Contoh Problem Solving, Pengertian, dan Cara Meningkatkannya !

Epic99.com – Contoh Problem Solving. Problem Solving atau teknik memecahkan masalah menjadi suatu hal yang harus di miliki dan di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu Problem Solving sendiri tidak lain adalah skill yang ada pada diri sendiri.

Pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai Problem Solving berikut contoh dan cara meningkatkannya !

Apa itu Problem Solving ?

Seperti pada penjelasan sebelumnya, di mana Problem Solving sendiri merupakan kemampuan untuk mencari solusi dari semua halangan yang ada pada tujuan utama kamu. Oleh karena itu semakin baik skill Problem Solving yang di miliki, maka semakin efektif seseorang bisa menyelesaikan masalahnya.

Ada beberapa metode Problem Solving yang biasanya di gunakan untuk memecahkan masalah. Di kutip dari berbagai sumber, berikut beberapa metode yang harus kamu pahami :

1. Brainstorming

Saat ingin memecahkan masalah dengan metode ini, secara tidak langsung kamu akan mendorong setiap orang yang terlibat untuk bisa menyampaikan aspirasi atau ide. Sehingga jika semua ide sudah terkumpul, maka bisa di gabungkan dan di olah menjadi solusi utama.

2. 6 Thinking Hats

Merupakan metode yang di gunakan dalam menghadapi masalah dari beragam perspektif. Adapun beberapa persepektif yang umum di gunakan yakni fakta, data, solusi, hal positif, dan negatif.

3. The 5 Whys

Sesuai dengan namanya, metode The 5 Whys mengharuskan kamu untuk bertanya pada diri sendiri mengenai masalah yang di alami sebanyak 5 kali. Selain itu pastikan kamu juga untuk bisa menjawab semua pertanyaan secara objektif.

4. Lightning Decision Jam

Dengan metode ini kamu bisa menulis tentang kekhawatiran, tantangan, atau bahkan masalah dalam sebuah catatan. Selanjutnya kamu bisa memilih mana yang harus di selesaikan terlebih dahulu. Selain itu Lightning Decision Jam memungkinkan kamu untuk membuat solusi dari masalah yang sudah di pilih.

5. Failure mode and Effect Analysis

Kamu bisa melakukan analisa dari setiap elemen strategi dan memilikirkan hal terburuk yang mungkin saja bisa terjadi. Sehingga dengan melihat kemungkinan terburuk, maka kamu bisa mencari solusi untuk mencegahnya.


Contoh Problem Solving

Untuk memiliki skill Problem Solving, ada beberapa proses yang harus di mengerti dan di praktekkan dalam kehidupan nyata. Berikut adalah contoh Problem Solving yang bisa di cermati !

Contoh : Kamu merupakan seorang programmer handal, dan dalam beberapa waktu terakhir ada hal yang menghambat efektifitas kerja sehingga membuat semua koding menjadi berantakan.

Nah untuk melakukan penyelesaian masalahnya, kamu bisa mempraktekkan beberapa hal di bawah ini :

1. Menganalisa situasi

Di mana pada tahap ini kamu bisa mulai untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya. Misalkan pada kasus di atas yang menjadi penyebab utama permasalahan adalah karena kamu memiliki hutang.

2. Membuat daftar solusi

Selanjutnya setelah menganalisa permasalahan yang ada, kamu bisa memulai untuk membuat daftar solusi. Seperti pada kasus tersebut, berikut ini beberapa alternatif solusi yang bisa di lakukan :

  • Membayar hutang dengan menjual aset
  • Bekerja ekstra atau lembur untuk mendapatkan uang tambahan
  • Mencoba untuk menghubungi kreditur mengenai keterlambatan pembayaran

3. Tentukan solusi terbaik

Jika sudah menentukan daftar solusi yang bisa di lakukan, berikutnya pilihlah solusi terbaik dari daftar solusi yang ada. Pada tahap ini ada beberapa skill yang memang di butuhkan seperti analisa, diskusi, kerjasama, dan penetuan prioritas.

Pada kasus ini, kamu bisa memilih untuk membayar hutang denngan menjual aset.

4. Evaluasi

Jika semua rencana sudah berjalan di mana kamu sudah membayar hutang dengan cara menjual aset. Langkah terakhir yang tidak boleh di tinggal adalah evaluasi.


Cara meningkatkan Problem Solving

Skill Problem Solving memang penting untuk ditingkatkan. Hal tersebut karena Problem Solving terkesan cukup penting untuk promosi diri dan sebagai bukti bahwa kamu mampu menerapkan ilmu yang sudah di dapat.

Lalu bagaimana cara meningkatkan Problem Solving? Berikut beberapa langkahnya !

  • Mengasah skill secara teknis
  • Perbanyak pengetahuan
  • Melakukan latihan penyelesaian masalah
  • Mengubah pola pikir
  • Menggunakan metode Mind Mapping
  • Bermain game asah otak

Demikian beberapa penjelasan mengenai problem solving, contoh, dan cara meningkatkannya. Dengan mengetahui betapa penting skill ini, kamu bisa mulai untuk melatih diri dan mengembangkan skill Problem Solving dalam diri.

Baca Juga :

***