4 Cara Menghapus Cache iPhone untuk Kinerja Maksimal

Epic99.com – Cara menghapus cache iPhone. Produk Apple terbilang selalu unggul di pasaran. Seperti contohnya iPhone, meskipun di jual dengan harga mahal, namun sama sakali tidak menarik minat pembeli yang ingin menggunakannya. Hal ini di karenakan iPhone di lengkapi dengan beragam fitur menarik dengan keamanan terjamin.

Namun serupa dengan perangkat pada umumnya, iPhone tentu seringkali memakan cache saat membuka aplikasi sehingga bisa berpengaruh pada performa jika cache di biarkan begitu saja.

Untuk itu, penting bagi pengguna untuk rutin menghapus cache sehingga tidak membuat kinerja iPhone menjadi lemot. Terlebih ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk menghapus cache dengan mudah. Simak beberapa penjelasan di bawah ini !

Cara menghapus cache di iPhone

Seperti pada penjelasan sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menghapus cache iPhone. Dengan begitu kamu bisa menggunakan cara manapun sesuai dengan keinginan.

1. Melalui data aplikasi

Aplikasi yang di instal pada perangkat iPhone seringkali membawa cache. Nah cara untuk menghapusnya sendiri terbilang cukup mudah untuk dipraktekkan. Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Langkah pertama adalah dengan masuk ke pengaturan atau settings iPhone terlebih dahulu.
  • Pilih opsi General lalu klik iPhone Storage.
  • Jika data telah melebihi kapasitas 500 MB, maka kamu bisa menghapusnya dengan tap Delete App lalu setujui.
  • Jika aplikasi sudah di hapus, maka kamu bisa menginstal kembali aplikasi tersebut melalui AppStore.
  • Namun sebagai alternatif, kamu bisa hanya menghapus cachenya saja pada menu yang sama.

2. Melalui Safari

Serupa dengan Google Chrome, Safari adalah aplikasi browser yang hanya ada pada perangkat Apple. Di mana dengan Safari, kamu bisa menghapus cache agar kinerja iPhone menjadi lebih cepat. Namun untuk menghapus cache di Safari, pastikan terlebih dahulu kamu sudah melakukan login menggunakan email. Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Bukalah aplikasi Safari di iPhone.
  • Selanjutnya masuk pada aplikasi dan pilih Settings.
  • Kemudian masuk ke Account & Passwords.
  • Pilih Clear History and Website Data.
  • Lakukan konfirmasi dengan klik opsi Clear History dan Data.

3. Menggunakan aplikasi Phone Cleaner

Cara lainnya yang bisa di praktekkan untuk menghapus cache iPhone yakni menggunakan aplikasi tambahan. Selain itu ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bermanfaat untuk menghapus cache pada iPhone. PhoneCleaner merupakan salah satu yang direkomendasikan karena efektif menghapus sampah. Terlebih lagi cara penggunaannya cukup mudah dan tersedia di AppStore.

  • Download dan install aplikasi PhoneCleaner.
  • Selanjutnya bukalah aplikasi.
  • Lakukan penghapusan sampah cache pada iPhone dengan cara klik Bersihkan.

Download PhoneCleaner

4. Melalui aplikasi Cleanfox

Aplikasi lainnya yang direkomendasikan untuk menghapus sampah pada iPhone adalah Cleanfox. Di mana aplikasi ini bisa di gunakan dengan mudah dan gratis. Selain itu tersedia fitur untuk membersihkan sampah ssecara general saja. Sehingga kamu bisa memfilter sampah mana saja yang ingin di bersihkan.

Download Cleanfox

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan cache atau sampah pada perangkat iPhone. Semua cara yang di berikan sangat mudah untuk di praktekkan. Sehingga dengan menghapus cache pada iPhone memungkinkan penggunaannya menjadi lebih ringan dan performanya jauh dari istilah lemot. Selamat Mencoba !

Baca Juga :

***