permainan untuk anak

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga menyukai bermain game yang seru. Salah satu game terbaik untuk anak-anak ini adalah game edukasi. Ada begitu banyak pilihan game yang bisa mereka mainkan, tapi ada 4 game edukasi terbaik untuk anak yang bisa membantu belajar dan tidak merasa bosan. Berikut ulasannya.

1. Math Motion : Cupcake!

game edukasi terbaik

Matematika memang menjadi momok menakutkan untuk anak. penambahan, pengurangan hingga perkalian begitu memusingkan. Namun, dengan hadirnya game matematika yang satu ini, pelajaran menakutkan tersebut akan menjadi lebih asik dan menarik. Anak-anak nantinya akan menjalankan bisnis cupcake yang jauh dari kata bosan.

Disini, mereka akan menghitung, memenuhi pesanan hingga membayar pinjaman supaya bisnis yang mereka kelila dapat berjalan dengan baik.

Anak-anak juga akan lebih memahami penggunaan hitungan dalam kehidupan sehari-hari. hal ini tentu akan membantunya berlatih menghitung. Sesuatu yang tidak mereka sukai justru akan mereka tunggu dengan antusias berkat game yang satu ini.

2. Brain Out

brain out

Jika anak-anak lebih suka berpikir dan mencoba berbagai hal menarik, kamu bisa membiarkannya bermain game Brain Out. Game yang satu ini akan mengasah kemampuan berpikir dan analisa anak. namun, game tersebut juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. bahkan, orang dewasa belum tentu dapat menyelesaikan setiap level yang mereka mainkan. Tapi, tak ada salahnya untuk membantu anak untuk berpikir dengan permainan ini. meskipun sulit, tapi game tersebut bikin penasaran, hingga kamu akan berusaha menemukan jawaban yang benar. Jangan lupa untuk tidak melihat kunci jawaban.

3. Peak – Brain Training

permainan untuk anak

Aplikasi game edukasi terbaik selanjutnya adalah  Peak – Brain Training. Game yang satu ini akan membantu anak untuk meningkatkan kemampuannya dalam belajar. Ada sekitar 45 game yang super seru yang dapat mereka mainkan. Beberapa diantaranya adalah, game untuk melatih fokus perhatian, kreativitas, matematika, mengasah memori, memecahkan masalah, bahasa, menguji mental, kontrol emosi , hingga koordinasi.

Dengan begitu, orang tua dapat mengetahui di mana anak paling menguasai sesuatu, dan di bagian game apa yang paling mereka sukai. Orang tua dapat terbantu untuk mengarahkan anak pada kemampuan dan bakatnya. Mereka akan dapat berkembang lebih maksimal. Yang menarik adalah pemain dapat bersaing dengan para anggota lain, sehingga mereka akan saling tertantang.

Canggihnya, permainan ini bahkan memiliki fitur pelatihan otak kognitif dengan berbagai game dari berbagai peneliti ahli universitas ternama. Tenang saja, tingkat kesulitannya bahkan bisa kamu atur sesuai dengan kemampuan anak.

4. Game Edukasi Terbaik: Where’s My Water?

game edukasi terbaik

Selain matematika, fisika adalah pelajaran lain yang banyak anak-anak benci. Namun, game edukasi terbaik yang satu ini dapat membuat fisika menjadi lebih menyenangkan. Setiap level yang ada pada game tersebut merupakan teka teki yang khusus dibuat berdasarkan fisika. Gamenya cukup menantang dan menyenangkan.  

Anak-anak tentu akan suka, karena game tersebut memiliki karakter dan cerita yang original dan menarik. Ada 4 cerita yang terdapat pada game ini, yakni Mystery Duck, Alice, Swampy, hingga Cranky. Bahkan, game ini juga mempunyai teka teki dengan jumlah 500 lebih. Game tersebut sungguh akan membantu menstimulasi otak anak.

Itulah beberapa game edukasi terbaik untuk anak yang dapat mereka mainkan. Belajar menjadi hal menarik yang selalu mereka tunggu. Hal menyenangkan akan membuat belajar menjadi terasa lebih asik dan disukai. Itu sebabnya, penting untuk memilih game seperti ini.

BACA JUGA: Game RPG Android Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan!

By Intan