Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Isi Token Listrik

Epic99.com – Gagal isi token listrik. Tahukah kamu, sejak tahun 2008, PLN mulai memperkenalkan layanan listrik dengan metode prabayar. Di mana artinya pengguna harus membeli token terlebih dahulu untuk bisa menggunakan listrik setiap harinya.

Seiring penggunakan token listrik prabayar, tidak sedikit pengguna yang mengalami kegagalan saat sedang mengisi pulsa. Terlebih pada pengguna baru yang belum mengerti secara penuh bagaimana cara pengisiannya.

Nah untuk kamu yang mengalami kegagalan saat sedang melakukan pengisian token listrik, pada artikel kali ini akan di berikan ulasannya. Simak penjelasan di bawah ini !

Penyebab dan cara mengatasi pengisian token listrik yang gagal

Sebenarnya cara mengisi token listrik terbilang cukup mudah. Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan untuk meminimalisir kegagalan. Terlebih lagi permasalahan pada listrik akan memeberikan resiko yang lebih besar dan membahayakan pengguna.

1. Pastikan kode token benar

Saat mengisi token listrik, maka ada 20 kode yang harus di masukkan. Layaknya voucher pulsa atau kuota, kamu harus memperhatikan semua kode yang terisi sudah benar. Jangan sampai ada kesalahan agar pengisian token listrik tidak mengalami kegagalan. Karena tidak hanya gagal saja, bahkan resiko lainnya adalah MPB menjadi terblokir yang di akibatkan input kode berulang kali.

2. Cek limit kWh

Untuk kamu yang belum tahu, saat pemasangan MPB baru, maka PLN akan mengatur batasa maksimum kWh perbulannya. Sehingga jika MPB sudah mencapai batas maksimum yang di tentukan, maka input token listrik akan mengalami kegagalan. Oleh karenanya pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui batas atau limit kWh dari petugas PLN.

3. Server PLN gangguan

Penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan kegagalan saat isi token listrik adalah kondisi jaringan server PLN sedang gangguan. Di mana gangguan tersebut bisa saja karena koneksi yang tidak stabil atau sedang masa pemeliharaan sistem. Jika hal tersebut terjadi, maka tidak ada yang bisa di lakukan selain menunggu hingga jaringan server PLN kembali normal dan bisa di gunakan.

Selain itu biasanya PLN akan memberikan informasi terlebih dahulu jika server sedang gangguan atau sedang dalam masa pemeliharaan.

4. Instalasi listrik kurang baik

Saat ingin melakukan pengisian token listrik, penting untuk kamu memperhatikan kondisi instalasi listriknya. Hal ini di karenakan instalasi listrik yang kurang baik memungkinkan pengisian token menjadi gagal. Selain itu sebaiknya untuk tidak memaksakan input kode karena bahayanya akan timbul korsleting listrik.

Perhatikan pada kondisi MPB, jika terdapat pesan Blocked, itu artinya mesin dalam kondisi rusak dan tidak bisa mengisi ulang kode.

5. Hubungi pihak PLN

Jika permasalahan benar-benar tidak bisa di atasi. Terlebih saat kamu mengalami kegagalan pengisian token listrik, maka hal yang penting untuk dilakukan adalah dengan menghubungi pihak PLN. Adapun nomor customer service PLN adalah 123 atau kamu bisa menghubungi via sosial media resmi dan aplikasi PLN Mobile.

Download PLN Mobile

Demikian informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi gagal isi token listrik PLN. Permasalahan yang terjadi pada listrik tentu saja tidak bisa di biarkan begitu saja. Untuk meminimalisir masalah yang lebih besar seperti korsleting listrik, bahkan hingga kebakaran.

Baca Juga :

***