Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Digital Tanpa Aplikasi Tambahan

Epic99.com – Membuat tanda tangan digital tanpa aplikasi tambahan. Perkembangan teknologi membuat hampir semua aktifitas berjalan secara online. Baik dari sektor industri, pendidikan, kesehatan, hampir semua sudah bercampur dengan kecanggihan teknologi di dalamnya.

Salah satu dampak kecanggihan teknologi yang mungkin hampir di rasakan oleh semua sektor adalah file yang di buat dalam bentuk digital. Hal tersebut di sebabkan oleh banyak faktor mulai dari pembuatannya yang praktis dan ringkas, kemudahan dalam membaca, serta memberikan hasil yang terbilang sangat rapih.

digital signature

Namun kemudahan tersebut seringkali tidak bisa di rasakan secara keseluruhan. Biasanya dalam sebuah file terutama yang berbentuk surat, akan di bubuhkan tanda tangan yang juga di buat secara digital. Hal inilah yang terkadang membuat pengguna menjadi bingung bagaimana cara membuat tanda tangan secara digital.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan mengenai tutorial membuat tanda tangan digital tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Berikut ulasannya !

1. Fungsi Tanda Tangan

Tanda tangan merupakan salah satu hal yang terbilang penting dalam sebuah file dokumen terutama yang berbentuk surat menyurat. Selain itu tanda tangan juga berfungsi sebagai bukti dari identitas diri, menjaga integritas dokumen, serta sebagai bukti persetujuan dari surat yang beredar.

Meskipun file dokumen di bentuk berupa digital, namun tetap saja tanda tangan di butuhkan untuk menunjukan file tersebut menjadi resmi. Oleh karena itu cara membuat tanda-tangan digital memang di butuhkan dalam sebuah file digital.

2. Tanda Tangan Digital

Jika kamu masih pemula dan cenderung bingung mengenai cara membuat tanda-tangan digital. Sekarang tidak perlu khawatir, karena cara membuat tanda-tangan digital ini sangatlah mudah dan bahkan kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan.

digital signature

Nantinya kamu hanya menggunakan situs Online Signature yang bisa kamu akses melalui browser apapun yang kamu miliki. Selain itu kamu juga hanya membutuhkan waktu yang sangat sebentar untuk membuat tanda-tangan digital tersebut serta tidak memerlukan akun untuk masuk kedalam situsnya.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Disk Error pada Windows 10

3. Tutorial

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan untuk membuat tanda tangan digital dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka situs Online Signature menggunakan browser pada perangkat mobile maupun PC.
  • Kemudian jika kamu sudah masuk dalam halaman utama situs tersebut, kamu bisa pilih menu Draw Signature.
  • Nantinya saat kamu sudah masuk pada menu Draw Signature maka selanjutnya kamu bisa menggambarkan tanda tangan pada kolom Draw Your Signature.
gambar tanda tangan digital
  • Kamu juga bisa memanfaatkan fitur lainnya berupa tombol Clear apabila tanda tangan yang kamu buat terdapat kesalahan ataupun kamu merasa tidak sesuai dengan keinginan.
  • Kemudian jika tanda tangan yang kamu buat tersebut sudah benar dan sesuai keinginan, maka kamu bisa klik tombol Save.
  • Selanjutnya kamu bisa klik Download Signature untuk menyimpan tanda tangan yang sudah kamu buat sebelumnya agar tersimpan dalam perangkat.
download tanda tangan
  • Nantinya file tanda tangan tersebut akan tersiimpan dalam bentuk PNG disertai dengan background yang transparan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tanda-tangan digital. Kamu hanya membutuhkan akses internet, dan selanjutnya akan mendapatkan tanda-tangan digital yang sesuai dengan keinginan.

Dikarenakan file tanda tangan digital tersebut dalam bentuk file PNG disertai dengan background yang transparan, maka kamu akan dengan mudah menambahkannya ke dalam file word untuk pelengkap file dokumen.***