Site icon EPIC99

Cara Menggunakan Google Form : Membuat Kuisioner Lebih Mudah !

Epic99.com – Cara menggunakan Google Form. Google form merupakan sebuah platform administrasi yang di gunakan untuk survei dan di sertakan sebagai bagian dari rangkaian penyunting Google Dokumen berbasis web. Selain itu, Google Form sendiri biasanya di gunakan untuk membuat sebuah kuis ataupun ujian dalam sektor pendidikan dan untuk membuat kuis survey dalam sektor perusahaan.

Meskipun Google Form banyak di gunakan, namun tidak sedikit pengguna yang sebenarnya tidak mengerti cara membuat survey atau kuisioner menggunakan Google Form dengan baik dan benar. Pada artikel kali ini akan di jelaskan beberapa cara dalam membuat survey maupun kuisioner menggunakan Google Form.

Keunggulan :

1. Mudah digunakan

Google Form menjadi platform yang mudah di gunakan. Selain itu kamu akan dengan mudah menemukan tutorial yang ada mengenai cara penggunaanya. Dengan begitu siapapun akan bisa membuat survey maupun kuisioner menggunakan Google Form meskipun belum pernah melakukan sebelumnya.

2. Dapat dengan mudah dibagikan

Dengan menggunakan Google Form, kamu akan mudah membagikan pertanyaan yang kamu ajukan kepada siapapun hanya menggunakan link. Cukup mengklik tombol kirim atau send, maka nantinya akan muncul link yang bisa kamu kirim kepada pihak responden.

3. Hasil real-time.

Google Form akan membarikan hasil yang real time di mana setiap responden mengumpulkan form maka secara otomatis akan langsung terupdate.

4. Penyajian data dari responden yang bervariasi 

Yang sangat di butuhkan dari Google Form adalah mengenai hasilnya. Kamu akan mudah menganalisa hasil dari semua jawaban responden. Nantinya penyajian data yang di hasilkan akan tersaji dalam berbagai bentuk mulai dari diagram hingga pola Spreadsheet.

5. Add-ons.

Addons merupakan modul tambahan yang ada pada Google Form yang memungkinkan kamu untuk membuat form dengan lebih mudah. Selain itu, setiap Addons tentunya memiliki fungsi yang berbeda – beda. Salah satu fungsi Addons sendiri adalah FormLimiter, yakni dapat menutup pengisian Google Form jika sudah mencapai tergget tertentu.

6. Bersifat open source

Platform Google Form termasuk dalam G-Suite yang bisa di gunakan gratis dan bersifat open source.


Cara Membuat Google Form

Berikut ini beberapa langkah dalam membuat Kuisioner menggunakan Google Form :


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat form survey ataupun kuisioner pada Google Form. Dengan menggunakan Google Form kamu akan dengan mudah mendapatkan jawaban terkait survey maupun kuisioner hanya dengan membagikan link Google Form kepada pihak yang tertuju.***

Exit mobile version