian, kamu akan memiliki akses hingga 50 ribu paket software. Selain itu kebanyakan softwarenya bersifat open source dan gratis. Jika ada perangkat lunak yang berbayar, kamu bisa mendownloadnya kemudian install dari penyimpanan.

Kelebihan Debian :

4. Arch

Meskipun bisa di gunakan untuk umum, namun Arch sebenarnya di rancang khusus untuk pengguna advanced yang memiliki keahlian. Nantinya kamu akan menemukan banyak tools dan variasi yang custom.

Keunggulan Linux Arch :

5. Kali Linux

Linux Kali merupakan pengembangan dari debian. Kali berfokus pada aspek keamanan. Selain itu, Kali Linux juga memberikan fasilitas kepada pengguna untuk mengevaluasi sistem keamanan. Di tambah Kali juga yang memiliki banyak tools keamanan dan analisis keamanan yaitu DHCPig dan juga BBQSQl. Kali juga menyediakan tools Binwalk dan Volatility yang bisa di manfaatkan untuk forensik digital.

Keunggulan Kali Linux :

6. Tails

Linux Tails di kenal sangat menjaga privasi dan anonimitas penggunanya. Jadi kamu akan bisa bebas berselancar di internet. Nantinya semua akses internet akan di lesatkan ke jaringan Tor terlebih dahulu agar hasilnya benar – benar anonim.

Keunggulan Tails :

7. Elementary

Menjadi distro Linux dengan tampilan yang trendy. Elementary menggunakan environtment dekstop versi Pantheon yanag lahir dari software GNOME. Selain itu, versi yang beredar sekarang dan untuk kedepannya akan mengikuti filosofi Human Design Guidelines.

Keunggulan Elementary :

8. CentOS

CentOS menjadi versi gratis yang biasanya menjadi standar perusahaan. Karena pada dasarnya hal ini hanya untuk kebutuhan enterprise. Cent bisa di katakan lebih cocok di gunakan untuk server di bandingkan untuk PC.

Keunggulan CentOS :

Itulah beberapa Distro Linux terbaik 2022 yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu pakai sesuai kebutuhan. Tentunya setiap distro memiliki keunggulan yang berbeda – beda. Jadi pastikan pilihan kamu paling terbaik yang cocok untuk kamu.***

Exit mobile version