8 Tips Mudah Mengoptimalkan SEO Website

Epic99.com – Tips mengoptimalkan SEO website. Dalam mengelolan sebuah blog atau website sebenarnya bisa di katakan susah – susah gampang. Hal tersebut di karenakan ada beberapa hal yang harus di lakukan agar menarik banyak pengunjung. Tentunya dalam membangun sebuah website, yang di inginkan adalah banyaknya pengunjung yang tertarik.

Salah satu cara yang harus di lakukan adalah dengan mengoptimalkan website dengan teknik SEO yang tepat. Namun biasanya teknik SEO untuk mengoptimalkan website selalu berubah – ubah. Oleh karenanya kamu harus bisa menangani segala perubahan yang ada.

Jika kamu masih pemula dalam mengelola sebuah website, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimakan SEO website di mesin pencari Google.

1. Mendaftarkan website ke Webmaster Google

Jika website yang kamu kelola adalah website yang baru, wajib hukumnya untuk mendaftarkan ke webmaster Google. Dengan begitu nantinya website kamu akan lebih mudah untuk ditemukan oleh mesih pencari Google.

Salah satu webmaster yang direkomendasikan adalah Google Search Console. Selain itu cara mendaftarkannya juga sangat mudah, di mana kamu hanya membutuhkan akun gmail yang di gunakan saat mendaftarkan situs.

2. Meminta pengindeksan Google Search Console

Setelah selesai mendaftarkan situs ke Google Search Adsense, bukan berarti tugas kamu selesai begitu saja. Hal tersebut di karenakan setelah mendaftarkan akun ke Google Search Console maka belum tentu website kamu akan di index dan masuk ke mesin pencarian dengan mudah.

Untuk itu kamu bisa meminta pengindeksan agar Google lebih cepat merayapi situs kamu dan memasukkannya dalam mesin pencarian.

3. Menggunakan fitur Robot.txt

Tips lainnya yang bisa kau lakukan untuk mengoptimalkan SEO website adalah penggunakan Robot.txt. Untuk kamu ketahui, robot.txt sendiri merupakan fitur yang memungkinkan Google akan merayapi website di mesin pencari.

Bahkan dengan menggunakan robot.txt ini kamu bisa memilih halaman mana yang akan di rayapi dan halaman mana yang tidak ingin di rayapi.

4. Membuat peta situs Website

Agar Google lebih mudah melakukan perayapan situs, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat peta situs website. Di mana fungsi sitemap sendiri aadalah memberikan informasi halaman yang terupdate di website.

5. Membuat konten yang berkualitas

Konten menjadi hal penting yang juga harus kamu perhatikan. Pengunjung biasanya akan betah dengan website yang kita bengun di karenakan konten berkualitas yang ada di dalamnya.

Oleh karenanya sangat percuma jika kamu mengoptimalkan SEO website namun tidak di sertai dengan konten yang berkualitas. Dengan begitu pastikan kamu selalu membuat konten yang berkualitas sehingga bisa bermanfaat untuk para pengunjung.

6. Selalu melakukan update artikel

Pastikan untuk selalu melakukan update artikel menjadi lebih terbaru. Hal tersebut di karenakan pengunjung lebih tertarik dengan informasi yang lebih baru.

Dengan begitu kamu bisa melakukan update artikel sebagai salah satu tips untuk mengoptimalkan website yang sedang kamu bangun.

7. Pastikan kecepatan website

Mengoptimalkan website tentunya harus seiring dengan kecepatan website. Hal tersebut di karenakan biasanya pengunjung akan lebih suka jika website yang di kunjunginya memiliki loading yang cepat. Selain itu kamu bisa melihat kecepatan website dengan mudah menggunakan tools khusus salah satunya adalah PageSpeed.

PageSpeed sendiri merupakan tools miliki Google yanng memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi mengenai kecepatan website serta penyebab terjadinya website berjalan lambat.

8. Utamakan keamanan website

Menjadi salah satu faktor penting yang harus kamu perhatikan dalam membangun website. Kemanan website menjadi salah satu faktor penting agar membuat pengunjung lebih yakin untuk mampir kewebsite kamu.

Nah itulah beberapa tips mengoptimalkan SEO website yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu website yang kamu bangun akan lebih mudah untuk ditemukan oleh pengunjung.***