Spesifikasi Minimum dan Cara Akses Gratis Nvidia GeForce Now

Epic99.com – Nvidia GeForce Now. Nvidia merupakan perusahaan teknologi multinasional yang di dirikan di Delaware dan saat ini berbasis di California. Selain itu Nvidia sendiri merancang unit pemroses grafis baik untuk game maupun profesional. Lebih dari itu, perusahaan yang satu ini juga merancang unit system on a chip untuk komputasi seluler sekaligus menjadi pasar otomotif.

Saat ini Nvidia juga memiliki layanan cloud gaming yang terbentuk dalam GeForce Now. Di mana berbeda pada layanan cloud gaming lainnya, GeForce Now di lengkapi dengan berbagai paket sehingga memungkinkan kamu untuk bisa mengakses game secara pribadi ke berbagai platform game seperti Steam, Epic Games, Ubisoft, dan lainnya.

Namun tentunya GeForce Now hanya bisa berjalan di PC terbaru dengan spesifikasi yang sesuai. Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai GeForce Now tentang bagaimana cara penggunaannya sekaligus spesifikasi minimum pada PC.

Apa itu Nvidia GeForce Now ?

Seperti pada penjelasan sebelumnya, Nvidia GeForce Now merupakan layanan cloud gaming di mana kamu bisa bermain game yang ada di hosting, layanan jarak jauh, atau game online menggunakan perangkat yang di dukung seperti Google Stadia dan Cloud gaming.

Hingga kini GeForce Now sudah berjalan hingga lebih dari 20 pusat data di dunia. Selain itu nantinya kamu bisa mengakses dengan member keanggotaan dan mulai menjalankan game melalui kartu grafis Nvidia yakni RTX. Hal ini bertujuan agar game yang di mainkan memiliki tampilah grafik yang terbaik meskipun menggunakan hardware jenis apapun.

Sebagai informasi tambahan, GeForce Now tidak menjual game melainkan hanya terhubung dengan platform game kenamaan seperti Steam, Epic Games, Ubisoft, dan lainnya. Selain itu ada beberapa penerbit game yang melakukan pemblokiran terhadap penggunaan melalui GeForce Now.

Spesifikasi minimum penggunaan GeForce Now

Ada spesifikasi minimum yang harus kamu ketahui sebelum memilih GeForce Now. Di mana layanan ini sebenarnya dapat di mainkan menggunakan Dekoder TV Shield yang sekaligus juga bisa di akses melalui aplikasi dekstop untuk PC, MacOS, Android, dan Chromebook.

Untuk spesifikasi minimum android yang bisa menggunakan Nvidia GeForce Now yakni minimal RAM 2GB dan OS Android versi 5.0.

Nvidia GeForce Now menggunakan bitrate adaptif saat streaming. Oleh karena itu kualitas gambar yang di hasilkan akan bergantung pada kecepatan internet yang kamu gunakan. Jika kamu ingin menghasilkan gambar minimal 720p 60fps, maka minimal kecepatan internet adalah 15 Mbps.

Kemudian jika ingin menikmati pengalaman 1080p 60fps, minimal kecepatan internet yang dimiliki adalah 25 Mbps.

Namun jika kamu adalah pelanggan RTX 3080, maka minimal kecepatan internet yang kamu miliki adalah 35 Mbps. Dengan begitu nantinya kamu akan mendapatkan pengalaman grafis streaming yakni 1440p 120fps.

Keanggotaan GeForce Now

Setelah mengetahui apa itu GeForce Now dan spesifikasi minimum penggunaannya. Saat ini kamu bisa langsung mengetahui bagaimana cara menggunakan GeForce Now. Layanan ini mengharuskan kamu untuk mendaftar keanggotaan agar bisa bermain game didalamnya.

Setidaknya ada 3 opsi keanggotaan yang bisa kamu ikuti yakni :

1. Gratis

Keanggotaan yang satu ini memungkinkan kamu untuk bisa bermain game apapun yang kompatibel dengan peralatan dasar. Hanya saja dikarenakan gratis, tentu kamu harus menunggu antrian terlebih dahulu hingga salah satu mesin Nvidia ada yang tersedia. Hal ini dikarenakan GeForce Now lebih memprioritaskan anggota berbayar.

2. Prioritas

Kamu akan mendapatkan durasi sesi hingga 6 jam jika memilih keanggotaan prioritas alias berbayar. Untuk biayanya sendiri sekitar $8,99 perbulan. Namun jika ingin lebih berhemat, kamu bisa memilih paket 6 bulan sekitar $49,99.

3. RTX 3080

Opsi yang satu ini memungkinkan kamu mendapatkan akses ke grafik terbaik. Selain itu RTX 3080 memberikan setidaknya 8 jam waktu bermain dalam 1 sesi. Ada banyak kelebihan yang bisa di dapatkan jika pemain bergabung menjadi keanggotaan ini seperti akses eksklusif ke server yang mengesankan, ray tracing, bahkan permainan dengan grafis hingga 1440p 120fps.

Untuk biaya keanggotaannya, kamu di haruskan membayar keanggotaan sebesar $19,99 perbulan atau paket 6 bulan sebesar $99,99.

Cara akses Nvidia GeForce Now Gratis

Saat ini GeForce Now belum tersedia di Indonesia, namun untuk bisa menggunakannya kamu harus terhubung menggunakan VPN terlebih dahulu.

Oleh karenanya sebelum membuat akun dan menggunakan GeForce Now, pastikan perangkat yang kamu gunakan sudah terhubung dengan VPN terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa langkah akses GeForce Now jika kamu ingin mencoba keanggotaan versi Gratis :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat akun terlebih dahulu dengan menggunakan email aktif. Kamu bisa mendaftarkan akun melalui link berikut Daftar Akun GeForce Now.
  • Selanjutnya lakukan ceklis pada syarat dan persetujuan.
  • Klik Confirmation.
  • Kemudian pilih Register.
  • Masukkan informasi mengenai ID, Password, tanggal lahir dan email.
  • Jika semua data sudah di isi, selanjutnya klik Confirmation.
  • Terakhir klik Register for a free plan.

Jika proses pendaftaraan akun sudah selesai dilakukan, langkah berikutnya adalah dengan instal dan login Nvidia GeForce Now. Berikut langkahnya :

  • Download dan instal terlebih dahulu aplikasi GeForce Now melalui link berikut Instal GeForce Now.
  • Pastikan kamu mendownloaad sesuai dengan perangkat yang di gunakan.
  • Jika sudah, bukalah aplikasi dan lakukan login.
  • Pilih SoftBank.
  • Kemudian masukkan tanggal lahir dan klik Submit.
  • Nantinya kamu akan secara otomatis masuk pada akun yang sudah di buat sebelumnya.
  • Jika sudah terhubung ke dalam akun, selanjutnya pilih Pengaturan.
  • Klik menu Connection.
  • Langkah berikutnya adalah dengan menghubungkan ke akun game seperti Steam, Epic Games, Ubisoft dan lainnya yang kamu miliki.
  • Kemudian kembali pada menu Pengaturan dan buka GeForce Now.
  • Klik Stream Quality.
  • Aturlah pengaturan resolusi dan lainnya sesuai dengan jaringan yang kamu miliki agar tidak lag.
  • Terakhir pilih game yang ingin di mainkan.

Demikian beberapa informasi mengenai GeForce Now berikut spesifikasi dan cara aksesnya. Dapatkan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan bersama dengan GeForce Now miliki Nvidia.

Baca Juga :

***