Cara Mudah Melakukan Instalasi OpenWrt di TP-Link

Epic99.com – Cara mudah melakukan instalasi OpenWrt di TP-Link. Kamu bisa mengganti Firmware Ori Tp-Link ke Firmware miliki OpenWrt agar bisa menjalankan tool inject seperti Wireguard, Shadowsocks dan juga OpenVpn.

Di sini akan di jelaskan mengenai OpenWrt dan juga cara instalasinya untuk memudahkan kamu mempraktekannya secara langsung.

1. Apa itu OpenWrt ?

OpenWrt meupakan sebuah sistem operasi distribusi GNU / Linux yang berbasis firmware. Sistem operasi ini di gunakan untuk perangkat yang tertanam terutama pada perangkat router.

Selain itu, OpenWrt menggunakan antarmuka dari baris perintah, namun tetap memiliki antarmuka WEB yanag selalu meningkat. Dukungan teknis juga di sediakan pada kebanyakan proyek perangkat lunak bebas melalui forum dan saluran IRC.

Awalnya OpenWrt memiliki dukungan yang terbatas pada model Linksys WRT54G. Namun semanjak mengalami ekspansi yang cepat, OpenWrt menyediakan dukungan untuk perangkat lainnya seperti D-Link, ASUS, Netgear, dan lain sebagainya.

Komponen dari sistem OpenWrt juga tentunya memiliki ukuran yang sudah di optimalkan sehingga sangat muat untuk penyimpanan perangkat yang terbatas.

2. Kenapa Harus Menggunakan OpenWrt?

OpenWrt sendiri di rancang untuk memperkaya fitur – fitur yang sebelumnya tidak di temukan pada router rumahan biasa. Oleh karenanya, beberapa keunggulan di bawah ini menjadi alasan utamanya kenapa harus menggunakan OpenWrt.

  1. Sistem operasi ini menyediakan berbaggai paket yang diap untuk dipasang. Selain itu, nantinya kamu bisa memasang paket tersebut sesuai dengan kebutuhan sekaligus untuk menambah fitur yang tidak tersedia sebelumnya.
  2. OpenWrt sangat stabil. Hal ini di karenakan OpenWrt di bangun berdasarkan kernel Linux yang sudah sesuai dengan kinerja maupun stabilitasnya yang di gunakan di berbagai server.
  3. Selain itu, OpenWrt merupakan proyek opensource dan gratis yang dapat di gunakan tanpa harus mengeluarkan biaya apapun. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terkena lisensi. Bahkan kamu juga bisa ikut menjadi kontributor untuk mengembangkan OpenWrt ini.

3. Instalasi OpenWrt di Tp-Link

Sebelum melakukan penginstalan OpenWrt di Tp-Link, pastikan kamu sudah mendownload terlebih dahulu file filmware OpenWrt di internet. Selain itu kamu juga bisa mendownloadnya di link yang sudah di sediakan. Kamu bisa menyesuaikan dengan model modem yang kamau miliki. Download Firmware OpenWrt.

Cara Instalasi OpenWrt

  1. Lakukan login terlebih dahulu ke router tp-link yang kamu miliki dengan mengetikkan IP address ke browser.
  2. Lalu masuk ke Firmware OpenWrt yang sebelumnya sudah di download.
  3. Pilih file kemudian klik Upgrade untuk mengupgrade firmware.
  4. Tunggulah beberapa saat hingga proses upgrade telah selesai.
  5. Proses upgrade yang sudah selesai akan di tandai dengan tp-link yang otomatis restart. Namun setelah proses restart selesai, maka kamu tidak akan bisa membuka web guinya. Untuk itu kamu perlu menginstall terlebih dahulu luci web gui.
  6. Caranya dengan membuka putty, lalu masukan ip 192.168.1.1 dengan port:22. Jangan lupa untuk pilih ssh kemudian klik open.
  7. Setelah putty terbuka, ketiklah vi/etc/config/network lalu enter.
  8. Selanjutnya gantilah IP Option ipaddr menjadi IP network yang kamu miliki.
  9. Jika sudah kamau bisa keluar dengan mengklik tombol “esc”.
  10. Selanjutnya ketiklah :wq lalu enter.
  11. Ketik /etc/init.d/network restart lalu enter.
  12. Kemudian Ketik opkg update dan kemudian enter.
  13. Ketik opkg instal luci lalu enter.
  14. Selanjutnya kelik /etc/init.d/uhttpd enable lalu klik enter.
  15. Terakhir ketiklah /etc/init.d/uhhtpd start kemudian enter.
  16. Proses Instalasi OpenWrt telah selesai dan kamu bisa membuka browser dengan mengetikkan Ip addrees 162.168.1.1

Itulah beberapa informasi dan cara instalasi OpenWrt di TP-Link yang bisa kamu praktekan secara langsung di rumah.***