Cara Membuat Proposal Kegiatan yang Baik dan Benar

Epic99.com – Cara membuat proposal kegiatan. Bagaimana cara membuat proposal keegiatan? Pertanyaan ini seringkali di ajukan oleh banyak orang saat ingin melakukan sebuah kegiatan acara. Proposal sendiri di buat dengan tujuan untuk mendapatkan perizinan atau bisa juga untuk mendapatkan sponsor.

Untuk kamu yang bingung bagaimana cara membuat proposal kegiatan, pada artikel kali ini akan di berikan informasi mengenai tutorial yang bisa di praktekkan. Simak penjelasan berikut ini !

Apa itu Proposal Kegiatan?

Proposal kegiatan merupakan rencana acara yang biasanya di tulis untuk tujuan meminta izin atau dana dan sponsor. Selain itu proposal kegiatan sendiri seringkali di gunakan pada kegiatan sekolah, kampus, bakti sosial. penggalangan dana, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah proposal kegiatan secara umum di ajukan kepada atasan atau yang setara. Seperti contohnya jika kamu membuat proposal kegiatan di sekolah, maka proposal tersebut tertuju pada kepala sekolah.

Sebagai informasi tambahan, proposal acara termasuk dalam surat resmi yang di tulis secara rinci dan sistematis. Hal ini di lakukan agar proposal bisa di terima dan mendapatkan persetujuan.

Adapun proposal kegiatan memiliki beberapa penjelasan di dalamnya mulai dari rencana program kerja, perencanaan kegiatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat proposal kegiatan

Ada beberapa manfaat yang bisa di dapatkan saat kamu membuat proposal. Nah untuk kamu yang sedang mengadakan suatu kegiatan, proposal acara bermanfaat sebagai:

  • Bentuk perencanaan yang memberikan arahan kepada panitia kegiatan dalam melaksanakan acara.
  • Sebagai sumber informasi dan pemberi kejelasan bagi semua pihak yang tergabung dan memiliki kepentingan dalam kegiatan tersebut.
    Sebagai media untuk panitia agar bisa mendapatkan perizinan, dukungan sekaligus bantuan dana.
  • Untuk meyakinkan sponsor dalam memberikan dukungan baik berupa material maupun finansial.

Cara membuat proposal kegiatan

Membuat proposal sendiri terbilang susah-susah gampang. Pastikan untuk kamu bisa membuatnya secara sistematis agar mudah di baca dan di pahami. Ada beberapa bagian dalam membuat proposal yang harus di ketahui :

1. Judul Proposal

Pada halaman awal bagian proposal, kamu harus mencantumkan judul proposal. Di mana pada bagian judul biasanya terdapat informasi atau gambaran umum mengenai isi proposal di dalamnya. Oleh karena itu di sarankan agar kamu membuat judul proposal yang singkat, jelas, dan menarik.

2. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, proposal kegiatan biasanya berisikan mengenai latar belakang sekaligus alasan dari kegiatan yang akan di selenggarakan. Selain itu pendahuluan harus di buat sedetail dan singkat mungkin agar bisa mencapai hasil yang di inginkan.

3. Bagian isi proposal

Setelah proses membuat bagian pendahuluan, langkah berikutnya yang harus di lakukan adalah menulis bagian isi proposal. Di mana pada bagian ini kamu harus menuliskan informasi mulai dari nama kegiatan, tema kegiatan, waktu, dan tempat. Selain itu kamu perlu menuliskan susunan acara, panitia, dan anggaran secara rinci. Hal ini di lakukan agar pihak sponsor bisa memahami apa saja isi yang ada dalam proposal tersebut.

4. Bagian penutup

Untuk menyelesaikan proposal yang di buat, kamu harus menuliskan bagian penutup yang berisikan harapan dan permohonan berupa dukungan kepada pihak terkait. Di mana harapannya sendiri untuk membantu kegiatan agar acara atau kegiatan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat proposal yang baik dan benar. Cara di atas bisa kamu praktekkan saat ingin mengadakan sebuah kegiatan dan membutuhkan sponsor atau izin dari pihak tertentu.

Baca Juga :

***