4 Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online & Offline

Epic99.com – Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan belakangan ini banyak di bicarakan. Mengingat bantuan pemerintah untuk pekerja bisa di cairkan melalui BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu BPJS Ketenagakerjaan bisa menjadi salah satu jaminan hari tua terlebih saat sudah mengalami pensiun dan tidak lagi bekerja.

Sebagai pemilik BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa melakukan pengecekan saldo untuk mengetahui akumulasi dana yang ada.

cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Berbeda dengan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan hanya di khususkan untuk pekerja. Biasanya perusahaan memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan kepada karyawan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan saat kerja.

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Nah jika kamu masih bingung, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa langkah yang bisa di praktekkan.

Cara cek saldio BPJS Ketenagakerjaan

Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa di lakukan baik secara online maupun offline. Selain itu tidak ada syarat spesifik yang harus di siapkan. Hanya saja yang di butuhkan adalah KTP dan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Berikut beberapa caranya :

1. Cek saldo melalui aplikasi

Mengecek saldo bisa di lakukan melalui aplikasi smartphone. Namun tentunya kamu harus mendownload dan instal aplikasi terlebih dahulu. Simak langkahnya di bawah ini :

cek saldo bpjs ketenagakerjaan
  • Pastikan terlebih dahulu kamu sudah mendownload dan instal aplikasi JMO Mobile.
  • Selanjutnya buatlah akun menggunakan email dan lakukan login setelahnya.
  • Jika sudah berhasil login, kamu bisa masuk pada dashboard akun dan klik Jaminan Hari Tua.
  • Pilih Cek Saldo untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem memberikan informasi mengenai saldo BPJS.

Download JMO Mobile

2. Melalui website

Jika menggunakan aplikasi mengharuskan kamu untuk mendownload dan instal aplikasi terlebih dahulu, cara alternatif yang bisa di gunakan adalah melalui website. Meskipun tidak membutuhkan aplikasi tambahan, namun pastikan kamu memiliki jaringan internet yang stabil.

  • Kunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Selanjutnya buat akun terlebih dahulu menggunakan email, namun jika sudah memiliki akun maka kamu bisa langsung melakukan login.
  • Kemudian pilih menu Lihat Saldo JHT.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul saldo terbaru BPJS Ketenagakerjaan yang kamu miliki.
Baca Juga:  3 Cara Mudah Menghapus Alamat yang Terdaftar di Google Maps

3. Cek Saldo BPJS secara offline

Untuk melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui Offline, kamu bisa datang langsung ke kantor cabang BP Jamsostek terdekat. Sampaikan pada petugas untuk meminta informasi saldo dengan menunjukkan identitas berupa KTP dan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu pastikan juga kamu datang di jam kerja.

cek saldo bpjs ketenagakerjaan

4. Melalui SMS

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui SMS. Terbilang simple untuk dipraktekkan, bahkan kamu tidak membutuhkan internet serta tetap bisa di lakukan di rumah. Berikut beberapa langkahnya :

  • Lakukan registrasi terlebih dahulu sebelum melakukan pengecekan saldo dengan cara kirim SMS berupa format : Daftar (spasi) SALDO#NO KTP#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#Nomor Peserta#Email kirim ke 2757.
  • Jika registrasi sudah berhasil dilakukan, maka selanjutnya kamu bisa kirim SMS kembali dengan format SALDO#Nomor Peserta dan kirim ke 2757.
  • Tunggu hingga kamu mendapatkan informasi berupa tampilan saldo.

Nah itulah beberapa cara mudah yang bisa di praktekkan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Kamu bisa menggunakan cara mana saja sesuai dengan keinginan. Selamat Mencoba !

Baca Juga :

***