Epic99.com – Cara ampuh mengatasi jaringan Wifi yang mudah dibobol. Pasti akan tidak menyenangkan rasanya jika memiliki jaringan wifi yang selalu dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut tentu bisa mengganggu kamau dalam berselancar dijaringan internet dengan cepat. Terlebih bahwa biasanya provider jaringan rumahan akan memberikan batasan kecepatan internet.

mengatasi jaringan wifi dibobol

Dengan begitu, semakin banyak pengguna internet dalam satu jaringan maka tentunya akan sangat berpengaruh pada kecepat internet yang kamu gunakan. Hal mengesalkan lainnya adalah jika pengguna lain menggunakan internet untuk melakukan download.


Nah untuk kamu yang belum tahu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi jaringan wifi dari pencuri dengan mudah seperti di bawah ini.

1. Sebaiknya menggunakan WPA2 dan WPA3

Berbagai macam provider internet rumahan tentunya sudah di lengkapi dengan WPA2 bahkan hingga WPA3. WPA sendiri bisa dikatakan lebih aman di bandingkan dengan WEP yang biasa di gunakan.

1. Sebaiknya menggunakan WPA2 dan WPA3

Namun biasanya beberapa provider internet rumahan menggunakan WPA2 ataupun WPA3. Oleh karenanya kammu juga bisa mengeceknya terlebih dahulu apakah provider jaringan rumahan yang kamu gunakan masih dengan WEP atau WPA2 dan WPA3.

2. Mengubah akun admin

Kamu bisa melindungi jaringan wifi dengan sering melakukan perubahan terhadap akun admin wifi. Dengan begitu, nantinya sang pembobol akan mengalami kesulitan dalam mencari password terbaru.

Untuk pengetahuan kamu, akun admin sendiri memiliki peranan yang penting. Di mana nantinya seorang admin akan dengan mudah mengatur wifi mulai dari kata sandi atau bahkan nama SSID. Oleh karenanya, pastikan kamu mengatur akun admin dengan bijak.

3. Menggunakan filter MAC Address

Kammu bisa memanfaatkan filter MAC Address untuk mengelola daftar perangkat yang boleh tersambung. Selain itu kamu juga bisa membuat daftar perangkat yang di izinkan atau sekedar ingin di blokir dalam mengakses jaringan wifi.

mengatasi jaringan wifi dibobol

Nantinya kamu juga akan bisa menggunakan opsi blacklist untuk memblokir perangkat yang mencuri jaringan hanya dengan menggunakan MAC Address yang di milikinya.

Baca Juga:  5 Langkah Mudah Melakukan Live Streaming Game Menggunakan Twitch

4. Sering mengubah kata sandi

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelabuhi pembobol jaringan wifi adalah dengan sering mengubah password. Dengan begitu mereka akan kesulitan karena harus menggunakan set karakter secara berulang – ulang.

Selain itu, sebaiknya untuk kamu mengubah kata sandi dengan menggabungkan minimal 8 karakter yang terdiri dari huruf besar dan kecil, angkat, dan juga simbol.

5. Nonaktifkan fitur WPS

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk melindungi jaringan wifi dari orang yang tidak bertanggung jawab adalah dengan menonaktifkan fitur WPS (Wifi Protected Setup). Sebenarnya WPS sendiri berfungsi dengan memudahkan kamu dalam mengizinkan berbagai perangkat baru agar tersambung tanpa harus menggunakan kata sandi yang panjang.

mengatasi jaringan wifi dibobol

Namun dengan cara inilah pengguna terlarang yang menggunakan jaringan internetmu akan mengalami kesulitaan dalam menemukan password terbaru yang kamu gunakan.

6. Ganti SSID Jika Di perlukan

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti SSID. SSID sendiri merupakan nama wifi yang jika di ubah tentunya akan membingungkan si pembobol dalam menemukan jaringan wifi yang kamu gunakan. Selain itu, tingkat keamanan jaringan juga akan semakin kuat apabila kamu melakukana perubahan pada SSID.

Nah itulah beberapa cara yang terbilang ampuh untuk mengatasi dan melindungi jaringan wifi agar tidak mudah dibobol. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, kamu akan bisa berselancar di internet dengan cepat dan lancar tanpa adanya pembobol.***

Baca Juga:  Cara Install Aplikasi Android Di PC/Laptop Windows 11 Tanpa Emulator