34+ Perintah Dasar Linux Terlengkap beserta Fungsinya

Epic99.com – Perintah dasar Linux. Saat ini sistem operasi Linux semakin banyak di gunakan mulai dari pemula bahkan hingga profesional. Hal ini di karenakan Linux bersifat open source sehingga tidak membutuhkan biaya untuk penggunaannya. Selain itu sistem operasi Linux juga hanya membutuhkan sumber daya yang ringan dan cenderung kecil jika di bandingkan dengan OS lainnya.

Jika berbicara mengenai Linux, pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai perintah dasar Linux yang wajib kamu ketahui terlebih jika kamu masih pemula.


Tidak Semua Perintah Dasar Linux Sama

Untuk kamu ketahui, Linux memiliki beberapa turunan yang memiliki perintah dasar berbeda-beda. Salah satu contohnya yakni untuk mengatasi masalah package manager di mana Ubuntu menggunakan perintah apt, Fedora menggunakan yum, dan Arch menggunakan pacman.

Namun secara umum banyak perintah dasar Linux yang memiliki fungsi yang sama. Berikut ini beberapa perintah dasar Linux beserta fungsinya yang wajib untuk diketahui :

1. pwd

Berfungsi untuk melihat keberadaan kamu sedang ada di direktori mana

2. man

Merupakan perintah yang berfungsi untuk menampilkan halaman secara manual.

3. ls

Perintah ini berfungsi untuk menampilkan isi dari sebuah folder dengan menggunakan command line interface terlebiih jika kamu sedang berada pada direktori tertentu.

4. whoami

Dengan mengetikkan perintah whoami pada terminal maka nantinya akan muncul sebuah output yakni nama dari pengguna yang sedang kamu gunakan.

5. cd

Merupakan singkatan dari change directory yang berfungsi untuk berpindah dari direktori dimana kamu berada saat ini.

6. bg

Perintah bg berfungsi untuk mengirim proses ke background sehingga prosesnya masih bisa di jalankan namun tidak di tampilkan.

7. fg

Merupakan kebalikan dari perintah bg yakni untuk mengirim proses kembali ke foreground.

8. mkdir

Perintah ini berfungsi untuk membuat sebuah direktori baru.

9. touch

Berfungsi untuk membuat sebuah file baru dengan menggunakan ekstensi apapun.

10. rm

Memiliki fungsi untuk menghapus sebuah file dengan menggunakan parameter tertentu. Selain itu rm juga bisa di gunakan untuk menghapus sebuah folder yang di dalamnya masih ada file.

11. rmdir

Hampir serupa dengan perintah rm, hanya saja fungsinya untuk menghapus sebuah folder yang tidak ada isinya alias kosong.

12. mv

Perintah yang satu ini berfungsi untuk memindahkan sebuah file dan mengubah nama sebuah file

13. cp

Perintah dasar lainnya yang ada pada Linux adalah cp di mana fungsinya untuk mengcopy file namun tidak menghapus di mana file aslinya berada.

14. cat

Pada perintah cat, berfungsi untuk menampilkan tampilan isi dari sebuah file.

15. find

Sesuai dengan namanya, perintah find pada Linux berfungsi untuk emncari sebuah file atau sebuah folder.

16. locate

Serupa dengan perintah find, di mana kamu bisa melakukan pencarian file dan folder hanya saja dengan cara mencocokkan nama file dari database yang ada.

17. chmod

Berfungsi untuk mengatur hak akses dari sebuah file di Linux. Di mana nantinya kamu bisa mengatur hak akses dari sebuah file terhadap user.

18. chown

Memiliki fungsi untuk mengubah kepemilikan dari sebuah file terhadap user atau group tertentu. Selain itu kamu juga bisa mengubah kepemilikan file tertentu.

19. kill

Perintah Kill berfungsi untuk menghentikan sebuah proses yang sedang berjalan.

20. chgrp

Perintah yang satu ini berfungsi untuk mengganti group user pemilik hak akses terhadap sebuah file menjadi milik group yang lain.

21. reboot

Merupakan perintah yang berfungsi untuk menghidupkan ulang atau melakukan restart pada sistem komputer yang sedang hidup.

22. su

Berfungsi untuk mengaktifkan sebuah user normal menjadi super user yang memiliki hak akses yang sama dengan user root.

23. halt

Memiliki fungsi untuk memberikan instruksi mesin untuk menghentikan semua fungsu yang ada pada CPU. Bahkan denngan perintah ini juga kamu bisa mematikan sebuah sistem Linux.

24. poweroff

Merupakan perintah yang berfungsi untuk mematikkan sebuah sistem yang sedang berjalan secara total.

24. shutdown

Berfungsi untuk mematikan sebuah mesin Linux yang sedang berjalan. Selain itu dengan perintah Shutdown juga kamu bisa melakukan penjadwalan untuk mematikan mesin Linux.

25. tar

Sesuai dengan namanya di mana perintah tar beefungsi untuk melakukan kompres file ke dalam format tar.

26. zip

Berfungsi untuk melakukan kompress dan memaketkan file kedalam arsip dengan format zip sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.

27. unzip

Merupakan perintah yang berfungsi untuk mengekstrak file yang sudah di kompress kedalam format zip.

28. dpkg

Merupakan sebuah perintah yang berfungsi untuk melakukan instalasi sekaligus memanage aplikasi dengan format .deb

29. df

Perintah yang satu ini berfungsi untuk bisa menampilkan penggunaan dari sebuah media penyimpanan.

30. du

Pada perintah du memiliki fungsi yakni untuk memberikan tampilan mengenai ringkasan penggunaan media penyimpanan.

31. clear

Berfungsi untuk membersihkan layar terminal dari perintah yang sudah di gunakan.

32. quota

Perintah quota berfungsi untuk menampilkan statistik pada penggunaan disk dan ruang kosong yang sekiranya tersedia untuk user.

33. history

Sesuai dengan namanya, perintah histori berfungsi untuk menampilkan riwayat perintah yang sudah di gunakan sebelumnya.

34. mount

Berfungsi untuk melakukan mount dari sebuah file sistem ke dalam sebuah media penyimpanan tertentu agar bisa di baca dan di buka.

35. umount

Merupakan singkatan dari unmount yang berfungsi untuk melakukan unmount atau mengembalikan sebuah hasil mount yang di lakukan pada sebuah file sebelumnya.


Kesimpulan

Nah itulah sebagian besar perintah dasar pada Linux yang yang bisa kamu kembangkan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kamu mengetahui perintah Linux dasar di atas untuk menjalankan perintah menggunakan terminal.***