6 Cara Menghentikan HP yang Disadap dari Jarak Jauh

Epic99.com – Cara menghentikan HP disadap. Bagaimana cara menghentikan HP yang di sadap? Sangat menyebalkan rasanya jika kita mengetahui hp di sadap dari jauh oleh orang lain. Terlebih lagi penyadapan HP memungkinkan orang lain untuk mencuri data pribadi yang penting seperti password, bahkan hingga akun bank. Selain itu sadap HP juga merupakan aktivitas memata-matai atau memantai aktivitas yang di lakukan secara diam-diam sehingga cukup mengganggu privasi.

Adapun beberapa aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan aktivitas dari ponsel seseorang di antaranya adalah AirDroid, TheTruthSpy, Couple Tracker Mobile, Family Locator, SMS Tracker, dan lain-lain. Biasanya aplikasi tersebut di pasangkan ke ponsel target secara diam-diam dan sehingga pengguna bisa mengakses informasi yang di kumpulkan melalui aplikasi.

Lalu bagaimana jika ponsel kamu sudah terlanjur di sadap? Nah untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa di praktekkan seperti :

1. Cek menggunakan kode *#61# dan #002#

Jika kamu merasa Ponsel yang di gunakan sedang di sadap oleh orang dari jauh, maka langkah awal yang bisa di lakukan adalah dengan cek menggunakan kode dial up *#61#. Nantinya jika benar ponsel kamu sedang di sadap, maka akan muncul nomor pelaku yang menyadapnya.

Selain kode rahasia tersebut, kamu bisa menekan tombol #002# untuk mematikan semua pengalihan HP yang bisa saja di lakukan oleh hacker.

2. Factory Reset

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk menghentikan HP yang di sadap dari jarak jauh adalah dengan melakukan pengaturan pabrik atau kembali ke pengaturan awal. Hal ini terbilang cukup ampuh untuk mengatasi HP yang mungkin sedang di sadap.

Selain itu melakukan factory reset juga memungkinkan semua data menjadi terhapus. Oleh karenanya pastikan terlebih dahulu kamu sudah melakukan backup terutama untuk semua data yang di anggap penting.

3. Menggunakan aplikasi VPN

Aplikasi VPN bisa di manfaatkan untuk mengatasi masalah HP yang sedang di sadap. Hal ini di karenakan VPN bermanfaat untuk mengenskripsikan jaringan internet sehingga bisa di lacak semua aktivitas yang selama ini di lakukan oleh hacker.

Kamu bisa mendownload VPN terlebih dahulu kamudian lakukan pengecekan secara berkala untuk memantau penyadap.

4. Hubungi call center operator

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk menghentikan aksi penyadapan HP dari jarak jauh adalah dengan menghubungi call center yang kamu gunakan. Beritahu pihak call center jika kamu mengalami penyadapan untuk meminimalisir terjadinya penipuan yang terjadi. Dengan begitu nantinya call center akan memberikan arahan sekaligus bantuan untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Ganti kata sandi secara berkala

Pastikan kamu mengganti semua kata sandi secara berkala. Hal ini di karenakan semua akun akan terhubung dengan perangkat pelaku penyadapan. Selain itu pastikan agar menggunakan kata sandi yang kuat dan sulit di tebak.

6. Cek aplikasi mencurigakan

Periksa aplikasi mencurigakan yang terinstal di HP. Jika ada sekiranya aplikasi yang tidak di kenal, sebaiknya untuk melakukan uninstal dan penghapusan data aplikasi.

Aplikasi yang tidak di kenal bisa saja terinstall secara diam-diam karena mungkin kamu tidak sengaja membuka link berbahaya yang mengandung mallware. Untuk itu di sarankan agar kamu tidak mudah membuka link dari sumber yang tidak jelas dan hindari mendownload aplikasi selain dari PlayStore maupun Appstore.

Nah itulah beberapa cara yang bisa di praktekkan untuk menghentikan Hp yang sedang disadap dari jarak jauh. Pastikan agar kamu melakukan semua tahapannya dengan seksama agar HP yang di gunakan menjadi lebih aman.

Baca Juga :

***