Site icon EPIC99

Perbandingan PS5 Dan Xbox Series X, Mana Yang Lebih Unggul ?

Epic99.com – Perbandingan PS5 dan Xbox Series X. Konsol game sepertinya masih selalu menarik perhatian bagi kalangan gamer. Terlebih saat ini sudah banyak konsol game keluaran terbaru yang memberikan fitur canggih yang memudahkan pengguna dalam bermain game.

Selain itu, ada beberapa permainan seru yang hanya di khususkan untuk pengguna konsol. Nah berbicara mengenai konsol game, sekarang kita akan membandingkan 2 konsol terbaru yang masih hangat di bicarakan.

PlayStation 5 (PS5) besutan Sony dan Xbox Series X milik Microsoft menjadi kedua konsol yang selalu di banding – bandingkan. Lalu apa yang membuat mereka menjadi pesaing satu sama lain? Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui keunggulan dari kedua konsol game canggih ini.

Perbandingan PS5 dan Xbox Series X

1. Performa

Berbicara mengenai performa, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Hanya saja kedua konsol ini menggunakan CPU yang berbeda.

PS5 sendiri menggunakan AMD custom made dengan arsitektur Zen 2 di sertai konfigurasi octa-core. Tidak main – main kecepatan clock CPU nya mencapai 3.5GHz. Selain itu, PS5 sendiri menggunakan GPU yang bisa menghasilkan kinerja hingga 10.28 teraflops.

Berbeda dengan konsol pesaingnya, Xbox series 10 menggunakan CPU khusus dari AMD yang di sertai arsitektur Zen 2 7nm. Tidak hanya itu saja, konsol ini mencakup hingga 8 core dan 16 thread.

Bahkan kecepatan dasar pada CPU ini mencapai 3.6GHz dengan puncak kecepatan mencapai 3.8GHz. Xbox series X juga menggunakan GPU dengan kecepatan clock yang mencapai 1,825GHz di sertai 3328 shader dan bisa menghasilkan kinerja hingga 12 teraflops.

Jika berbicara performa, Xbox series X terlihat lebih unggul di bandingkan PS5.

2. Kapasitas Penyimpanan

Kedua konsol ini memiliki kapasitas dan fitur penyimpanan yang berbeda. PS5 menggunakan RAM DDR 16GB sedangkan Xbox series X menggunakan RAM GDDR6 16GB.

Selain itu, PS5 menggunakan SSD 825GB yang bisa mencapai troughput hingga 5,5GB/s. Sedangkan Xbox series X menggunakan SSD NVMe 1TB yang kecepatnnya bisa terus di tingkatkan.

Nah, jika melihat dari jumlah penyimpanan keduanya, lagi – lagi Xbox series X lebih unggul di bandingkan lawannya. Hal ini di karenakan Xbox series X sendiri memiliki jumlah penyimpanan SSD yang bisa di tingkatkan.

3. Kompatibilitas Game

Kamu akan bisa memainkan semua game PS4 untuk dimainkan di PS5. Tentunya ini menjadi kabar baik untuk kamu yang memiliki game favorit yang ada di PS4.

Berbeda dengan konsol besutan Sony, Xbox series X sendiri bisa memainkan semua game Xbox One. Selain itu konsol ini juga bisa memainkan hingga lebih dari 600 game miliki Xbox dan Xbox 360 melalui Game Pass.

4. Dari Segi Harga

Meskipun keduanya memiliki beberapa perbedaan, namun nyatanya dari segi harga antara PS5 dengan Xbox series X memiliki harga yang cenderung sama yaitu sekitar Rp 7 jutaan.

Hanya saja PS5 menyediakan Digital Edition untuk kamu yang memiliki budget terbatas. PS5 Digital Edition ini di banderol dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp 5 jutaan.

5. Spesifikasi Lengkap

Xbox Series XPlayStation 5
CPUOcta-core AMD Zen 2, 3.8GHz (3.6GHz dengan SMT)Octa-core AMD Zen 2, kecepatan clock 3.5GHz
GPUKecepatan clock 1,825GHz, 12 TFLOPS, 52 unit komputasiKecepatan clock 2.23GHz (frekuensi variabel), 36 unit komputasi, 10.28 TFLOP
Penyimpanan16 GB GDDR6 320 bit16 GB GDDR6 256-bit
Resolusi 4K pada 120Hz, hingga 8K4K pada 120Hz, hingga 8K
Penyimpanan InternalSSD NVMe 1TBSSD 825 GB
Optic DiskDrive Blu-ray 4K UHDDrive Blu-ray 4K UHD
Ukuran301mm x 151mm x 151mm390mm x 104mm x 260mm

Itulah beberapa perbandingan antara kedua konsol game yang menyediakan fitur modern ini. Pastinya kedua konsol ini memiliki keunggulan masing – masing yang berbeda. Jadi sebaiknya kamu memilih konsol game yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan kamu ya.***

Exit mobile version