Cara Setting Open Camera Titik Koordinat

cara setting open camera titik koordinat – Teknologi sangat mempengaruhi bagaimana kehidupan manusia modern berkembang. Hampir semua orang di dunia saat ini, termasuk di Indonesia, mungkin sudah merasakan manfaat dari kemajuan teknologi. Tidak mungkin membicarakan teknologi tanpa menyebut internet dan perangkat yang merupakan produk sampingan dari teknologi salah satunya gadget.

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, manusia bias dapat uang tanpa harus keluar rumah berkat kemajuan teknologi yang pesat. Sehingga sangatlah membantu kehidupan manusia Salah satunya smartphone yang kini semakin canggih, seperti fitur keren seperti ultra zoom, panorama, dan lain sebagainya yang ada pada kamera smartphone. Fitur-fitur tersebut sesungguhnya memang sudah di miliki atau sudah terinstal di aplikasi bawaan kamera, karena hal itu termasuk fitur dasar dalam hal pengambilan gambar menggunakan kamera hp.

Akan tetapi tidak semua fitur ada pada smartphone secara langsung. Sehingga apabila ingin menikmati fitur tersebut perlu melakukan install aplikasi, seperti penambahan titik koordinat di kamera. Open Camera yaitu aplikasi terbaik yang di gunakan untuk menambahkan titik koordinat/lokasi ketika kita mengambil gambar, sehingga pada hasil foto akan tertera titik koordinat kita.

Titik koordinat adalah sebuah titik tertentu yang biasa kamu lihat di peta atau Google Maps, di mana merupakan pertemuan dari garis vertikal dan garis horizontal. Titik koordinat ini di simbolkan dengan tanda derajat.

Cara Menggunakan Open Camera

Tampilan sederhana yang di miliki aplikasi open camera, seperti aplikasi kamera pada umumnya di smartphone. Jika pertama kali menggunakannya pasti akan ada penyesuaian terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara menggunakan Open Camera di Android.

  1. Pertama-tama buka aplikasi Open Camera terlebih dahulu. Kemudian kamera hp akan aktif dan kita akan di sajikan dengan tampilan awal Open Camera.
  2. Setelahnya kita dapat melihat beberapa menu kamera. Menu Exposure Lock, Exposure Compensation, menu flash, Photo mode, Resolusi kamera, dan menu Camera Control. Yang berisi menu-menu lain, adalah hal pertama yang kita lihat dari atas. Seperti pengatur waktu, pengaturan foto, pengaturan video, dan pengaturan lanjutan lainnya
  3. Selanjutnya pada kamera yang aktif akan terlihat keterangan waktu saat itu juga dan sisa kapasitas internal hp. Keterangan tersebut tidak akan di tampilkan pada hasil foto atau saat mengambil gambar nantinya, karena belum di atur titik koordinatnya.
  4. Dan di bagian bawah terdapat beberapa menu di antaranya adalah zoom slider untuk mengatur zoom in atau zoom out pada kamera. Mode yang bisa di pilih (mode video dan mode foto), ada juga menu untuk mengganti bagian kamera yang aktif (kamera depan atau kamera belakang), serta menu untuk mengakses galeri.
  5. Untuk mengambil foto, gunakan mode foto. Sedangkan untukmerekam video menggunakan mode video seperti layaknya menggunakan aplikasi kamera pada umumnya.
  6. Selanjutnya potret atau rekam dengan tombol utama di Open Camera.

Cara Setting Open Camera Titik Koordinat

Salah satu keunggulan dari aplikasi Open Camera ini yaitu dapat menampilkan titik koordinat atau lokasi tempat kita mengambil foto. Informasi tersebut dapat di tampilkan pada hasil foto tersebut. Caranya sangat mudah! Berikut adalah cara setting dan menampilkan titik koordinat GPS Open Camera:

  1. Aktifkan terlebih dahulu GPS yang ada di HP.
  2. Setelah itu buka aplikasi Open Camera.
  3. Tap pada menu Setting yang ada di bagian atas atau berbentuk icon bergambar gerigi untuk membuka menu pengaturan lanjutan.
  4. Tap pilihan Location Settings.
  5. Lalu centang Store location data (Geotagging).
  6. Kemudian kembalilah ke menu sebelumnya.
  7. Lalu pilih menu Photo Settings.
  8. Scroll kebawah hingga kita menemukan bagian menu Photo Stamp, tap dan aktifkan Stamp Photos.
  9. Lalu tap pada menu Use addresses.
  10. Kemudian di situ akan tampil beberapa pilihan untuk menampilkan lokasi. Jadi kita bisa menampilkan nama alamat kita saja dengan memilih (Prefer address to GPS coords), atau menampilkan nama alamat sekaligus titik koordinat kita dengan memilih (Display address if possible, in addition to GPS coords), pilih salah satu sesuai dengan keinginan.
  11. Pastikan pada menu GPS stamp format sudah dalam pilihan Default atau pilihan Degrees/minutes/seconds, jangan sampai memilih pilihan None.
  12. Setelah itu kita bias mencoba mengambil foto seperti biasa.

Lalu lihat hasil fotonya di galeri. Maka di dalam foto tersebut akan tertera lokasi dan juga titik koordinat pada saat kita mengambil foto.

Baca juga “5 Aplikasi Cari Kontrakan atau Sewa Rumah Paling Populer”