Epic99.com – Cara mengatasi jaringan internet yang lambat di Android. Internet bermanfaat untuk memudahkan setiap penggunanya dalam melakukan pekerjaan. Selain itu, internet memungkinkan kamu untuk bisa mengakses pekerjaan secara lebih cepat dan efisien.

Tentunya semua pengguna internet menginginkan speed koneksi yang cepat ataupun stabil. Namun terkadang pengguna mengalami masalah internet yang lambat.

Untuk pengetahuan kamu, sebenarnya banyak faktor yang menjadi penyebab koneksi internet menjadi lambat. Nah untuk mengatasi permasalahan internet yang lambat, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan internet yang lambat terutama untuk pengguna Android.

1. Restart Perangkat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan internet yang lambat adalah dengan melakukan restart pada perangkat android.

restart perangkat

Dengan melakukan cara tersebut tentunya dapat membuat sistem pada android yang mungkin sedang mengalami masalah menjadi pulih kembali seperti semula.

Selain itu, dengan mematikan android untuk sementara, nantinya semua aplikasi yang sudah bberjalan sebelumnya akan secara otomatis terhenti. Sehingga dalam hal ini jaringan internet pada perangkat android akan berjalan lancar seperti biasanya.

2. Periksa Jaringan

Masalah lainnya yang sering menjadi penyebab koneksi internet menjadi lambat adalah sinyal yang lemah atau bahkan terputus. Namun apabila hal ini terjadi, kamu bisa keluar ruangan agar mendapatkan sinyal yang kuat atau paling tidak sinyal menjadi stabil.

periksa jaringan

Jika masalah internet yang lambat memang di sebabkan karena jaringan, tentunya menuju keluar ruangan dan mencari sinyal yang lebih kuat menjadi alternatif yang paling ampuh untuk bisa di lakukan.

Namun jika masalah itu belum terselesaikan, kamu bisa mencoba menggunakan provider lainnya untuk memastikan ketersediaan jaringan. Kemudian apabila jaringan pada provider lain bisa di gunakan, itu artinya providermu yang sedang mengalami gangguan.

Baca Juga:  5 Cara Membuka Pola HP yang Terkunci dan Lupa di Android

3. Periksa APN

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan yang lambat pada perangkaat android adalah dengan memeriksa access pont name alias APN.

mengatasi jaringan internet lambat periksa apn

Pastikan kamu menggunakan APN tanpa username dan password untuk provider yang sedang kamu gunakan. Selain itu, biasanya APN setiap perangkat akan berbeda – beda tergantung dari sistem operasinya.

Setelah memeriksa dan mensetting APN dengan baik, kamu bisa melakukan restart pada perangkat android untuk kemudian bisa menikmati jaringan yang lebih stabil.

4. Restart Pengaturan Sistem

Kamu bisa mengatasi jaringan internet yang lambat dengan merestart pengaturan sistem operasi. Dengan melakukan cara ini nantinya kecepatan internet pada perangkat android yang kamu miliki akan berjalan lebih stabil.

mengatasi jaringan internet lambat restart pengaturan sistem

Namun apabila dengan melakukan cara ini tidak membuat perubahan apapun, maka langkah selanjutnya yaitu kamu bisa melakukan flashing ulang firmware smartphone. Sehingga dalam hal ini semua sistem android akan dapat berfungsi dengan baik seperti semula.

5. Periksa ke Service Center

Jika semua cara di atas sudah di lakukan dan tidak memberikan perubahan apapun. Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawa perangkat android ke Service Center.

mengatasi jaringan internet lambat dengan periksa ke service center

Hal ini di lakukan untuk mengetahui apakah ada gangguan pada hardware perangkat android yang kamu miliki. Tentunya nanti pihak Service Center akan memeriksa seluruh bagian ponsel dan memberitahukan penyebab koneksi internet menjadi lambat.

Namun sebelum itu, pastikan kamu sudah melakukan backup seluruh data yang kamu miliki dalam perangkat tersebut.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan internet yang lambat. Sebelum melakukan semua pemeriksaan di atas, pastikan ketersediaan kuota atau layanan internet kamu memang tersedia ya. Selamat mencoba.***