Advertisements

Epic99.com – Perbedaan Mencolok Windows 11 Biasa dengan Windows 11 SE. Microsoft telah membuat heboh beberapa waktu lalu dengan rilisnya sistem operasi Windows 11. Namun ternyata itu saja tidak cukup bagi Microsoft.

Hal ini di karenakan beberapa bulan sejak rilisnya sistem operasi Windows 11, tepatnya pada awal bulan November ini Microsoft kembali merilis OS Windows 11 School Edition yang di rancang khusus untuk dunia pendidikan.

Perbedaan Mencolok Windows 11 Biasa dengan Windows 11 SE.

Sesuai dengan namanya, Windows 11 SE pada dasarnya memang di tujukan untuk para siswa. Sehingga sistem operasi ini dapat menjalankan aplikasi yang di butuhkan oleh siswa ketika dalam proses pembelajaran.

Meskipun namanya sekilas sama. Namun ada perbedaan yang mecolok antara Windows 11 dengan Windows 11 School Edition.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang sangat mencolok antara kedua sistem operasi tersebut.

1. Tidak bisa di gunakan sembarang perangkat

Windows 11 School Edition tentu tidak bisa di gunakan secara sembarangan pada perangkat PC maupun laptop. Hal ini di karenakan Windows 11 School Edition ini memang di rancang khusus untuk sekolah. Selain itu, Windows 11 SE ini tidak dapat di lakukan upgrade ataupun di alihkan ke Windows 11 biasa.

Microsoft nyatanya memang merancang Windows 11 SE hanya untuk dunia pendidikan dan sekaligus ingin membuktikan bahwa raksasa teknologi ini memang memberikan perhatian khusus untuk dunia pendidikan.

1. Tidak bisa di gunakan sembarang perangkat

2. Windows 11 SE menjadi pesaing Chrome Book

Menjadi sistem operasi yang di rancang khusus untuk siswa. Nyatanya sekarang Windows 11 School Edition sudah menjadi pesaing dari Chrome OS yang sudah lebih dulu masuk ke dunia pendidikan.

Tentunya Windows juga menerapkan konsep yang sama dengan yang di terapkan oleh Chrome OS yaitu cloud based service.

Baca Juga:  Rilis Game Terbaru : Mana Yang Menjadi Favoritmu?

3. Keterbatasan pada Windows 11 SE

Windows 11 juga sangat membatasi para penggunanya. Mulai dari software hingga dukungan perangkat keras. Selain itu, sistem operasi Windows 11 School Edition ini tidak bisa di jalankan pada laptop yang memiliki kapasitas prosesor kuat, RAM yang di atas 8 GB serta penyimpanan di atas 128 GB.

4. Tidak tersedia Microsoft Store

Karena Windows 11 School Edition memang di ciptakan hanya untuk belajar. Tentunya hal ini juga berpengaruh pada software di dalamnya. Salah satu perbedaan Windows 11 SE dengan yang biasa adalah tidak tersedianya Microsoft Store. Bahkan selain itu banyak juga aplikasi lainnya yang memang sangat di batasi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan aplikasi yang di rasa tidak penting dalam proses pembelajaran sekolah.

4. Tidak tersedia Microsoft Store

5. Hanya bisa di jalankan dengan laptop khusus

Windows 11 School Edition hanya bisa di jalankan dengan laptop khusus. Tentunya hal ini juga yang menjadi perbedaan mencolok antara Windows 11 dengan Windows 11 SE.

Bahkan Microsoft juga berencana untuk merilis laptop khusus yang bisa menjalankan sistem operasi Windows 11 School Edition ini secara eksklusif.

6. Di kendalikan penuh oleh pihak sekolah

Hal lainnya yang membuat sistem operasi Windows 11 School Edition ini sangat berbeda dengan versi yang biasa adalah di karenakan hanya Staff IT sekolah yang memiliki kuasa untuk bisa melakukan installasi yang terdapat sistem operasi Windows 11 SE.

Sehingga dalam hal ini membuat para siswa tentunya tidak bisa sembarangan melakukan instalasi software pada perangkat PC maupun laptop.

7. Tidak terjual terpisah

Sistem operasi Windows 11 School Edition tidak terjual terpisah. Selain itu sistem operasi ini juga tidak bisa di lakukan install ulang apabila terjadi suatu kesalahan.

Baca Juga:  Rilisnya OS Windows 11 : Terdapat Fitur Yang Dirancang Khusus Siswa

Saat ini Windows memang sedang melakukan taktik jitu dengan menerapkan beberapa strategi untuk bisa menggaet pelaku industri dari dunia pendidikan dan secara spontan mengalahkan Chrome book.***