Cara Aman Mengunjungi DarkNet dengan Mudah, Situs Gelap?

Epic99.com – Cara mengunjungi DarkNet. Dark Net merupakan tempat atau bagian yang ada di internet di mana kamu tidak bisa mengunjunginya dengan browser biasa. Salah satu browser spesial yang bisa di gunakan untuk mengunjungi DarkNet adalah Tor atau singkatan dari The Onion Router. Selain itu DarkNet biasanya berisikan jenis situs ilegal.

Sebagai situs yang di anggap rahasia, tentu kamu harus bijak untuk mengakses sebagai pengguna. Terlebih lagi DarkNet sendiri tidak di atur sehingga penjahat manapun bisa bersembunyi di sana.

Oleh karena itu pastikan kamu sudah memasang sistem keamanan yang terjamin sebelum masuk pada DarkNet.

Lalu bagaimana cara mengakses DarkNet? Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai cara akses DarkNet dengan mudah. Simak ulasan berikut !

Jangan ketinggalan VPN

Sebelum mantap untuk mengakses DarkNet, di sarankan untuk kamu menggunakan VPN terlebih dahulu. Di mana VPN sendiri bekerja dengan mengutamakan privasi data pengguna sekaligus sebagai perlindungan online tambahan. Selain itu ada beberapa jaringan Tor yang memiliki kekurangan, sehingga dengan VPN maka kekurangan browser Tor sendiri bisa di tutupi.

Ada banyak VPN di internet yang bisa kamu gunakan. Pastikan untuk memilih jaringan terbaik sebelum masuk pada DarkNet

Cara mengakses DarkNet

Seperti pada penjelasan sebelumnya, DarkNet bukanlah laman internet yang bisa di akses seperti biasa. Oleh karena itu untuk bisa mengunjungi DarkNet, maka ada beberapa langkah berbeda yang harus di lakukan. Berikut ini beberapa langkah mengunjungi DarkNet :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mendownload dan instal browser Tor terlebih dahulu.
  • Selanjutnya nyalakan VPN untuk keamanan online tambahan.
  • Jika sudah maka kamu bisa langsung membuka browser Tor.
  • Pastikan juga browser Tor tidak mengizinkan skrip apapun.
  • Kemudian sesuaikan tingkat keamanan browser melalui pengaturan menjadi yang Paling Aman.
  • Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi situs DarkNet yang diinginkan.

Download Tor

Tips mengunjungi DarkNet

Mengakses DarkNet sendiri bisa di katakan aktivitas yang ilegal, karena disana tidak terdapat keamanan privasi sehingga kapan saja data kamu bisa di curi saat masuk ke DarkNet. Sebagai upaya pencegahan saat berkunjung ke tempat yang berbahaya, maka kamu harus anonim dan melindungi perangkat sepenuhinya. Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan saat ingin berkunjung ke DarkNet.

  1. Pastikan kamu mengerti secara menyeluruh apa sebenarnya DarkNet, fungsi serta manfaatnya. DarkNet sendiri menjadi tempat yang penuh penipu, virus, bahkan hingga situs phising yang bisa saja merugikan penggunannya. Mengetahui bagaimana cara kerja DarkNet menjadi salah satu hal penting bagi pengguna yang ingin mengaksesnya.
  2. Sebaiknya untuk mendownload Tor dari situs resminya. Hal ini dikarenakan Tor palsu bisa saja mencegat pengguna bahkan saat kamu belum mengakses DarkNet sekalipun.
  3. Lakukan upaya pencegahan untuk keamanan sebelum membuka Tor yakni dengan menutup semua aplikasi dan layanan yang tidak diperlukan pada perangkat. Kemudian gunakan antivirus terbaik dan matikan lokasi perangkat.

Mitos umum DarkNet

Sebelum mengakses DarkNet, kamu harus mengetahui lebih dulu apa yang menjadi mitos umum pada browser ilegal yang satu ini. Berikut beberapa mitos umum DarkNet :

  • Semua kejahatan cyber terjadi di DarkNet, faktanya ada banyak kejahatan cyber lainnya yang juga terjadi di web reguler.
  • DarkNet adalah tempat yang besar, padahal faktanya DarkNet sendiri cenderung kecil.
  • DarkNet hanya untuk orang yang update teknologi. Hal ini merupakan mitos yang sering dibicarakan dimana faktanya adalah siapapun bisa saja mengakses DarkNet dengan aman.

Demikian ulasan mengenai DarkNet dan bagaimana cara mengaksesnya. Sebelum memutuskan untuk mengakses DarkNet, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mengetahui apa saja resiko yang mungkin akan didapatkan.

Baca Juga :

***