Advertisements

Epic99.com – 7 Tips merawat HP agar tidak mudah mengalami kerusakan. Smartphone saat ini hampir di butuhkan oleh semua kalangan masyarakat. Bahkan smartphone sendiri selalu di gunakan setiap saat 24 jam oleh para penggunanya. Hal ini tentunya akan membuat HP lebih rentan mengalami kerusakan.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada HP yang kamu miliki, tentunya merawat HP memang sangat di wajibkan untuk memperpanjang masa penggunaan gadget yang satu ini.

7 Tips Merawat HP Agar Tidak Mudah Mengalami Kerusakan

Meski harga HP yang kamu miliki itu sangat mahal sekalipun, namun tidak menutup kemungkinan jika kerusakan akan tetap terjadi. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu tiru untuk merawat HP agar tidak mudah mengalami kerusakan.

1. Gunakan Charger Original

Tips pertama yang bisa kamu lakukan agar HP tetap awet adalah dengan selalu menggunakan charger yang original. Dengan menggunakan charger yang tidak ori tentu akan membuat spesikasi baterai menjadi menurun.

Hal ini di karenakan charger yang palsu tidak memiliki kecocokan dengan baterai HP yang kamu miliki.

2. Hindari Penggunaan di Tempat Panas

Pastikan kamu tidak menggunakan HP di dekat suhu yanag panas. Suhu yang di anjurkan untuk bisa menggunakan HP yaitu berkisar antara 16 hingga 30 derajat celcius.

Selain itu, sebaiknya kamau menyimpan dan menggunakan HP di tempat yanag aman. Akan lebih baik jika di gunakan dalam ruangan dengan suhu yang normal.

3. Isi Daya sesuai Kebutuhan

Agar performa HP yang kamu miliki tetap terjaga, perawatan lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengisi daya secukupnya. Jangan membiarkan baterai HP yang sudah terisi penuh masih tercolok kabel USB dengan aliran listrik.

Isi daya sesuai kebutuhan

Baterai yang masih mendapatkan arus listrik meskipun sudah penuh mengakibatkan baterai menjadi tidak stabil. Hal ini yang biasa menjadi pemicu beberapa kasus baterai HP yang mengembung.

Baca Juga:  Blokir Iklan Menggunakan Fitur Private DNS : Android & IOS Masuk!

Sebaiknya mengisi daya antara 30 hingga 80 persen saja agar voltase tetap rendah dan baterai HP menjadi lebih awet.

4. Hindari Bermain Games Saat Sedang Mengisi Daya

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga HP agar tidak mudah rusak adalah dengan tidak bermain game saat sedang mengisi daya.

Biasanya saat bermain game dapat berpotensi menghabiskan RAM dan juga CPU pada HP. Kemudian jika kamu bermain game saat sedang mengisi daya, tentunya akan membuat HP bekerja lebih ekstra lagi dan hal ini tentunya bisa menurunkan performa pada HP.

5. Update Sistem Operasi (OS)

Selalu lakukan update OS untuk menjaga HP agar berjalan lebih cepat dan normal. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika sering melakukan update OS mulai dari memperbaiki masalah keamanan, memperbaiki bug, meningkatkan kinerja, hingga penambahan fitur – fitur terbaru.

update sistem OS

Biasanya smartphone akan memberikan notifikasi jika terdapat pembaruan OS, untuk itu kamu bisa melakukannya jika mendapat notifikasi pembaruan OS pada smartphone.

6. Menggunakan Antivirus

Penting untuk kamu menggunakan antivirus untuk menghindari masuknya virus kedalam smartphone. Pastikan kamu rutin melakukan bersih – bersih pada HP yang kamu miliki minimal 3 hari sekali. Hal ini bertujuan agar performa kerja pada smartphone tidak mudah menurun.

7. Merawat Software atau Aplikasi

Aplikasi menjadi bagian utama adalam smartphone. Oleh karena itiu, tentunya aplikasi dalam ponsel sangat membutuhkan perhatian bagi semua penggunanya.

7 Tips Merawat HP merawat software

Lakukan cara di bawah ini untuk merawat software atau aplikasi yang ada di ponsel kamu untuk mempertahankan kinerja ponsel itu sendiri.

  • Perhatikan RAM dan juga spesifikasi
  • Pastikan hanya menginstall aplikasi yang di butuhkan saja
  • Jangan mendownload aplikasi dari sumber yang tidak di kenal.
  • Gunakan antivirus yang terbukti memiliki rating tinggi
Baca Juga:  Cara Bermain Capsa Susun Bagi Pemula

Itulah 7 tips yang bisa kamu tiru untuk merawat HP agar tidak mudah mengalami kerusakan. Intinya penggunaan HP harus sedikit di batasi dan jangan terlalu berlebihan agar performa pada ponsel dapat tetap terjaga.***