Ulasan Red Dead Redemption 2

Red Dead Redemption 2
Red Dead Redemption 2

Ulasan Red Dead Redemption 2

 

Ulasan Red Dead Redemption 2 – Diantara ketatnya game berbasis open world yang dirilis pada tahun ini, Red Dead Redemption 2 menawarkan berbagai hal super keren & tak biasa. Tentunya Red Dead Redemption 2 tak dibuat dalam satu hari satu malam saja, ada sebuah proses kerja keras para tim developer Rockstar dalam melahirkan sebuah maha karya ini. Penantian panjang selama 8 tahun setelah hadirnya Red Dead Redemption pertama terbayar dengan sangat manis dengan kehadiran seri keduanya kali ini.

Rockstar seakan menjawab semua antisipasi fans dengan sangat luar biasa, bahkan bisa dikatakan bahwa bahwa Red Dead Redemption 2 tampil jauh diatas ekspetasi. Berbagai konten yang dipamerkan oleh Rockstar sebelum perilisannya, ternyata hanya segelintir konten kecil yang ada pada versi rilisnya. Red Dead Redemption 2 terasa sangat lengkap dengan berbagai hal yang dihadirkannya, mulai dari grafis yang sangat memukau, mekanisme gameplay solid nan adiktif, soundtrack yang ciamik, cerita utama yang sangat menarik, hingga aspek realistis yang gila.

Kesemua hal tersebut tampil memukau dalam game racikan Rockstar yang satu ini, bahkan akan sangat besar kemungkinan bahwa Red Dead Redemption 2 akan mampu menyabet gelar “Game of The Year” pada tahun ini. Bagi kalian yang sempat membaca first impression dari kami, tentunya cukup tau betapa menakjubkannya game ini. “Fantastis & tak akan pernah terlupakan” merupakan kalimat paling tepat untuk menggambarkan Red Dead Redemption 2, namun apakah benar demikian? review ini akan membahasnya secara tuntas.

Storyline

Diposisikan sebagai sebuah prequel dari seri pertamanya, kalian akan berperan sebagai Arthur Morgan – salah satu orang terpercaya dalam gang Van Der Linde yang dipimpin oleh Dutch Van Der Linde. Kekacauan perampokan gang Van Der Linde di Blackwater akhirnya memaksa Dutch dan para pengikutnya kabur melarikan diri. Kekacauan tersebut merupakan pukulan telak bagi gang Van Der Linde, dimana banyak anggotanya yang tewas karena insiden tersebut. Tanpa uang, gang ini tak berdaya, akhirnya Dutch bersama dengan para pengikutnya, termasuk Arthur memutuskan untuk melakukan berbagai perampokan demi membuat para anggota Van Der Linde tetap bertahan.

Gang Van Der Linde Terpaksa kabur setelah kekacauan di Blackwater.

Selain harus berurusan dengan pihak berwajib yang dipimpin oleh Andrew Milton & Edgar Ross, gang Van Der Linde juga harus berurusan dengan gang O’Driscoll yang memang telah jadi “rival abadi”. Colm O’Driscoll selaku ketua dari gang tersebut memiliki dendam membara kepada Dutch karena ia telah menghabisi adik Colm. Sementara Dutch juga punya dendam membara kepada Colm karena ia telah membunuh kekasih Dutch – Anabelle.

Edgar Ross kembali dengan versi mudannya.

Berbagai perjalanan yang terjadi ternyata lambat laun cukup merubah diri Arthur, dimana dirinya yang terlihat cukup keras perlahan menjadi seorang yang kian bijaksana. Dutch, Arthur, dan orang-orang terpercaya lainnya berencana mengumpulkan cukup banyak uang, agar para anggota gang bisa mendapatkan hidup baru di sebuah tempat yang jauh dari kekacauan.

Perampokan demi perampokan dijalankan demi “membeli” sebuah hidup baru.

Namun tentunya tujuan tersebut takkan mudah tercapai, selain berurusan dengan pihak berwajib & gang O’Driscoll, konflik serta pengkhianatan yang timbul di dalam gang membuat segalanya makin runyam. Belum lagi para anggota gang yang tak ikut angkat senjata juga turut terseret dalam konflik yang mengancam nyawa tersebut. Disinilah peran Arthur dimana ia harus memandang segalanya dengan bijaksana agar membuat gang ini tetap bersatu dan tak ada korban. Perjalanan Arthur tak akan sendirian, ia akan ditemani oleh sahabat-sahabat terpercayannya, termasuk John Marston – protagonis utama Red Dead Redemption pertama.

Dutch, Arthur, & John.

Lantas konflik apa sajakah yang akan dihadapi oleh Arthur? apakah ia akan tetap mampu mempertahankan gang Van Der Linde? mengapa ia tak muncul dalam Red Dead Redemption pertama? Penghianatan seperti apa sajakah yang terjadi? serta apa saja yang dialami oleh John Marston yang mengakibatkan ia membenci gang Van Der Linde di Red Dead Redemption pertama? semua jawaban tersebut dapat kalian temukan dengan memainkan maha karya yang satu ini.

Here is the Magnificent 8

Cerita yang Tak Akan Pernah Bisa Terlupakan

Berbagai konflik yang terjadi membuat kisah Red Dead Redemption 2 sangat menarik diikuti walaupun memakan waktu sekitar 40-65 jam lamannya. Selama waktu tersebut kalian akan dihadapkan dengan sebuah cerita yang terasa pelan, namun perlahan kian memuncak dengan konflik yang makin intens.

Sebuah kisah yang takkan pernah terlupakan.

Cinta, kasih, penghianatan, kematian, hingga pengorbanan mewarnai kisah Red Dead Redemption 2 dengan sangat emosional. Kami bahkan berani menyebut bahwa kisah Red Dead Redemption 2 merupakan salah satu yang terbaik dalam sejarah video game & takkan pernah bisa terlupakan.

Development Karakter yang Sangat Luar Biasa!

Cerita yang tak akan pernah bisa terlupakan tentunya tak luput dari development karakter yang juga hebat pula dan Rockstar sangat berhasil dalam hal tersebut. Bisa dikatakan bahwa berbagai karakter krusial yang ada dalam Red Dead Redemption 2 ini sangatlah banyak, namun walaupun demikian, Rockstar mampu mengdevelop karakter yang hadir dengan sangat baik. Contohnya seperti Dutch, karakterisasinya terasa tak cukup kuat di Red Dead Redemption pertama, namun disini kita akan mengetahui bagaimana karakteristik asli dari Dutch yang sebenarnya.

 

Puluhan jam cerita utama memang benar-benar dimanfaatkan oleh Rockstar agar tiap karakter yang ada tak hanya sekedar “numpang lewat” belaka. Deretan voice talent yang ada juga mampu memperkuat tiap karakter, semua karakter krusial yang hadir seolah benar-benar hidup dengan sifat & kepribadiannya masing-masing. Akan ada sebuah rasa simpati yang kalian rasakan ketika karakter yang telah hadir tersebut misal harus mengalami nasib naas atau tewas begitu saja.

Visualisasi Super Menawan!

Hadir dengan map super luas, Rockstar mampu sajikan dunia wild west yang kejam namun terlihat menawan dengan kualitas visual yang memanjakan mata. Versi enchanced dari Rockstar Advanced Game Engine yang telah bertahun-tahun dipakai Rockstarterbukti tetap mampu suguhkan visualisasi mempuni. Bebagai environment & tiap hal yang tersaji terlihat sangat realistis, lighting, vegetation, shadow, fog, texture, dan semuanya benar-benar terlihat sangat detail.

 

Kalian akan dapat melihat berbagai hal sederhana yang membuat game ini terasa hidup, interaksi kecil yang dilakukan oleh Arthur terhadap lingkungan sekitarnya akan langsung terlihat jelas. Mulai dari genangan air, bebatuan, rumput, pohon, lumpur, salju, benda-benda, hingga organ tubuh terlihat realistis, semua hal tersebut juga akan mempengaruhi gameplay yang nantinya akan kami bahas lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan