Advertisements

Epic99.com – Perbedaan Linux dan Windows. Pengguna komputer tentunya tidak asing lagi dengan istilah Sistem Operasi. Nah, berbicara mengenai sistem operasi. Ada yang selalu menjadi perbandingan di antara keduanya.

Windows dan Linux yang selalu menjadi perdebatan dan membuat orang menjadi bingung ingin memilih yang mana. Hal ini di karenakan OS keduanya yang memiliki keunggulan masing – masing.

perbedaan linux dan windows

Untuk pengetahuan kamu, Windows merupakan OS besutan perusahaan teknologi raksasa yaitu Microsoft. Selain itu, Windows juga menjadi OS yang paling populer dan banyak penggunanya.

Sedangkan Linux sendiri merupakan OS yang bersifat open source dan gak kalah populer juga di bandingkan pesaingnya. Bahkan saat ini sudah ada lebih dari 250 juta pengguna aktif Linux di seluruh dunia.

Lalu apa yang menjaadi perbedaan antara Linux dan Windows? Berikut ini Epic99 sudah merangkumnya khusus untuk kamu.

1. Harga

Berbicara mengenai harga, mungkin sebagian dari kita sudah banyak yang tahu. Windows menjadi sistem operasi yang berbayar. Oleh karenanya banyak sekali sistem operasi Windows bajakan yang tersebar. Di tambah juga dengan banyaknya orang yang melakukan cracking pada sistem operasi Windows ini.

Berbeda dengan Windows. Linux menjadi sistem operasi yanag berbasis open source dan gratis. Kamu tidak perlu membayar apapun untuk bisa menggunakan sistem operasi Linux.

2. Antarmuka

Dari segi user interface, Windows tentunya memiliki tampilan yang lebih oke di bandingkan Linux. Hal ini sudah banyak di klaim oleh pengguna bahkan sejak awal kemuncunculan Windows yaitu versi Windows 98. Windows memiliki tampilan yang user friendly sehingga membuat penggunanya tidak mudah bosan.

OS windows

Meskipun menjadi 2 OS yang sangat bersaing, nyatanya soal tampilan Linux terlihat jauh tertinggal di bandingkan pesaingnya yaitu Windows.

Baca Juga:  Tutorial Mendapatkan Kapasitas Google Drive Unlimited Gratis

3. Keamanan

Nah berbeda dengan tampilan yang terlihat jika OS besutan Microsoft lebih unggul di bandingkan Linux. Namun dari segi Keamanan, Windows justru memiliki banyak virus. Hal ini di karenakan mekanisme menjalankan aplikasi yang di miliki oleh Windows.

Linux sendiri menjadi sistem operasi yang terbilang aman karena tidak virus yang di kembangkan. Selain itu, di karenakan model menjalankan aplikasi yang di miliki Linux sangat jauh berbeda.

4. Ketersediaan Perangkat Lunak

Ada banyak aplikasi atau software yang bisa di gunakan pada sistem operasi Windows. Mulai dari aplikasi perkantoran, multimedia, hingga game semuanya bisa di jalankan di sistem operasi Windows ini. Oleh karena itu, banayak pengembang aplikasi yang lebih suka untuk mengembangkan aplikasinya di Windows.

Sedangkan Linux sendiri sangat jarang di temukan banyak aplikasi yang tersedia seperti pesaingnya. Mungkin hal ini di karenakan sifatnya yang open source dan juga gratis.

OS Linux

5. Partisi Sistem

Berbicara soal partisi, Linux menggunakan partisi berjenis ext2, ext3, reiserf, xfs, jfs, FAT32, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan Windows menggunakan partisi berjenis NTFS, exFAT, FAT32, FAT, dan masih banyak juga yang lainnya.

Itu berarti, sistem operasi Windows tidak bisa membaca file sistem Linux. Sedangkan Linux kemungkinan besar bisa membaca partisi dari sistem operasi Windows.

Beberapa perbedaan lainnya yang nampak di antara kedua sistem operasi ini :

  • Linux tersedia untuk di distribusikan oleh banyak pihak, sedangkan Windows hanya ada di bawah naungan Microsoft.
  • Linux lebih hemat resources.
  • Varian distro yang di miliki oleh Linux merupakan buatan dari banyak pihak, berbeda dengan Windows yang semua versinya di buat oleh Microsoft.
  • Windows lebih cocok di gunakan untuk pekerjaan kantoran, sedangkan Linux lebih cocok di gunakan untuk server.
  • Linux lebih aman dari spyware di bandingkan Windows.
Baca Juga:  Cara Melakukan Instalasi Lineage OS Untuk Android

Itulah beberapa perbedaan yang sangat terlihat antara sistem operasi WIindows dan Linux. Di antara keduanya, mana yang membuatmu tertarik?***