Cara Mereview Jurnal yang Baik dan Benar untuk Pemula

Epic99.com – Cara mereview jurnal. Jika kamu adalah seorang mahasiswa atau dosen, tentu sudah tidak asing lagi dengan jurnal. Di mana jurnal sendiri merupakan hasil karya tulis dari penelitian yang sudah di buat. Lalu apakah kamu pernah mendapat tugas untuk review jurnal? Pada artikel kali ini marilah kita membahas bagaimana caranya mereview jurnal.

Manfaat review jurnal

Bukan tanpa sebab kenapa seorang mahasiswa atau bahkan dosen melakukan review jurnal. Dalam dunia akademis, jurnal bukanlah suatu yang bisa di anggap sepele. Kegiatan mereview jurnal sendiri memungkinkan kamu untuk memahami apa isi dari penelitian jurnal.

Berikut ini beberapa manfaat review jurnal :

  • Memungkinkan kamu untuk melatih penulisan dan pemahaman tentang topik jurnal yang sedang direview.
  • Bisa digunakan sebagai acuan untuk melakukan penelitian selanjutnya.
  • Kammu bisa melihat berbagai perspektif dan pendapat mengenai apa yang sedang dibahas dalam jurnal.
  • Melatih tata bahasa.

Tips memilih jurnal untuk direview

Sebelum masuk pada pembahasan utama mengenai cara mereview jurnal, sebaiknya untuk kamu mengetahui lebih dahulu tips memilih jurnal untuk direview. Berikut beberapa tipsnya :

  • Sebaiknya untuk memilih jurnal yang halamannya hanya sedikit
  • Disarankan untuk memilih jurnal dengan topik yang ringan saja
  • Pilihlah jurnal yang memang sering direview

Cara mereview jurnal

Setelah menentukan jurnal mana yang akan di review, sekarang saatnya masuk pada tahap review. Ada beberapa langkah yang harus di lakukan untuk review jurnal. Simak beberapa langkah berikut :

Langkah 1, Review jumlah halaman dan bagian yang penting pada topik

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan review jumlah halaman dan bagian penting mana saja yang ada pada topik. Kamu harus menjelaskan berapa halaman jurnal yang ada dan berikan detailnya. Carilah materi yang mudah di jelaskan secara ringkas agar bisa menghemat waktu. Catat poin utama agar tidak lupa saat menulis ulasan.

Langkah 2, Buatlah pembuka

Buatlah pembuka seperti ucapan terimakasih kepada pihak yang sudah membantu. Tidak perlu membuat pembuka dengan panjang lebar. 1 Paragraf saja sudah cukup namun dengan kata dan kalimat yang padat dan bermakna.

Langkah 3, Membuat daftar isi dan tentukan judul yang sesuai

Langkah berikutnya yang harus di lakukan adalah dengan membuat daftar isi dalam ulasan jurnal. Hal ini di lakukan bertujuan agar pembaca bisa lebih mudah membacanya. Kemudian setelah membuat daftar isi, tentukan judul yang sesuai.

Langkah 4, Buatlah keterangan jurnal

Jika sudah menentukan judul yang sesuai dengan jurnal, selanjutnya kamu bisa membuat keterangan atau deskripsi pada jurnal. Jangan ketinggalan untuk menuliskana nama penulis, penerbit, alamat email, bahkan hingga tahun penerbit.

Langkah 5, Perkenalan jurnal

Kamu bisa memperkenalkan jurnal dengan menuliskan seberapa banyak pembaca jurnal yang ingin di review. Selain itu kamu juga bisa membagikan prestasi dari penulis jurnal.

Langkah 6, Jelaskan metode penelitian dan sumber jurnal

Jelaskan secara detail metode penelitian yang di gunakan pada jurnal tersebut dan jangan lupa juga untuk menjelaskan dari mana kamu mendapatkan jurnal tersebut.

Langkah 7, Bagian Review

Masuk pada tahap review yang ingin di lakukan. Kamu bisa menuliskan secara singkat apa saja yang ada pada jurnal mulai dari prosedur dan informasi jurnal. JIka kamu sudah membacanya secara penuh, maka kamu bisa menulis poin yang penting saja.

Langkah 8, Membuat penutup

Langkah terakhir yang harus di lakukan dalam mereview jurnal adalah dengan membuat penutup. Penutup sendiri bisa berisikan kesimpulan yang positif dan kekurangan apa saja yang tidak bisa di remehkan.

Struktur yang harus diperhatikan dalam mereview jurnal

Ada beberapa struktur yang harus di perhatikan untuk mereview jurnal. Kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

  • Judul artikel, nama penulis, nama jurnal, tahun, dan halaman.
  • Tujuan penelitian
  • Hipotesis penelitian
  • Kerangka penelitian dan pemikiran
  • Populasi dan sampel
  • Metode penelitian
  • Hasil dan pembahasan
  • Penutup berupa kesimpulan, keunggulan, dan kekurangan

Nah itulah beberapa cara mereview jurnal yang baik dan benar. Selamat Mencoba !

Baca Juga :

***