Cara Membuat Podcast di Spotify Menggunakan Hosting Anchor

Epic99.com – Cara membuat podcast di Spotify. Beberapa waktu terakhir, podcast menjadi pilihan terbaik bagi paara content creator untuk membuat sebuah content yang menghasilkan. Selain itu banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk menjadi seorang podcaster yang salah satunya adalah Spotify.

Spotify sendiri menjadi salah satu platform terbaik di karenakan memiliki jutaan pendengar bahkan hingga lebih dari 75 negara.

Selain itu cara membuat podcast di Spotify sendiri terbilang sangat mudah, berikut penjelasannya !


Apa itu podcast?

Untuk kamu yang belum tahu, Podcast merupakan siaran yang berisikan berita, musik, atau sebagainya yang di buat dalam format digital baik audio maupun video.

Podcast sendiri bertujuan untuk menyampaikan pesan serta tidak jarang juga membangun komunitas pengguna dengan minat yang sama. Selain itu jadwal tayang podcast juga sangat beragam dan tidak menentu.


Cara membuat Podcast di Spotify

Berikut ini beberapa langkah mudah untuuk membuat podcast di Spotify :

1. Menyiapkan podcast

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai sebuah podcast adalah mengembangkan konsep dan memilih format podcast yang sesuai.

Kemudian kamu bisa mulai untuk menyiapkan peralatan yang di butuhkan dan melakukan perekaman serta editing audio.

Berikut beberapa syarat dasar dalam membuat podcast :

  • Judul episode tidak boleh lebih dari 20 karakter agar terhindar dari pemotongan ‘…’ dalam platform Spotify.
  • Panjang episode tidak boleh lebih dari 200 MB. (200MB adalah sekitar 83 menit pada 320Kbps atau lebih dari 200 menit pada 128Kbps).MP3 harus dalam audio ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 Part 3 (MP3) dengan bitrate antara 96 ​​dan 320 kbps.
  • Gambar sampul harus dalam rasio persegi (1:1) dan dalam format PNG, JPEG, atau TIFF dengan resolusi setinggi mungkin.
  • RSS feed pastikan memiliki judul, gambar sampul, dan detail yang relevan untuk setidaknya 1 episode.

2. Gunakan platform hosting podcast

Untuk kamu ketahui, Spotify tidak menyimpan file podcast. Oleh karenanya kamu membutuhkan platform hosting untuk bisa mengupload serta menyimpan podcast yang kamu miliki. Salah satu hosting podcast yang paling banyak di gunakan adalah Anchor.

Berikut beberapa langkah membuat podcast di Spotify menggunakan platform Anchor :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mendownload aplikasi Anchor.
  • Kemudian siapkan akun dan upload setiap episode podcast yang kamu miliki.
  • Masukan judul, subjudul, dan juga deskripsi pada podcast serta upload foto yang akan di jadikan sebagai cover.
  • Selanjutnya klik Next.
  • Nantinya kamu akan di minta untuk mengisi akun podcast secara detail mulai dari nama, deskripsi, kategori. Jika semuanya di rasa sudah lengkap, kamu bisa klik Continue.
  • Pilih cover art yang akan di jadikan untuk akun podcast yang kamu miliki.
  • Selanjutnya kamu bisa publish.
  • Setelah kamu melakukan publish, maka secara otomatis podcast pertama yang sudah kamu upload akan otomatis selesai dan muncul di Anchor dan Spotify dalam beberapa waktu.

Tips and trik membuat podcast

Agar podcast yang kamu buat memiliki banyak pendengar, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu praktekkan.

  1. Sebaiknya kamu menggunakan peralatan yang layak. Mulai dari mikrofon untuk menghasilkan audio yang jernih dan juga beberapa aplikasi untuk mengedit audio agar suara yang di hasilkan bisa di dengarkan dengan jelas.
  2. Pilih tema yang tepat, karena dengan tema podcast yang tepat dan menarik mampu membuat para audience menjadi betah dan selalu mendengarkan podcast yang kamu buat setiap episodenya.
  3. SEO menjadi salah satu penunjang kesuksesan dalam sebuah konten. Oleh karenanya, pastikan kamu menggunakan kata kunci yang tepat dan lengkap mulai dari judul, subjudul, hingga deskripsi.
  4. Dalam beberapa kesempatan kamu bisa mengundang bintanng tamu ataupun narasumber untuk mengisi podcast yang kamu buat. Dengan begitu peluang yang kamu miliki untuk mendapatkan audiens baru menjadi lebih besar.
  5. Pastikan untuk selalu konsisten dalam melakukan upload podcast. Kamu bisa menentukan jadwal untuk mempublish konten dan berkomitmen untuk tepat waktu.

Itulah beberapa cara untuk membuat podcast dengan mudah di Spotify. Lakukan upload podcast secara konsisten untuk menjadi seorang podcaster yang terkenal.***