Pengertian dan Cara Membuat Storyboard Secara Online

Epic99.com – Pengertian dan cara membuat storyboard. Marketing membutuhkan banyak cara dan teknik agar bisa mencapai target yang di inginkan. Salah satu teknik marketing yang banyak di gunakan adalah dengan video. Di mana video marketing sendiri terbilang cukup efektif untuk memasarkan suatu produk. Oleh karena itu hal penting yang harus di lakukan adalah dengan membuat konten video yang unik dan menarik.

Storyboard merupakan salah satu alternatif pembuatan video yang sering di gunakan. Memungkinkan hasil video menjadi lebih menarik dan berbeda. Lalu sebenarnya apa itu Storyboard? Pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai pengertian dan cara membuat storyboard.

Apa itu storyboard ?

Storyboard merupakan papan cerita berupa outline untuk proses pembuatan video. Memiliki bentuk yang serupa dengan komik, storyboard memiliki bermacam ilustrasi di dalamnya. Selain itu storyboard juga memungkinkan kamu untuk menyusun gambar dan menghasilkan rangkaian cerita.

Menariknya lagi membuat storyboard tidak mengharuskan kamu untuk bisa menggambar. Hal ini di karenakan sudah banyak software yang memang di desain untuk membuat storyboard.

Cara membuat storyboard

Membuat storyboard untuk kebutuhan marketing sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja pastikan kamu sudah mengetahui komponen yang ada dalam storyboard yang di hasilkan.

Ada beberapa tahapan dalam pembuatan storyboard, simak ulasan di bawah ini !

1. Tentukan Ide

Ide merupakan hal wajib yang harus kamu tentukan sebelum membuat storyboard. Sebaiknya untuk merancang ide semenarik mungkin agar menghasilkan cerita dalam storyboard yang mengesankan. Selain itu usahakan ide yang di rancang sudah sesuai dengan kondisi saat ini. Seperti misalkan kamu memanfaatkan sesuatu yang sedang viral.

2. Tentukan durasi waktu

Menentukan durasi waktu bisa disebut juga dengan marangkai kerangka pembuatan video. Durasi harus di buat dengan sesingkat mungkin namun tetap memberikan kesan yang sulit di lupakan. Hal ini bertujuan agar tidak membuat penonton menjadi bosan.

Meskipun harus di buat sesingkat mungkin, namun pastikan juga dalam video storyboard memiliki beberapa komponen penting seperti di antaranya :

  • Pembukaan yang bertujuan untuk menarik audiens.
  • Masalah yang umumnya di hadapi oleh banyak audiens dan tetap fokus pada target pasar.
  • Solusi untuk permasalahan yang ada
  • Action di mana kamu mengajak audiens untuk membeli, mengunjungi situs, like video, dan lain sebagainya.

3. Menyiapkan template

Seperti pada penjelasan sebelumnya, membuat storyboard tidak mengharuskan kamu untuk bisa menggambar. Ada banyak template storyboard menarik yang bisa di gunakan. Adapun beberapa aplikasi dan situs rekomendasi untuk membuat storyboard seperti Canva dan Boords.

4. Rancang ide dalam storyboard

Setelah menentukan ide dan durasi waktu, selanjutnya kamu bisa langsung mempraktekkannya ke dalam template. Seperti misalkan kamu memilih Canva, di sana terdapat banyak contoh gambar baik berupa tokoh, tempat, dan lainnya. Selain itu dengan Canva juga kamu tidak perlu mendownload aplikasi terlebih dahulu.

Kamu bisa memasukkan gambaran yang sudah di rancang dalam storyboard. Seperti jalan cerita yang di inginkan dan lokasinya apakah indoor atau outdoor.

5. Buatlah lebih detail

Agar hasil video menjadi lebih maksimal dan menarik audiens, kamu bisa memasukkan tiap detail adegan yang di perlukan. Selain itu kamu juga bisa membuat dialog yang di lakukan oleh tiap karakter didalamnya sekaligus untuk menyampaikan informasi.

Jangan lupa juga untuk membuat thumbnail yang menarik. Hal ini dikarenakan thumbnail menjadi gambaran utama untuk audiens agar mengklik atau menonton storyboard yang kamu buat.

Setelah semua elemen sudah lengkap, maka storyboard bisa diposting sesuai dengan tujuan. Kamu juga perlu revisi jika sekiranya storyboard masih banyak kekurangannya.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan cara membuat storyboard yang harus diketahui. Agar hasil video yang dihasilkan menarik perhatian audiens, pastikan kamu sudah memenuhi semua komponen yang dibutuhkan.

Baca Juga :

***