Epic99.com – Cara translate gambar dan video menggunakan Google Lens. Keterbatasan penggunaan bahasa asing terkadang memberikan masalah tersendiri dan tidak jarang bisa menghambat suatu pekerjaan. Oleh karenanya sebagian dari kita memilih translate bahasa untuk mengetahui bahasa yang tidak kita mengerti.

Translate sendiri merupakan kegiatan menerjemahkan bahasa lain dengan mudah. Jika biasanya kita menggunakan kamus yang sangat tebal, sekarang kamu hanya membutuhkan perangkat yang terkoneksi dengan internet.

aplikasi google lens

Selain itu translate bahasa secara online sudah banyak di gunakan bahkan hampir seluruh pengguna internet di seluruh dunia.

Salah satu situs yang sering di gunakan untuk melakukan translate bahasa adalah Google Translate. Situs yang satu ini juga terbilang yang pertama memberikan pelayanan translate bahasa dengan menggunakan akses internet.


Apa itu Google Lens ?

Google Lens merupakan aplikasi yang di bangun untuk memberikan infomasi yang relevan berdasarkan penggunaaan analisis visual. Selain itu, Google Lens sendiri memungkinkan kamu untuk bisa melakukan hal – hal yang di perintahkan oleh smartphone.

translate menggunakan google lens

Di mana nantinya kamu diharuskan untuk mengarahkan kamera smartphone ke objek yang bertuliskan bahasa asing. Kemudian tunggulah beberapa saat hingga Google Lens berhasil menerjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia.

Bahkan proses yang berjalan juga sangat mudah dan cepat. Oleh karenanya Google Lens menjadi aplikasi yang banyak di gunakan untuk melakukan translate bahasa asing.


Translate gambar dan video menggunakan Google Lens

Untuk bisa melakukan translate bahasa asing menggunakan Google Lens terbilang sangat mudah. Berikut ini beberapa langkah yang untuk melakukan translate gambar dan video bahasa asing menggunakan Google Lens.

memilih bahasa untuk melakukan translate

Pengguna Android

  • Langkah pertama kamu bisa memulai dengan download dan instal aplikasi Google Lens di Google PlayStore.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses download selesai.
  • Selanjutnya kamu bisa langsung membuka aplikasi dan menggser opsi yang ada di bagian bawah layar untuk bisa melakukan translate bahasa.
  • Kemudian klik ikon gambar yang memiliki teks bahasa asing untuk mengunggah gambar dengan teks yang ingin di translate.
  • Selain itu alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengambil gambar maupun video secara langsung.
  • Namun pastikan gambar dan video yang kamu ambil meemiliki teks bahasa asing didalamnya.
cara translate menggunakan google lens

Pengguna iOS

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk melakukan translate bahasa asing menggunakan Google Lens adalah dengan mendownload dan menginstall aplikasinya terlebih dahulu.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses instalasi selesai.
  • Sebelum itu pastikan kamu juga sudah mengetahui bahwa tidak ada aplikasi Google Lens mandiri untuk kamu pengguna iOS.
  • Selanjutnya kamu bisa membuka aplikasi Google Lens yang sudah di download sebelumnya.
  • Masuklah pada halaman beranda dan klik ikon Google Lens yang berada si samping ikon mikrofon.
  • Kemudian nantinya kamera iPhone akkan terbuka secara otomatis.
  • Geser opsi yang ada di bagian bawah layar untuk melakukan translate.
  • Selanjutnya klik ikon gambar untuk mengunggah gambar dengan teks bahasa asing untuk dilakukan translate.
  • Selain itu kamu juga bisa langsung membidik gambar atau video secara langsung dengan mengarahkan kamera ke teks bahasa asing yang ingin dilakuakn translate.
Baca Juga:  Cara Mengatasi 500 Internal Server Error pada WordPress

Note : Kedua cara tersebut secara otomatis akan mendeteksi bahasa teks dan menerjemahkan kedalam bahasa yang sudah di pilih. Selain itu kamu juga bisa menerjemahkannya kedalam bahasa apapun yang kamu pilih.

Itulah beberapa tutorial yang bisa kamu praktekkan untuk melakukan translate teks bahasa asing dari gambar maupun video menggunakan aplikasi Google Lens.***