Cara Mudah Mengatasi Virus Pada Android : Dijamin Ampuh !

Epic99.com – Cara mengatasi virus pada android. Meskipun tergolong sebagai smartphone, nyatanya Android masih rentan juga terinfeksi malware yang bahkan bisa merusak sistem serta mencuri data rahasia dalam perangkat.

Malware sendiri merupakan perangkat lunak berbahaya yang masuk kedalam peangkat. Selain itu Malware terdiri dari beberapa jenis yaitu virus, trojan, ransomware, hingga spyware yang semuanya tentu sangat membahayakan.

Nah untuk kamu yang memiliki masalah virus pada perangkat android. Mari simak baik – baik artikel di bawah ini untuk mengatasi virus pada perangkat android yang terbukti ampuh dan bisa kamu praktekkan.

Namun sebelum itu, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu ciri – ciri android yang terinfeksi virus.

1. Ciri-Ciri Android Terinfeksi Virus

  • Android menjadi cepat panas. Hal ini di sebabkan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa persetujuan.
  • Biasanya kinerja android menjadi lemot meskipun hanya membuka aplikasi yang ringan.
  • Baterai menjadi lebih boros.
  • Terkadang mengurangi pulsa secara tiba – tiba.
  • Sering muncul iklan meskipun tidak sedang menjalankan aplikasi.

2. Cara Mengatasi Antivirus di Android

  • Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Jika kamu merasa ciri – ciri di atas ada pada perangkat android yang kamu gunakan. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah menguninstall aplikasi yang di rasa mencurigakan.

  • Hapus Administrator Rights

Terkadang ada beberapa aplikasi mencurigakan yang sulit untuk di uninstall. Hal tersebut biasanya di karenakan aplikasi tersebut memiliki administrator rights.

Oleh karenanya, kamu bisa menghapus terlebih dahulu administrator rights dengan cara berikut ini :

  1. Buka menu Setting pada perangkat android kemudian pilih Security.
  2. Kemudian lihat pada bagian Device Administrator Dan carilah menu Android Device Manager pada daftar tersebut.
  3. Lalu cabut izin Administrator Rights pada aplikasi yang sulit di uninstall.
  4. Setelah semuanya di lakukan, maka nantinya aplikasi yang dirasa mencurigakan akan bisa di hapus.
  • Restart Android

Setelah sekiranya kamu sudah menghapus aplikasi yang mencurigakan, selanjutnya kamu bisa memeriksa apakah virus tersebut sudah hilang di perangkat android yang kamu miliki.

Cara yang harus kamu lakukan juga terbilang cukup mudah, hanya dengan mmerestart android dan pastikan kinerjanya sudah normal kembali seperti semula yang menandakan bahwa virus sudah hilang.

  • Instal Aplikasi Antivirus

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi virus pada perangkat android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang berupa aplikasi antivirus.

Banyak aplikasi antivirus terbaik yang bisa kamu download dan install di Google PlayStore seperti AVG, Avast, ESET, dan masih banyak yang lainnya.


3. Cara Menghilangkan Virus Tanpa Aplikasi

Apabila kamu tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk perlindungan antivirus atau bahkan jika aplikasi antivirus sama sekali tidak bekerja. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi virus tanpa aplikasi.

  • Masuk ke Safe Mode
    • Tekan dan tahan tombol Power dalam beberapa detik kemudian pilih safe mode.
    • Namun apabila tidak tersedia pilihan safe mode, hal tersebut kemungkinan terjadi karena virus sudah memblokir opsi tersebut.
    • Oleh karenanya satu – satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan hard reset pada perangkat android.
    • Tekan dan tahan tombol power dalam beberapa detik.
    • Atau kamu juga bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan menekan tombol volume up dan down secara bersamaan saat booting.
  • Hapus Aplikasi Mencurigakan di Safe Mode

Jika nantinya kamu sudah masuk dalam mode aman, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengeksplor menu Pengaturan > Apps > Download. Kemudian kamu bisa mencari file aplikasi yang di rasa mencurigakan untuk di uninstall.


4. Opsi Terakhir untuk Menghilangkan Virus di Android

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi virus pada perangkat android adalah dengan mengembalikan setelan ponsel menjadi default alias setelan pabrik.

Kamu bisa melakukannya dengan masuk pada menu Pengaturan > Sistem > Opsi Reset > Setelan Ulang.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi virus yang ada pada perangkat android. Namun jika kamu ingin menggunakan opsi terakhir, pastikan kamu sudah melakukan backup data yang di rasa penting terlebih dahulu.***