Penyebab dan Cara Mengatasi HP Bootloop, 100% Ampuh !

Epic99.com – Cara mengatasi hp bootloop. Apakah kamu pernah mengalami permasalahan HP bootloop? Mari kita bahas pada artikel kali ini mengenai penyebab dan cara mengatasinya !

Penggunaan android utamanya saat ini sudah menjadi hal biasa. Terlebih lagi harga android juga cukup terjangkau dan bervariasi. Sehingga nantinya kamu bisa memilih android sesuai dengan kebutuhan.

Permasalahan bootloop sering di alami oleh pengguna android, di mana bootloop sendiri merupakan suatu kondisi HP yang selalu mengalami restart secara terus menerus. Selain itu pada kasus lain menunjukkan bootloop berupa HP yang hanya menampilkan logo saja.

Tidak hanya 1 jenis HP, bootloop seringkali di alami oleh berbagai jenis HP mulai dari VIVO, OPPO, Xiaomi, Samsung, dan lainnya.

Penyebab Android Bootloop

Secara umum penyebab bootloop pada HP di sebabkan karena penggunaan dan perawatan android yang tidak tepat. Selain itu penyebab lainnya yang mengakibatkan android menjadi bootloop adalah flashing custom ROM baru.

Tidak hanya masalah besar, terkadang masalah sepele juga bisa menyebabkan android menjadi bootloop. Seperti saat melakukan instalasi aplikasi modifikasi memungkinkan android yang kamu gunakan menjadi bootloop. Hal ini biasanya di karenakan aplikasi tersebut tidak kompetibel dan tidak sesuai dengan ROM android.

Bahkan lebih sepele dari hal tersebut, melakukan pemulihan cadangan sistem juga terkadang membuat android mengalami bootloop. Jika masalah ini terjadi biasanya di sebabkan oleh kesalahan dalam pengaturan izin.

Cara mengatasi android bootloop

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi android bootloop. Berikut penjelasan yang bisa di praktekkan :

1. Nonaktifkan ponsel

Jika android yang kamu gunakan sedang mengalami bootloop, langkah awal yang bisa di lakukan adalah dengan menonaktifkan ponsel beberapa saat. Selain itu jika ponsel yang kamu gunakan tidak di sertai baterai tanam, maka sebaiknya untuk melepaskan baterai dari tempatnya.

Tunggulah beberapa saat minimal 5 menit untuk selanjutnya di aktifkan kembali. Bahkan tidak hanya baterai saja, jika android mengalami bootloop, kamu juga bisa sekaligus melepaskan kartu SIM dan MicroSD yang ada di dalamnya.

2. Hapus cache partition

Cara yang satu ini memungkinkan kamu untuk bisa mengatasi android yang mengalami bootloop. Untuk melakukannya kamu hanya perlu masuk ke menu recovery mode dan pilih Wipe Cache Partition. Terakhir klik YES.

Hanya saja setiap jenis android memiliki cara yang berbeda-beda. Namun secara umum untuk masuk ke menu recovery biasanya hanya perlu menekan tombol Home, Poower, dan Volume Up secara bersamaan.

3. Factory reset

Jika android yang kamu gunakan mengalami bootloop, melakukan factory reset setidaknya mampu mengatasi permasalahan tersebut. Caranya dengan masuk ke menu Recovery Mode lalu pilih opsi Wipe Data atau Factory Reset dan klik YES.

Selanjutnya pilih hapus semua data pengguna dan klik tombol daya. Nantinya smartphone akan mengalami restart secara otomatis dan tunggulah beberapa saat hingga HP kembali seperti semula.

4. Flash atau mengunjungi service center

Jika semua cara di atas sudah di lakukan namun tidak membuahkan hasil, cara terakhir yang bisa di lakukan adalah dengan melakukan flashing. Selain itu cara ampuh lainnya yang bisa mengatasi permasalahan android yang bootloop adalah dengan membawanya ke service center.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan hp bootloop. Pastikan untuk melakukan perawatan android secara maksimal agar android bisa lebih awet saat digunakan.

Baca Juga :

***