Cara Bermain Catur dan Strategi yang Harus Disiapkan

Epic99.com – Cara bermain catur. Catur merupakan salah satu jenis olahraga yang tidak membutuhkan banyak gerak. Permainan ini bisa di katakan sebagai olahraga otak yang memungkinkan pemainnya untuk merancang strategi sekaligus konsentrasi tinggi agar bisa membaca pergerakan lawan.

Selain itu catur biasanya di mainkan oleh 2 orang atau bahkan lebih dengan menggunakan papan kota berwarna hitam dan putih. Berjumlah 64 kotak, catur terdiri dari 8 pion dan 8 perwira mulai dari 2 kuda, 2 gajah, 2 benteng, 1 ratu, hingga 1 raja.

Sebenarnya bermain catur terbilang cukup mudah untuk dipelajari. Hanya saja kamu harus pintar menyusun strategi untuk bisa menguasai lawan.

Nah jika kamu masih pemula, simak beberapa ulasan di bawah ini mengenai cara bermain catur untuk pemula.

Istilah dalam permainan catur

Sebelum bermain catur, kamu harus mengetahui lebih dulu istilah yang ada dalam permainannya. Berikut adalah istilah dalam permainan catur :

  1. Double Attacks
    Artinya adalah serangan ganda yang di lakukan pemain dengan melangkahkan buah catur hingga mengancam lebih dari 1 buah catur musuh.
  2. Pin
    Di mana catur musuh tidak bisa bergerak karena akan mengancam catur lainnya.
  3. Fork
    Merupakan istilah di mana pemain melangkahkan kuda dengan mengancam lebih dari 2 buah catur musuh.
  4. Skewer
    Melangkahkan catur dengan mengancam lebih dari 1 buah catur musuk baik secara vertikal, horizontal, maupun diagonal.
  5. Discovered Attack
    Merupakan ancaman untuk lawan yang biasanya di lakukan dengan melangkahkan buah catur demi keuntungan catur itu sendiri.
  6. Zugzwang
    Di mana pemain harus melangkahkan buah catur dengan pola tertentu secara terpaksa meskipun pada akhirnya akan tetap merugikan.
  7. Back Rank
    Merupakan kondisi di mana raja berada pada baris belakang dan pion sengaja tidak di gerakkan untuk melindungi raja.
  8. Combination
    Kombinasi yang biasanya di lakukan untuk membuat musuh menjadi dilema yang tentunya tidak akan memberikan keuntungan apapun.
  9. Promosi
    Merupakan kondisi di mana pion bergerak maju hingga ke baris terkahir. Maka pion bisa di tukar dengan perwira seperti Gajah, Benteng, Kuda, atau Ratu.
  10. En Passant
    Meggerakkan pion dengan 2 llangkah kedepan dan ada pion lawan yang berada pada satu petak dalam baris tujuan.
  11. Clearance
    Istilah yang berarti pembersihan saat pemain menggerakkan suatu buah catur sebagai bentuk persiapan untuk melangkahkan catur lainnya.
  12. Skak
    Biasanya terjadi saat raja di serang oleh satu atau lebih catur musuh. Jika sudah dalam posisi ini, maka hal yang harus di lakukan adalah dengan melindungi raja.
  13. Skak Mat
    Merupakan istilah yang berarti raja sudah terkunci dan tidak bisa digerakkan kemanapun karena akan tetap kalah. Pada posisi ini, Skak Mat artinya permainan selesai.
  14. Remis
    Kondisi seri dimana tidak ada pemain yang bisa mencapai skak mat.

Cara bermain catur

Setelah mengetahui apa saja istilah yang ada dalam permainan catur, selanjutnya masuk pada tahapan bermain. Simak beberapa langkah dibawah ini :

Langkah 1, Menyusun Papan Catur

Merupakan langkah awal yang harus dilakukan yakni dengan menyusun papan catur terlebih dahulu. Untuk menyusunnya, ada beberapa ketentuan yakni :

  • Papan catur dihadapkan pada kotak putih di bagian ujung kanan.
  • Selanjutnya susun pion pada baris kota kedua.
  • Letakkan 2 benteng pada sudut ujung kanan dan kiri di baris pertama.
  • Selanjutnya tempatkan 2 kuda disusul dengan 2 gajah.
  • Terakhir letakkan 1 ratu dan 1 raja ditengah.

Langkah 2, Gerakkan Catur

Setiap jenis buah catur tentu memiliki gerakan yang berbeda-beda. Sehingga tidak bisa digerakan secara asal. Nah jika kamu belum paham, berikut adalah rincian gerakan pada buah catur :

  • Raja
    Hanya bisa bergerak 1 kotak ke segala arah.
  • Ratu
    Merupakan catur terkuat di mana berfungsi untuk melindungi semua buah catur. Selain itu ratu menggunakan kombinasi kekuatan antara gajah dan benteng.
  • Kuda
    Kuda bergerak dengan membentuk huruf L yakni 2 kotak horizontal da 1 kotak vertikal.
  • Gajah
    Bisa bergerak secara diagonal dan sejauh apapun.
  • Benteng
    Bisa bergerak sejauh apapun namun hanya maju, mundur, dan kesamping saja.
  • Pion
    Merupakan buah catur yang paling dasar di mana hanya bisa melangkah 1 kotak kedepan.

Langkah 3, Pastikan untuk terus melindungi Raja

Satu-satunya tujuan akhir dalam permainan catur adalah bagaimana kamu bisa melindungi gajah. Oleh karena itu pastikan kamu menempatkan raja pada sudut papan untuk keamanan. Selain itu siapkan juga kotak yang bisa di gunakan untuk melarikan diri jika musuh sudah melakukan skak.

Langkah 4, Pertahankan setiap buah catur

Sebagai informasi tambahan, setiap buah catur memiliki nilai yang berbeda-beda. Untuk itu pastikan kamu bisa mempertahankan setiap buah catur yang ada.

Langkah 5, Manfaatkan semua gerakan buah catur

Tahapan berikutnya yang harus di lakukan adalah dengan memanfaatkan sebaik mungkin buah catur yang ada.

Langkah 6, Bangun strategi untuk mengalahkan lawan

Sebaiknya untuk memprediksi setiap gerakan musuh. Hal ini di lakukan agar musuh tidak memiliki kesempatan apapun untuk mengalahkanmu. Selain itu setiap gerakan catur tentu akan berpengaruh pada buah catur yang lain. Oleh karenanya penting untuk kamu menyusun strategi agar setiap buah catur bisa terlindungi.

Baca Juga :

***