Pengertian DHCP Server beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Epic99.com – Pengertian DHCP Server. Dalam internet terdapat istilah DHCP yang merupakan singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol. Di mana sesuai dengan namanya, DHCP tidak lain merupakan protokol berbasis server yang biasanya di gunakan untuk memudahkan penyebaran IP Address ke sebuah jaringan secara otomatis.

Dengan menggunakan DHCP nantinya pengguna tidak perlu lagi melakukan pengaturan IP Address dari satu perangkat ke perangkat lain secara manual.

Pada artikel kali ini akan di bahas lebih detail mengenai apa itu DHCP dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu DHCP?

Seperti pada penjelasan sebelumnya mengenai DHCP. Pada intinya DHCP adalah protokol yang memudahkan penyebaran alamat IP karena akan di lakukan secara otomatis.

DHCP terbagi menjadi 2 yakni DHCP server dan DHCP client. Keduanya memiliki perbedaan dari segi tugas dan cara kerjanya. Di mana pada DHCP Server bertugas untuk mengatur, mengisi, serta memberikan dan mendistribusikan alamat IP ke setiap komputer client yang berada dalam satu jaringan yang sama secara otomatis.

Sedangkan DHCP Client sendiri merupakan perangkat yang terhubung atau tersinkronisasi dengan DHCP server. Sehingga nantinya perangkat akan meminta alamat IP dan menerima konfigurasi dari DHCP server sehingga dapat terkoneksi dengan baik dan maksimal.

Dari kedua pengertian di atas mengenai DHCP server dan client, dapat di simpulkan bahwa DHCP server adalah pihak yang membantu administrator untuk memberikan alamat IP. Kemudian DHCP client adalah pihak yang meminta alamat IP dan menyesuaikannya.

Fungsi DHCP

Pada dasarnya DHCP terutama pada server memiliki fungsi yakni :

1. Mengelola dan memperbarui IP Address

Di mana biasanya DHCP melakukan pendistribusian IP Address sekaligus dalam waktu bersamaan ke banyak perangkat secara otomatis. Namun alamat IP yang di gunakan oleh client akan memiliki masa berlaku pemakaian. Oleh karenanya DHCP memiliki fungsi lain yaitu memperbarui IP address yang sudah kadaluarsa bahkan tanpa harus konfirmasi ulang terlebih dahulu.

2. Mencegah IP Konflik dan mendorong penggunaan IP Address yang sudah pernah dipakai

Alamat IP sebenarnya di gunakan dalam alamat yang berbeda. Hal ini di karenakan alamat IP yang sama akan menyebabkan terjadinya konflik jaringan antar perangkat. Bahkan lebih dari itu, alamat IP yang sama akan mengakibatkan perangkat tidak bisa terhubung dengan jaringan.

DHCP berfungsi untuk mengurangi kesalahan tersebut karena servernya memiliki database dengan alamat IP yang berbeda-beda.

Fungsi DHCP lainnya adalah membantu client menggunakan alamat IP yang sedang tidak di gunakan oleh perangkat lainnya. Sehingga nantinya DHCP akan melakukan pemeriksaan apakah alamat IP tersebut sedang di gunakan atau tidak oleh perangkat lain.

Cara kerja DHCP server

Sebagai informasi tambahan, DHCP server memiliki cara kerja yang terdiri dari 4 proses. Berikut cara kerja DHCP untuk kamu ketahui :

  • IP Least Discovery
    Perangkat client akan mencari layanan DHCP yang terhubung dengan jaringan sama. Sehingga setelah menemukan DHCP server dalam 1 jaringan, maka DHCP client akan mengirimkan pesan ke server untuk memberikan konfigurasi jaringan.
  • IP Least Offer
    DHCP akan memberikan penawaran ke client yang berisikan alamat IP dan informasi konfigurasi jaringan lain.
  • IP Lease Request
    Jika penawaran dari server sudah di terima oleh client maka DHCP client akan menyetujui dan melakukan request.
  • IP Lease Acknowledge
    Proses terakhir dari cara kerja DHCP adalah server akan memberikan respon dari client dan memberikan IP Address yang sudah di tentukan oleh server. Selain itu nantinya DHCP server akan mengirimkan informasi mengenai konfigurasi lain yang di butuhkan oleh client.

Nah itulah pembahasan mengenai DHCP untuk kamu ketahui. Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan konfigurasi DHCP yang akan dibahas pada artikel berikutnya.

Baca Juga :

***