Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

Epic99.com – Cara mengatasi layar HP bergaris. HP saat ini sudah semakin banyak di gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi tidak sedikit HP yang di jual dengan harga terjangkau. Untuk itu sangat mudah bagi masyarakat memilikinya.

Penggunaa HP sendiri di era digital seperti sekarang memberikan kemudahan bagi penggunanya. Namun terkadang penggunaan yang terus-menerus justru memberikan permasalahan tersendiri. Seperti kerusakan pada HP yang biasanya terjadi, tidak jarang layar HP menjadi bergaris dan membuat penggunanya bingung.

Layar HP bergaris biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor terutama dari segi hardwarenya. Nah agar kerusakan pada HP bisa di atasi dengan tepat, berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi layar HP bergaris. Simak ulasan berikut !

Penyebab layar HP bergaris

Layar HP bergaris biasanya di sebabkan oleh beberapa hal baik dari segi hardware maupun software. Adapun beberapa penyebabnya adalah :

1. HP yang terjatuh

HP yang terjatuh biasanya menyebabkan layar HP menjadi bergaris. Di mana garis tersebut bisa saja karena 2 hal yakni dari segi hardware maupun software. Jika garis di layar HP menyerang hardware, maka yang rusak adalah LCDnya.

Namun jika garis tersebut menyerang software, maka kamu bisa mengetesnya dengan cara screenshot layar. Sehingga jika hasil screenshot terdapat garis, maka kerusakan yang terjadi ada pada software.

2. Terkena air

Penyebab lainnya yang umum terjadi dari penyebab layar HP menjadi bergaris adalah terkena air. Setiap merek dan model HP tentu memiliki ketahanan air yang berbeda-beda. Di mana ada beberapa HP yang sangat sensitif jika terkena air sehingga menyebabkan kerusakan pada layar HP dan mengakibatkan layar menjadi bergaris.

Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan ini terjadi. Satu-satunya cara yang harus di lakukan adalah dengan menjauhkan HP dari air.

3. Tertimpa benda berat

HP terbilang cukup rentan tertimpa benda berat. Di mana bisa jadi permasalahan munculnya garis pada HP di sebabkan oleh benda berat. Secara umum, HP yang tertimpa benda berat akan mengakibatkan layar menjadi muncul garis putih. Selain itu bisa juga terjadi permasalahan lain yang timbul seperti layar HP berkedip atau bergoyang.

Ada baiknya untuk hindari meletakkan HP di tempat yang rentan tertimpa benda berat.

4. Sistem Error

Sistem pada HP yang terjadi error bisa mengakibatkan layar mengalami garis baik secara vertikal maupun horizontal. Hal ini di karenakan sistem HP yang error akan memunculkan bug dalam bentuk garis halus atau layar berkedip.

Untuk penyebab sistem error sendiri biasanya di karenakan HP root atau rakitan. Terlebih jika permasalahannya di karenakan sistem error, maka di perlukan teknik tertentu untuk mengatasinya.

Cara mengatasi layar HP bergaris

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab HP bergaris, selanjutnya yang harus di ketahui adalah cara mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang bisa di lakukan :

1. Restart HP

Cara pertama yang harus di lakukan saat mengalami layar HP bergaris adalah dengan merestart HP. Selanjutnya kamu bisa masuk pada opsi safe mode. Sehingga safe mode sendiri berfungsi untuk melacak kinerja OS sekaligus menemukan permasalahan yang terjadi.

Jika garis pada layar di sebabkan oleh software, maka dengan mangaktifkan Safe Mode, sistem akan mengirimkan sinyal atau pemberitahuan.

2. Dengan opsi Developer

Permasalahan layar HP bergaris yang di sebabkan oleh software bisa juga di perbaiki dengan opsi developer. Di mana opsi developer sendiri adalah sebuah menu atau halaman yang memungkinkan kamu untuk melakukan pengaturan HP secara lebih lengkap.

Terlebih lagi pada opsi developer terdapat pengaturan Show Pointer Location yang memungkinkan kamu untuk menghilangkan garis pada HP.

Simak beberapa langkah di bawah ini :

  • Bukalah menu pengaturan pada HP.
  • Selanjutnya pilih opsi About atau Tentang.
  • Kemudian cari pada kolom Nomor Bentukan.
  • Klik beberapa kali hingga muncul notifikasi “Anda telah menjadi Pengembang”.
  • Setelah menu tersebut muncul, maka kamu bisa pilih opsi Tampilan Petunjuk.
  • Nantinya secara otomatis garis pada HP menjadi hilang.

3. Keringkan HP

Jika mengalami layar HP bergaris yang di akibatkan karena HP terkena air, maka cara mengatasinya yang pertama adalah dengan langsung mengeringkan HP. Kamu bisa menggunakan kain yang menyerap air. Selain itu trik lainnya yang bisa di praktekkan adalah dengan merendam HP ke dalam beras. Hanya saja pastikan semua komponen seperti sim card maupun baterai sudah terlepas dari perangkat.

4. Bongkar HP atau ganti LCD

Cara lainnya yang bisa di praktekkan untuk mengatasi layar HP bergaris adalah dengan melakukan pembongkaran. Namun jika tidak memiliki keahlian, maka sebaiknya untuk membawa ke service center. Dengan begitu maka kamu akan mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab layar HP bergaris.

Jika ternyata kerusakan ada pada LCD maka tidak ada cara lain selain menggantinya dengana yang baru. Hal ini dikarenakan kerusakan pada LCD sudah tidak bisa di perbaiki lagi. Namun untuk menggantinya, maka di sarankan untuk memilih LCD original agar bisa lebih awet.

Demikian penjelasan mengenai penyebab sekaligus cara mengatasi layar HP bergaris.

Baca Juga :

***