Cara Membuat Barcode Produk Menggunakan Barcode Generator

Epic99.com – Cara membuat barcode. Memiliki sebuah usaha terutama di bidang penjualan produk terkadang membuat repot. Terlebih jika kamu masih menggunakan penjualan manual.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan barcode sehingga memungkinkan kamu untuk mengetahui data dan harga dari sebuah produk. Selain itu kamu bisa lebih menghemat waktu dan hasilnya terbilang lebih akurat.

cara membuat barcode produk

Dengan menggunakan barcode, maka produk yang kamu jual hanya membutuhkan pemindai kode dan beberapa perangkat lunak tambahan untuk memudahkan kinerjanya.

Dalam artikel kali ini akan di jelaskan mengenai manfaat serta cara mmembuat barcode produk dengan menggunakan Barcode Generator.


Manfaat barcode untuk sebuah produk

  1. Penggunaan barcode untuk produk yang kamu jual secara tidak langsung sudah mengurangi resiko terjadinya kesalahan. Dengan melakukan pemindaian barcode, maka data yang di hasilkan akan lebih akurat.
  2. Menggunakan barcode terbukti lebih meneghemat waktu di bandingkan dengan input data secara manual.
  3. Hemat biaya menjadi salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan dengan menggunakan barcode untuk produk.
  4. Mudah dalam memperbarui data.

Cara mudah membuat barcode untuk produk

Jika kamu memiliki bisnis dalam bidang produk, menggunakan barcode menjadi alternatif terbaik yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu kamu bisa merasakan banyak manfaat di dalamnya. Selain itu pembuatan barcode juga terbilang mudah dan bisa di lakukan oleh pemula sekalipun.

Cara mudah membuat barcode untuk produk

Berikut ini beberapa langkah dalam membuat barcode untuk kamu ketahui.

Langkah 1, siapkan kode unik

  • Pastikan kamu memiliki kode produk yang unik untuk bisa melacak produk yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan nomer kode produk universal untuk melacak item.
  • Kamu juga bisa menggunakan nomer kode batang UPC di mana kamu bisa mendaftar dengan Global Standar 1 untuk bisa mendapatkan kode unik mulai 8 hingga 12 digit yang bisa melacak produk kamu bahkan hingga di seluruh dunia.
  • Jika kamu pedagang biasa baik offline maupun offline, kamu bisa menggunakan nomer SKU internal. Di mana nantinya kamu bisa melacak produk yang kamu jual menggunakan sistem penomoran konvensional. Kamu hanya perlu mengatur kode produk yang unik untuk selanjutnya di masukkan dalam sistem.
Langkah 2, membuat barcode menggunakan Barcode Generator

Langkah 2, membuat barcode menggunakan Barcode Generator

  • Sebenarnya sudah banyak aplikasi maupun website yang memudahkan kamu dalam membuat barcode. Namun pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai pembuatan barcode dengan menggunakan Barcode Generator.
  • Barcode Generator akan menerjemahkan kode yang sudah kita buat menjadi gambar barcode.
  • Kamu bisa memilih berbagai format barcode yang ingin kamu gunakan.
  • Selain itu pastikan juga semua baarcode tersebut bisa bekerja di semua perangkat dan sistem penjualan.
  • Dengan menggunakan label online maka kamu bisa membuat barcode dan mendownloadnya dapam format .jpg yang bisa kamu simpan sementara di Ms. Word atau lainnya untuk kemudian di print menggunakan lembar label.
cetak barcode

Langkah 3, mencetak label barcode

  • Jika kamu sudah mendapatkan barcode dari semua produk yanng kamu buat, selanjutnya kamu bisa mencetak label tersebut.
  • Gunakan thermal untuk mencetak label barcode ke gulungan label.
Baca Juga:  Cara Membuat Podcast di Spotify Menggunakan Hosting Anchor

Note : Printer Epson Expression ET-2650 Color Inkjet dapat mencetak label barcode yang tajam.


Kesimpulan

Nah itulah beberapa manfaat serta cara membuat barcode produk menggunakan Barcode generator. Cara ini terbiang mudah dan jika jualan yang kamu rintis masih terbilang kecil, kamu bisa membuat barcode dengan menggunakan kode unik konvensional yang kamu buat sendiri.

Dengan begitu kamu tidak perlu mendaftar dengan Global Standar.***