Cara Membatasi Waktu Pengisian Kuis di Google Form

Cara membatasi waktu pengisian Google Form – Google memiliki banyak produk yang dapat membantu penggunanya menyelesaikan permintaan mereka. Salah satu produknya adalah Google Form, yang dapat di gunakan untuk mengumpulkan data dalam bentuk formulir. Alat Google Form sering di gunakan untuk memberikan soal ujian atau kuesioner kepada siswa. Alat tersebut juga dapat mengatur jumlah waktu yang di butuhkan siswa untuk mengerjakan soal dan meningkatkan kedisiplinan mereka. Namun, banyak orang masih bingung bagaimana membatasi waktu pengisian Google Form.

Dengan kata lain, sangat penting bagi kami untuk menemukan tombol “Pengaturan Waktu” karena termasuk fasilitas penting dalam layanan Form. Salah satu keuntungan menggunakan layanan Google Form adalah akses jangkauan yang praktis, kemudahan penggunaan, pengurangan kesalahan manusia, dan sistem bot yang canggih.

Baca Juga : Cara Pasang Iklan di Google lewat HP untuk Pemula

Cara membatasi waktu pengisian Google Form

Sebelum meluangkan waktu untuk menyelesaikan kuesioner atau pertanyaan Google Chrome, silahkan persiapkan pertanyaan dan jawabannya melalui formulir Google. Selanjutnya, Anda harus mengunduh Add Ons FormLimiter—PROD untuk bagian mengatur waktunya. Jadi, fdormLimiter ini akan memainkan peran penting dalam mengatur jadwal Google Form agar semua tugas dapat di selesaikan.

  • Anda harus membuka Google Chrome dan masuk ke Google Workspace Marketplace.
  • Cari “FormLimiter” di kotak pencarian. Klik “Install”, lalu konfirmasi “Lanjutkan”.
  • Nanti Anda akan di minta untuk mengakses akun Gmail Anda. Pilih akun Gmail Anda di sana atau klik Gunakan akun lain.
  • Tap tombol Izinkan setelah Anda menyusuri ke bawah.
  • Jika instalasi FormLimiter berhasil, notifikasi akan muncul.
  • Setelah itu, masuk ke Google Form dan pastikan semua pertanyaan telah di buat.
  • Setelah Anda klik tombol Tambahan, pilih FormLimiter. Menu akan muncul di pojok kanan bawah.
  • Atur Tipe Penghalang menjadi Date dan Time. Pertama, pilih Tanggal dan pilih kapan form ditutup. Kemudian, pilih Jam dan pilih berapa jam form ditutup.
  • Jika sudah, klik Save dan Enable.

Fungsi Google Form

Ketahui beberapa fungsi Google Form berikut ini karena layanan ini memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk penggunanya untuk berbagai kebutuhan, seperti bisnis, pekerjaan, atau perusahaan.

1. Membuat Survei

Salah satu fungsi utama layanan Google Form adalah untuk membuat kuesioner dalam bentuk formulir. Anda dapat mengisinya dengan kritik, ulasan, saran, umpan balik atau feedback, data evaluasi, dan bahkan kebutuhan formulir untuk penelitian. Fungsi kuesioner Google Form ini sering di gunakan dalam pendidikan, bisnis, dan penelitian ilmiah.

2. Formulir untuk Mendaftar untuk Kerja

Untuk membuat formulir pendaftaran kerja, Google Form memiliki fungsi kedua. Karena banyaknya bisnis atau kantor yang mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi saat ini, banyak bidang pekerjaan saat ini beroperasi secara remote dan online. Hal ini membuat banyak bisnis menggunakan layanan ini untuk membuka lowongan kerja secara online.

Fungsi Google Form tidak hanya lebih efisien dan cepat, tetapi juga mampu menjangkau lebih banyak kandidat dengan kualifikasi yang lebih baik. Dengan demikian, perusahaan dapat mendapatkan sumber daya yang lebih berkualitas dan memaksimalkan operasinya untuk mencapai tujuan atau keuntungan.

3. Lembar Tugas

Google Form juga dapat di gunakan untuk membuat formulir pengisian untuk lembar kerja. Informasi atau data yang di gunakan biasanya terkait dengan formulir untuk mengunggah dokumen, tugas sekolah, baik dalam bentuk pilihan ganda atau esai, dan lainnya.