Perbedaan Surat Lamaran Kerja dan CV Beserta Contohnya

Epic99.com – Perbedaan surat lamaran dan CV. Sebagai fresh graduated atau lulusan baru, tentu kamu akan di buat sibuk dengan aktifitas melamar kerja. Di mana saat ini sudah banyak situs maupun aplikasi yang memungkinkan kamu untuk melamar pekerjaan secara lebih mudah. Namun bukan tanpa embel-embel, melamar sebuah pekerjaan tentunya akan membutuhkan dokumen tertentu. Lalu apa saja dokumennya?

Pernahkan kamu mendengar istilah CV atau surat lamaran kerja? Keduanya adalah 2 dokumen yang berbeda. Nah yang harus kamu pahami adalah CV dan lamaran kerja memiliki isi yang tidak sama. Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai perbedaan CV dan surat lamaran kerja yang wajib di ketahui oleh fresh graduated. Simak ulasan berikut !

Apa itu CV ?

CV merupakan singkatan dari Curriculum Vitae yang serupa dengan daftar riwayat hidup. Di dalamnya terdapat informasi perjalanan hidup seseorang mulai dari pendidikan apa saja yang pernah di tempuh, pelatihan, bahkan hingga pengalaman kerja.

Apa itu Surat Lamaran Kerja ?

Berbeda dengan CV, Surat Lamaran Kerja adalah surat yang berbentuk komunikasi antar seseorang ke sebuah perusahaan yang ingin di lamar. Selain itu surat lamaran kerja biasanya di tulis dengan bahasa yag baku dan formal. Terlebih lagi biasanya berisikan serupa dengan permohonan agar seseorang bisa di terima dan bergabung bersama perusahaan tersebut.

Apa yang membuat fungsi CV dan lamaran kerja berbeda ?

Tentu saja keduannya memiliki fungsi yang cukup berbeda. Namun secara dasar, pihak HRD dari perusahaan sendiri lebih tertarik untuk membaca CV di bandingkan lamaran kerja. Hal ini di karenakan CV cenderung berisikan keahlian dari seseorang. Berbeda dengan surat lamaran kerja yang secara umum hanya berisi permohonan saja.

Itulah sebabnya kamu harus membuat CV semenarik mungkin agar bisa mendapatkan panggilan dari HRD.

Dalam pembuatan CV dan surat lamaran kerja tentu ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Utamanya adalah dengan memastikan semua informasi yang ada pada CV dan lamaran kerja adalah benar adanya. Jangan terlalu melebih-lebihkan apa yang ada dalam CV.

Bagaimana cara membuat CV?

Membuat surat lamaran pekerjaan terbilang cukup mudah dan tidak harus di buat semenarik mungkin. Namun yang harus di pastikan tidak ada kesalahan adalah nama perusahaan dan alamat yang ingin di tuju. Bayangkan saja jika ingin melamar pekerjaan namun nama perusahaan yang di tuju salah. Tentu HRD akan mempertimbangkan untuk memanggil kamu.

Lalu bagaimana cara membuat CV? Sebenarnya kemudahan teknologi saat ini bisa di manafaatkan untuk membuat CV dengan bantuan aplikasi atau situs tertentu. Anggap saja seperti Canva yang memungkinkan kamu membuat CV dengan beragam template yang tersedia.

Berikut ini beberapa langkah membuat CV yang harus di perhatikan :

  • Masukkan data identitas yang sebenar-benarnya.
  • Riwayat pendidikan secara lengkap.
  • Masukkan juga pengalaman kerja atau pengalaman organisasi (jika ada).
  • Jelaskan kualifikasi diri atau kompetensi yang di miliki.

Pada bagian identitas diri, kamu bisa memasukkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email. Sedangkan pada riwayat pendidikan, maka kamu bisa input pendidikan terakhir, jurusan, dan nilai akhir atau IPK.

Kualifikasi diri bisa di masukkan gambaran singkat mengenai karakter, keterampilan, dan keahlian yang di miliki.

Fungsi dari CV

Jika pada surat lamaran kerja fungsinya adalah sebagai bentuk permohonan agar di terima kerja pada suatu perusahaan, maka berbeda dengan CV yang berfungsi untuk memperkenalkan diri pada perusahaan atau instansi tertentu.

Urutan dalam berkas lamaran kerja

Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa urutan berkas lamaran pekerjaan yang baik dan benar :

  1. CV (Curriculum Vitae)
  2. Surat lamaran kerja
  3. Portfolio (jika ada)
  4. Surat pengalaman kerja atau organisasi (jika ada)
  5. Lampiran atau dokumen tambahan berupa foto, fotocopy KTP, daftar riwayat hidup, fotocopy ijasah terkahir, fotocopy sertifikat kompetensi dan lainnya.

Nah itulah beberapa perbedaan antara surat lamaran pekerjaan dan CV yang harus diketahui. Dengan begitu kamu bisa membuat berkas lamaran kerja yang lebih rapi dan tentunya membuat HRD menjadi lebih tertarik.

Baca Juga :

***