Deepin OS : Distro Linux yang ringan dengan tampilan memukau

Epic99.com – Distro Linux Deepin OS. Linux menjadi salah satu sistem operasi yang banyak di gunakan. Tidak hanya untuk profesional saja, saat ini banyak pemula yang beralih ke OS Linux. Hal ini di karenakan Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source sehingga bisa di lakukan modifikasi oleh penggunanya.

Selain itu Linux sendiri sudah banyak distribusinya dengan kelebihan yang berbeda-beda. Deepin OS menjadi salah satu distro Linux yang layak untuk kamu gunakan. Dengan berbagai kelebihan yang di miliki. Deepin OS terbilang mudah di gunakan meski untuk pemula sekalipun.

Pada artikel kali ini akan di bahas mengenai Deepin OS sebagai Distro Linux yang ringan dan memiliki tampilan memukau. Berikut ulasannya !


Apa itu Deepin OS?

Apa itu Deepin OS?

Untuk kamu yang masih awam, Deepin OS merupakan salah satu distro Linux yang berasal dari China dan di kembangkan berdasarkan Debian. Selain itu Deepin OS sendiri menggunakan tampilan Deepin Dekstop Environment. Distro Linux yang satu ini menggunakan basis dengan format aplikasi .DEB. Hal ini di karenakan masih termasuk keluarga Debian.

Deepin OS terbilang cukup stabil dan ringan. Di mana kelebihan lainnya yakni tampilannya yang cukup bening dan memukau dan sekilas serupa dengan MacOS.


Keunggulan Deepin OS

Menjadi salah satu distro Linux yang di rekomendasikan untuk kamu gunakan. Deepin OS tentunya memiliki kelebihan tersendiri sehingga bisa di katakan sebagai salah satu distro Linux terbaik. Berikut ini beberapa kelebihan Deepin OS untuk kamu ketahui :

Keunggulan Deepin OS
  • Berbasis Debian
    Sehingga memudahkan pengguna untuk tidak menambahkan aplikasi populer lainnya karena sudah otomatis tersedia.
  • Memiliki tampilan yang memukau
    Di lengkapi dengan Deepin Dekstop Environtment, distro Linux yang satu ini memiliki tammpilan yang serupa dengan MacOS.
  • 2 Mode
    Tersedia 2 mode tampilan yang bisa kamu gunakan yakni Fashion Mode dan Efficient Mode.
  • Tersedia Color Accent
    Memungkinkan kamu bisa mengganti tampilan warna dengan mudah dan bisa di kustom.
  • Aplikasi Bawaan yang inovatif
    Deepin OS di lengkapi dengan berbagai aplikasi bawaan yang terbilang cukup bermanfaat. Sehingga dalam hal ini kamu tidak perlu lagi sibuk menginstalnya.
Baca Juga:  Zorin OS, Sistem Operasi Alternatif Bagi Pengguna Windows

Kelemahan Deepin OS

Meskipun banyak kelebihan yang bisa kamu rasakan dalam penggunaan Deepin OS, buka berarti kamu tidak menemukan kekurangan di dalamnya. Jika kamu ingin menggunakan Deepin OS, sebaiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa kelemahannya seperti di bawah ini :

Kelemahan Deepin OS
  • Tidak tersedia repository terbaru
    Di karenakan menggunakan basis Debian, meskipun terbilang lebih stabil namun kamu tidak mendapatkan software yang terbaru. Sehingga untuk mendapatkan repository terbaru, kamu membutuhkan trik khusus agar bisa menginstalnya.
  • Mode Live
    Deepin OS merupakan salah satu distro Linux yang tidak bisa di tes secara live. Sehingga kamu di haruskan untuk melakukan instalasi terlebih dahulu untuk merasakan fitur di dalamnya.
  • Cepat panas
    Merupakan salah satu kelemahan yang di miliki oleh Deepin OS yakni lebih panas jika di bandingkan dengan distro Linux lainnya.

Cara instalasi aplikasi di dalam Deepin OS

Dalam penggunaan aplikasi di Deepin OS, tentunya kamu bisa mendownload dan menginstal dengan mudah. Selain itu ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendownload aplikasi di Deepin OS. Berikut ini beberapa di antaranya :

Cara instalasi aplikasi di dalam Deepin OS

1. Deepin AppStore

Tersedia AppStore yang mudah di gunakan. Sehingga nantinya kamu hanya perlu browsing dan menginstal dengan cara yang sama seperti PlayStore maupun AppStore.

2. Installer .DEB

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mendownload aplikasi di Deepin OS adalah melalui Installer .DEB. Di mana format .DEB sendiri terbilang memiliki dukungan yang baik. Selain itu sudah banyak aplikasi populer yang menggunakan format .DEB. Nantinya kamu hanya perlu mendownload format installer dengan format .DEB untuk kemudian menginstallnya.

3. Terminal

Menginstal aplikasi menggunakan terminal cukup banyak di gunakan oleh pengguna Linux. Hal ini di karenakan kemudahannya bahkan jika kamu pemula sekalipun. Di mana kamu hanya perlu membuka terminal dan menjalankan perintah sudo apt install (namaaplikasi).

Baca Juga:  Cara Mudah Mendapatkan Kode Generator Facebook Via Email

4. Menggunakan AppImage

Untuk kamu ketahui, format AppImage sendiri merupakan format aplikasi yang cukup portable sehingga kamu tidak perlu menginstalnya pada Deepin OS. Jika ingin menginstal aplikasi menggunakan cara ini, kamu hanya perlu menjalankannya dengan double klik pada nama file.


Itulah beberapa penjelasan mengenai Deepin OS untuk kamu ketahui. Oleh karenanya jika sudah mengetahui keunggulan dan kelemahan dari distro Linux yang satu ini, nantinya kamu bisa memutuskan apakah ingin tetap menggunakannya atau tidak.***