Penyebab dan Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Di Cas

Epic99.com – HP tidak bisa di cas. Baterai merupakan komponen yang cukup penting pada perangkat smartphone. Namun seiring pemakaiannya, baterai ponsel memiliki masalah tertentu seperti tidak bisa mengisi daya. Tentu ada beberapa hal yang menyebabkan baterai HP tidak bisa mengisi daya.

Sebagai informasi tambahan, masalah baterai sendiri memang umum terjadi sehingga biaya perbaikannya juga tidak terlalu besar. Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai penyebab sekaligus cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas.

Penyebab baterai HP tidak bisa di cas

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah HP yang tidak bisa di cas, sebaiknya untuk memastikan terlebih dulu apa saja yang menjadi penyebab baterai HP tidak bisa di cas. Secara umum masalah yang sering terjadi adalah usia baterai yang sudah lama sehingga mengakibatkan baterai menjadi bocor.

Selain itu masalah lain yang sering terjadi adalah kepala charger atau kabelnya yang memang rusak. Adapun rincian penyebab HP tidak bisa di cas adalah sebagai berikut :

  • Komponen pendukung charger yang sudah rusak seperti pada kabel, kepala charger, socket, atau adaptor.
  • Kerusakan pada port charger pada HP.
  • Terjadi error pada software.
  • Update OS yang tidak sempurna.

Cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas

Setelah mengetahui apa saja penyebab HP tidak bisa di cas, selanjutnya simak beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi permasalahan HP yang tidak bisa di cas.

1. Restart HP

Langkah pertama yang harus di lakukan jika baterai tidak bisa mengisi daya adalah dengan merestart HP. Namun jika masalah ini tidak juga berhasil di lakukan, maka kamu harus megikuti cara berikutnya.

2. Periksa kepala charger dan kabel USB

Jika dengan merestart HP tidak bisa mengatasi permasalahan yang ada, langkah berikutnya yang harus di lakukan adalah dengan memeriksa kabel USB dan power adapter. Apabila kabel USB atau kepala chargernya rusak maka kamu bisa langsung membelinya. Namun pastikan untuk tidak menggunakan kabel USB sembarangan.

3. Port USB

Pernahkan kamu mencabut charger dengan cara yang kasar tanpa sadar. Hal terebutlah yang menjadikan port USB mengalami masalah. Jika port USB mengalami error, maka tidak ada jalan selain membawanya ke service center.

4. Update OS

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah HP tidak bisa mengisi daya adalah dengan update OS. Biasanya update OS akan berpengaruh pada performa pengisian baterai.

5. Membersihkan port charging secara rutin

Pastikan untuk rutin membersihkan port charging agar tidak ada kotoran yang menempel. Hal ini di karenakan kotoran yang ada pada port charging bisa jadi menyebabkan penyumbatan sehingga colokan tidak terpasang dengan baik saat ingin cas HP.

Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi HP yang tidak bisa di cas. Sebelum mengambil tindakan lebih jauh, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mengetahui sumber masalahnya. Jika masalah ada pada charger, maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Namun jika masalah terajadi pada bagian ponsel, maka yang harus di lakukan adalah membawanya ke tempat service.

Baca Juga :

***