Pengertian True Tone pada iPhone dan Cara Mengaktifkannya

Epic99.com – True Tone iPhone. Banyak dari pengguna iPhone yang belum mengerti apa itu true tone iPhone. Memang istilah ini belum cukup familiar dan tidak banyak di gunakan. Namun berdasarkan fungsinya, true tone sangat bermanfaat untuk penggunanya.

True tone iPhone sendiri memungkinkan perangkat agar bisa menyesuaikan kecerahan layar iPhone dengan lingkungan di sekitarnya. Hal ini akan berpengaruh pada mata sehingga tidak mudah lelah saat menatap layar dalam waktu yang lama.

Nah untuk kamu yang masih belum paham tentang fitur ini, kami akan memberikan penjelasan sekaligus bagaimana cara mengaktifkannya. Simak ulasan berikut hingga akhir !

Pengertian True Tone iPhone

True Tone adalah salah satu fitur yang pertama kali muncul pada produk Apple yakni iPad Pro tahun 2016. Selanjutnya fitur tersebut di integrasikan pada iPhone di mulai dari seri ke 8. Fitur True Tone menggunakan sensor yang bisa menyesuaikan layar ponsel dengan lingkungan sekitar.

Selain itu kamu juga bisa mengatur True Tone agar bisa menyala secara default. Dengan begitu nantinya perangkat bisa menyesuaikan warna dengan cahaya. Hal ini tidak terlepas dari Apple yang memang mengklaim akan menjaga warna dan intensitas pada perangkat agar tetap selalu konsisten.

Cara mengaktifkan True Tone iPhone

Setidaknya ada 2 cara yang bisa di praktekkan untuk bisa mengaktifkan True Tone pada iPhone. Kamu bisa menggunakan cara mana saja sesuai keinginan. Berikut tutorialnya :

1. Melalui Pengaturan Ponsel

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka menu Pengaturan pada iPhone.
  • Selanjutnya pilih opsi Tampilan & Kecerahan.
  • Tterakhir pilih True Tone dan aktifkan.

2. Melalui Pusat Kontrol

Selain melalui Pengaturan ponsel, kamu bisa mengaktifkan True Tone melalui pusat kontrol. Langkahnya juga cukup mudah seperti halnya pada Pengaturan.

  • Bukalah akses Pusat Kontrol pada iPhone.
  • Kemudian tekan dan tahan pada bagian Kecerahan Layar.
  • Terakhir kamu bisa mengaktifkan opsi True Tone yang semula adalah Off menjadi On.

Penyebab True Tone tidak aktif atau mati

Fitur True Tone terbilang cukup penting dalam penggunaan iPhone. Sama halnya dengan Face ID, bukan tidak mungkin jika fitur ini mengalami masalah. Terlebih lagi True Tone sendiri menentukan apakah LCD yang di gunakan pada perangkat adalah asli atau justru sebaliknya.

Lalu apa penyebab True Tone biasanya bermasalah? Simak beberapa uraian berikut :

  1. Hardware atau software yang bermasalah
    Permasalahan True Tone bisa disebabkan oleh hardware atau software yang juga bermasalah. Misalkan perangkat sempat terjatuh atau terbentur.
  2. Fitur yang memang belum aktif
    Jika kamu pengguna iPhone, jangan panik dulu saat True Tone mati. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan fiturnya yang belum aktif. Untuk itu pastikan kamu memeriksanya dan aktifkan fitur terlebih dahulu.
  3. IPhone Error
    Saat perangkat mengalami error atau kerusakan, tentu akan berpengaruh pada fitur True Tone yang menjadi mati. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan restart terlebih dahulu pada perangkat.
  4. Kegagalan update iOS
    iOS merupakan sistem operasi yang digunakan oleh perangkat iPhone. Saat melakukan update iOS, bukan tidak mungkin mengalami kegagalan. Nah jika hal ini terjadi, maka bisa menjadi penyebab True Tone ikutan mati atau tidak aktif.

Demikian penjelasan mengenai True Tone iPhone dan bagaimana cara mengaktifkannya. Dari ulasan yang di atas, dapat di simpulkan bahwa mengaktifkan fitur ini terbilang cukup mudah di lakukan. Selamat Mencoba !

Baca Juga :

***