Urutan Prosesor Mediatek dari yang Rendah hingga Tertinggi

Urutan Prosesor Mediatek – Dengan banyaknya prosesor yang di keluarkan, mengetahui urutan prosesor MediaTek dari terendah hingga tertinggi adalah pilihan yang baik jika ingin membeli smartphone baru karena MediaTek mampu menghasilkan prosesor dengan performa yang tinggi yang cocok untuk penggunaan dalam game dan multitasking.

MediaTek Dimensity 9300 menerima peringkat A+ dari Nanoreview dan di anggap sebagai prosesor terbaik pertama pada tahun 2024. Chipset ini merupakan salah satu dari chipset MediaTek terbaru yang di anggap sebagai pesaing terkuat Snapdragon 8 Gen 3. Untuk memaksimalkan performanya, chipset ini menggunakan konfigurasi 8 inti CPU High-performance. Dengan arsitektur Armv9, chip ini menawarkan konfigurasi CPU 8 inti yang sangat kuat, termasuk core prime Cortex-X4 berkecepatan 3,25 GHz, tiga core Cortex-X4 berkecepatan 2,85 GHz, dan empat core Cortex-A720 berkecepatan 2,0 GHz.

Skor tinggi menunjukkan kemampuan luar biasanya, mencapai 2249/7600 di Geekbench 6 dan 2262410 di AnTuTu 10. MediaTek Dimensity 9300 memiliki GPU Immortalis-G720 MC13 12 core yang mendukung ray tracing berbasis hardware dan memiliki fabrikasi 4 nanometer generasi ketiga dari TSMC.

MediaTek mengatakan Dimensity 9300 menggunakan 33% lebih sedikit daya daripada Dimensity 9200 dengan kinerja yang sama. Menurut mereka, GPU Dimensity 9300 memiliki kinerja 46% lebih baik dan penghematan daya 40% lebih besar daripada GPU Dimensity 9200. Dimensity 9300 adalah prosesor MediaTek terbaik, mengalahkan Snapdragon 8 Gen 3, menurut skor AnTuTu 2272462.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi IC Sinyal yang Rusak

Urutan Prosesor Mediatek

Berikut ini adalah urutan prosesor MediaTek, diurutkan berdasarkan seri dan berdasarkan performanya, dari terendah hingga tertinggi, yang dapat Anda gunakan sebagai referensi saat memilih smartphone. Baca lebih lanjut di bawah ini!

1. Helio P

Helio P Series di katakan memiliki kapasitas untuk menghemat baterai tanpa mengurangi kinerja smartphonenya yang ramping. Di kenal sebagai “seluruhnya”, itu banyak digunakan oleh produsen ponsel menengah ke bawah.

2. Helio X

Prosesor ini masuk ke dalam kelas atas MediaTek, meskipun terdengar asing karena belum banyak digunakan. Namun, meskipun performanya yang cukup baik, prosesor ini sebenarnya lebih baik daripada prosesor lain yang sudah lebih baik.

3. Helio G

Karena nama seri Helio G sering digunakan pada smartphone mid-range yang tersedia di pasar, pasti banyak orang yang mengenalinya. Ada beberapa varian dari seri Helio G yang cocok untuk ponsel low-end, tetapi performanya cukup baik untuk bermain game dan menjadi salah satu pilihan untuk mereka yang menginginkan kinerja tinggi.

4. Helio A

Helio Series A bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi di pasar ponsel murah. Tetapi chipset ini memiliki fitur seperti Bluetooth 5.0 dan memori LPDDR4X yang memiliki kinerja CPU lebih cepat 30% dan GPu 72%.

5. Helio MT

Pabrikan juga membuat chipset dalam seri alternatif selain seri flagship dan mid-range. seperti chipset MT Series, yang berfokus pada pengembangan prosesor quad-core untuk smartphone berbasis 4G.

6. Dimensity

Menggunakan teknologi 5G, seri Dimensity, yang merupakan prosesor terbaru dari MediaTek, memiliki performa yang luar biasa yang mampu bersaing dengan proses lain di luar sana. Performanya yang luar biasa ini membuat banyak smartphone flagship menggunakannya. Ada juga kelas mid-range yang menggunakan seri Dimensity ini, tergantung pada harga dan variasi.