Cara Mudah Menyambungkan Bluetooth Laptop ke Speaker

Epic99.com – Cara menyambungkan bluetooth laptop ke speaker. Jika dahulu penggunaan speaker membutuhkan kabel, seiring berjalannya waktu kabel sudah tidak perlu di gunakan lagi. Ada banyak muncul speaker bluetooth yang bisa di temui dengan mudah. Terlebih lagi speaker bluetooth memiliki kualitas suara yang tergolong baik.

Namun jika tanpa kabel, lalu bagaimana cara menyambungkan speaker bluetooth ke laptop? Meskipun sebenarnya cukup mudah di lakukan, namun tidak sedikit pengguna yang merasa bingung dan tidak mengetahui caranya.

Simak beberapa cara di bawah ini untuk menyambungkan speaker bluetooth ke laptop !

Apa itu Bluetooth ?

Sebelum membahas tentang speaker bluetooth, ada baiknya untuk kita mengetahui terlebih dahulu apa itu bluetooth.

Bluetooth adalah suatu peralatan media komunikasi yang di gunakan untuk menghubungkan antar perangkat komunikasi ke perangkat lain seperti handphone, komputer, laptop, tablet, dan lainnya.

Jika dahulu fungsi bluetooth adalah untuk memudahkan berbagi file, saat ini fungsi bluetooth sudah lebih banyak yakni salah satunya adalah untuk menghubungkan speaker dengan laptop tanpa kabel.

Menariknya lagi, bluetooth bisa menembus rintangan mulai dari kotak, dinding bahkan dengan jarak 10 meter. Tanpa harus menggunakan kabel, penggunaan bluetooth terbilang praktis dan tidak ribet sama sekali.

Cara menyambungkan speaker bluetooth ke laptop

1. Melalui menu Settings

Cara di bawah ini sangat mudah untuk di praktekkan dimana kamu hanya perlu masuk ke menu pengaturan dan mengaktifkan bluetooth yang ada pada laptop. Berikut langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama masuklah ke menu Windows dan pilih opsi Settings.
  • Selanjutnya pilih devices lalu aktifkan pada bagian bluetooth.
  • Setelah bluetooth laptop aktif, hubungkan perangkat dengan speaker bluetooth.
  • Klik pada nama speaker yang terkoneksi pada bluetooth laptop.
  • Terakhir klik Connect.

2. Shortcut Fn + Ikon Bluetooth

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk menghubungkan perangkat speaker dengan laptop adalah melalui shortcut Fn + Ikon Bluetooth. Di mana caranya sendiri terbilang cukup mudah yakni dengan menemukan ikon Bluetooth yang ada pada laptop. Ikon bluetooth tersebut biasanya ada di antara tombol F1 – F12.

Setelahnya kamu bisa klik Fn bersamaan dengan tombol dengan ikon Bluetooth. Setelah di klik, maka secara otomatis, bluetooth akan menyala dan bisa langsung di hubungkan dengan speaker.

3. Melalui driver buetooth laptop

Jika mengalami permasalahan pada bluetooth, maka cara lainnya yang bisa di lakukan adalah dengan menginstal ulang driver bluetooth yang ada pada laptop.

Kamu bisa mendownloadnya dengan mudah untuk kemudian di jalankan agar bisa terkoneksi pada perangkat lain.

Namun jika bluetooth tidak mengalami masalah apapun, maka mudah saja karena kamu tidak perlu menginstal ulang driver bluetooth.

4. Menggunakan device manager

Melalui device manager, kamu bisa meyambungkan speaker dengan laptop. Simak beberapa langkah di bawah ini :

  • Masuklah pada menu pencarian Windows.
  • Kemudian cara device manager.
  • Setelah masuk pada device manager, maka langkah berikutnya adalah dengan memiliki konektivitas.
  • Klik Bluetooth.
  • Aktifkan dengan pilih Enable.

Demikian beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menghubungkan speaker bluetooth ke laptop. Cara di atas cenderung mudah untuk di praktekkan terlebih biasanya bluetooth akan tersambung secara otomatis jika sudah dalam keadaan aktif.

Baca Juga :

***