6 Rumus Dasar Excel Yang Wajib Dikuasai

Epic99.com – Rumus dasar Excel. Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasai perkantoran yang sangat banyak di gunakan. Hal tersebut di karenakan aplikasi tersebut sangat membantu pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya dalah instansi, Microsoft Excel juga tidak jarang di gunakan oleh anak sekolah.

Seperti yang banyak di ketahui, Microsoft Excel memiliki banyak sekali rumus dengan fungsi yang tentunya untuk memudahkan pekerjaan kantor. Dengan penggunaan rumus, bahkan semua pekerjaan akan bisa selesai secara otomatis.

Nah untuk kamu yang ingin bisa menguasai Excel, pastikan kamu menguasai beberapa rumus dasar di bawah ini untuk menambah kemampuanmu dan memudahkan kamu dalam menyelesaikan pekerjaan.

1. SUM

Rumus dasar excel SUM
xl_15_Sum_function_Two

Rumus paling dasar yang wajib kamu ketahui untuk memiliki skill Microsoft Excel adalah SUM. Dalam program Excel, rumus SUM sendiri berfungsi untuk menjumlahkan data yang ada. Untuk menggunakan fungsi ini, kamu bisa menuliskan rumus sebagai berikut :

=SUM(Number1, Number2, dan seterusnya)

Number 1. Number 2, dan seterusnya merupakan range data yang akan di jumlahkan. Seperti contoh anggaplah kamu ingin menjumlah kan antara kolom B2 hingga B8 dan juga C2 hingga C8, maka penulisan rumus yang di perlukan adalah =SUM(B2:B8,C2:C8).

2. AVERAGE

AVERAGE

Rumus Average berfungsi untuk mendapatkan nilai rata – rata yang akan dihasilkan dari kumpulan data yang ada. Kamu bisa menggunakan rumus dengan menuliskan kode seperti ini :

=AVERAGE(Number1, Number2, dan seterusnya).

Number 1, 2, dan seterusnya merupakan kumpulan data yang akan dihitung nilai rata – ratanya.

3. MAX

MAX

Jika kamu ingin mencari nilai tertinggi dala suatu data, maka kamu bisa menggunakan rumus dasar MAX dengan penulisan rumus sebagai berikut :

=MAX(Number1, Number2, dan seterusnya)

Baca Juga:  Nvidia Canvas : Software PC Gratis untuk Gambar yang Realistis

Nantinya untuk mencari nilai tertinggi, sepperti contoh kamu ingin menentukan nilai tertinggi pada data yang di tuliskan dari kolom D4 hingga D11, maka kamu bisa menuliskan rumus =MAX(D4:D11) dengan selanjutnya menekan tombol enter untuk mendapatkan hasilnya.

4. MIN

Rumus dasar excel MIN

Memiliki fungsi yang sama dengan MAX, MIN berfungsi untuk menentukan nilai minimal dalam data yang yang ada. Contoh penulisan rumusnya juga terbilang sama yakni :

=MIN(Number1, Number2, dan seterusnya)

Sebagai contoh kamu ingin menentukan nilai terendah dari kumpulan data A2 hingga A6, maka kamu bisa menuliskan =MIN(A2:A6).

5. Count

COUNT

Rumus dasar lainnya yang harus kamu ketahui untuk bisa menggunakan program Excel adalah Count. Memiliki fungsi untuk menghitung jumlah data dalam suatu kumpulan data yang di pilih. Kamu bisa menuliskan rumusnya sebagai berikut :

=COUNT(Number1, Number2, dan seterusnya)

Anggaplah kamau ingin menentukan jumlah data dari kumpulan data dari A2 hingga A10, maka kamu bisa menuliskan rumus =COUNT(A2:A10).

6. Logika IF

Rumus dasar excel LOGIKA IF

Jika kamu ingin bisa menguasai program Excel dengan cepat, rumus dasar lainnya yang juga harus kamu ketahui adalah LOGIKA IF. Rumus tersebut berfungsi untuk menentukan data dengan kondisi tertentu. Seperti contohnya pada data A1=1, akan di dapatkan hasil 2, namun bila tidak di dapatkan hasil 2, maka nilainya adalah 0.

Kamu bisa menggunakan pembanding dengan lambang fungsi yaitu : samadengan (=), lebih kecil (<), lebih besar(>), dan simbol lainnya. Untuk penulisan rumusnya sendiri kamu bisa menggunakan :

=IF(logical_test,value_if_true, value_if_false).

Rumus tersebut mengartikan sebuah ekspresi dari logika yang bernilai benar. Dengan menggunakan perintah value_if_true yang akan di jalankan. Kemudian jika hasilnya salah, maka perintah value_if_false yang akan di jalankan.

Baca Juga:  Top 5 Rekomendasi Mod Minecraft Yang Paling Banyak Digunakan

Itulah beberapa rumus dasar yang harus kamu kuasai untuk bisa menggunakan program Excel dengan cepat. Dengan memiliki kemampuan Excel diera yang sudah serba teknologi ini tentunya banyak manfaat yang bisa kamu rasakan yakni salah satunya adalah lebih mudah mendapatkan pekerjaan.***