7 Macam-Macam Chipset HP Terbaik dan Terpopuler

Epic99.com – Macam-macam Chipset HP. Penggunaan chipset dalam Android merupakan bagian yang penting dan menjadi fungsi utama dari berjalannya sebuah sistem. Oleh karena itu pasti kamu pernah mendengar istilah chipset dalam setiap produk android.

Terlebih lagi tiap smartphone menggunakan chipset yang berbeda-beda. Selain itu biasanya di sesuaikan dengan harga.

Nah jika kamu ingin membeli smartphone, berikut ini macam-macam chipset HP terbaik dan terpopuler yang sering di gunakan.

1. Apple A16 Bionic

Siapa yang tidak mengenal produk Apple? Di mana perangkat teknologi yang terkenal akan kecanggihannya mampu meledak di pasaran meskipun harganya relatif mahal. Apple A16 Bionic merupakan salah satu chipset HP terbaik yang menarik untuk digunakan.

Chipset Apple A16 Bionic di klaim mampu menghadirkan kekuatan untuk proses data yang lebih cepat. Lebih dari itu, chip yang satu ini memberikan hasil foto yang lebih baik dari seri chipset sebelumnya. Terlebih lagi untuk performa sistemnya sendiri Apple A16 Bionic sangat ngebut.

Apple A16 di gunakan untuk produk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Bahkan untuk iPhone 14 dan 14 Plus saja masih menggunakan chipset Apple A15 Bionic yang sama dengan iPhone 13 series.

2. Apple A15 Bionic

Kalah setingkat di bandingkan Apple A16 Bionic, chipset yang satu ini juga tidak kalah canggihnya. Apple A15 Bionic memiliki kemampuan yang cepat terutama dalam hal pemrosesan data. Terlebih lagi chipset Apple A15 Bionic sudah menggunakan GPU terbaru sehingga kinerjanya terkesan tinggi dan di sertai teknologi AI untuk hasil gambar terbaik.

Meskipun masih menggunakan 2 inti pemrosesan data dan 4 inti untuk efisiensi data yang sama dengan Apple A14 Bionic, namun jumlah transistornya jauh lebih banyak yakni mencapai 15 miliar transistor. Hal ini yang membedakannya dengan Apple A14 Bionic yang baru memiliki 11 miliar trasistor.

3. Dimensity 9000 Plus

Macam-macam chipset lainnya yang cukup bisa di andalkan adalah Dimensity 9000 Plus. Di mana chip ini merupakan saingan dari Snapdragon 8+ Gen 1. Sebenarnya tidak berbeda dengan Snapdragon 8+ Gen 1, ikon Plusnya sendiri di katakan sebagai peningkatan performa yang ada.

Selain itu beberapa fitur lainnya yang ada di chip Dimensity 9000+ adalah GPU Mali-G710 MC10, modem 5G terintegrasi dengan kecepatan 7Gbps.

Hanya saja yang menjadi kelemahannya adalah Dimensity 9000 plus tidak memiliki konektivitas mmWave. Namun dari segi performa, chipset yang satu ini sudah bisa di katakan ngebut.

4. Snapdragon 8+ Gen 1

Mampu bersaing dengan Dimensity 9000+ nyatanya Snapdragon 8+ Gen 1 cukup di akui dalam hal performanya. Bahkan beberapa jenis ponsel seperti Asus ROG Phone 6 juga menggunakan chipset ini.

Dari segi prosesor dan grafis, Snapdragon 8+ Gen 1 terbukti lebih unggul di bandingkan dengan versi sebelumnya. Kemudian pada kemampuan efisiensi daya, chipset yang satu ini mengalami peningkatan hingga 30% dengan kinerja AI sebanyak 20%.

Snapdragon 8+ Gen 1 memberikan dukungan terhadap jaringan seluler generasi terkini, dengan modal chipset modem X65 5G yang memberikan dukungan kecepatan unduhan teoritis hingga 10 GB per detik serta unggahan hingga 3GB perdetik.

5. Dimensity 9000

Rekomendasi chipset unggul lainnya yang masuk dalam kategori terbaik adalah Dimensity 9000. Di mana performanya cukup bagus dan sudah menggunakan prosesor arsitektur Armv9. Selain itu untuk fabrikasinya, Dimensity 9000 ditanamkan 3 kluster dalam prosesor yakni 1-core Cortex X2 dengan clock-speed 3,05 GHz, 3-core Cortex A710 dengan clock-speed 2,85 GHz, dan 4-core efisiensi Cortex A510 dengan kecepatan 1,8 GHz.

Sedangkan untuk GPUnya, Dimensity 9000 menggunakan GPU Mali G710 dengan 10 core. Kelebihan lainnya yang ada dalam chipset ini adalah RAM berjenis LPDDRx yang memiliki kecepatan hingga 7500 Mbps.

6. Snapdragon 8 Gen 1

Snapdragon 8 Gen 1 merupakan chipset yang hadir sebagai penerus dari Snapdragon 888 dan 888+. Chipset yang satu ini memiliki kemampuan CPU Snapdragon 8 Gen dengan peningkatan hingga 20% dan diklaim mampu melakukan penghematan daya hingga 30% dibanding chipset dibawahnya.

Selain itu produksi chipset yang satu ini menggunakan CPU Armv9 yang terdiri dari 3 kluster prosesor. Kemudian dari sisi GPU, Snapdragon 8 Gen 1 hadir dengan GPU Adreno 730 yang memiliki peningkatan grafis 30%.

Beberapa android kelas atas yang menggunakan chipset ini diantaranya adalah Xiaomi 12, Xiaomi 12 Pro, dan Samsung Galaxy S22.

7. Apple A14 Bionic

Setelah membahas 2 chipset tercanggih milik Apple sebelumnya, ada lagi 1 jenis chipset milik Apple yang tidak kalah unggul. Apple A14 Bionic terbilang cukup kencang di industri Mobile. Di bangun dengan proses fabrikasi 5 nm, Apple A14 Bionic menyematkan sekitar 11,8 miliar transistor di dalamnya.

Selain itu chip yang satu ini juga di tanamkan setidaknya 6 prosesor inti yang berbasis instruksi set ARMv8.5-A. Di mana dari keenam prosesor tersebut, yang dua memiliki kinerja tinggi dan 4 core sisanya hemat daya.

Sedangkan untuk pengolahan grafis, A14 Bionic menggunakan GPU 4 inti yang bahkan di klaim memiliki kemampuan 50% lebih kencang di bandingkan dengan chip kelas atas lainnya.

Nah itulah macam-macam chipset HP terbaik yang unggul dengan berbagai fiturnya. Jika ingin membeli HP baru, pastikan kamu memperhatikan chipset yang di gunakan dalam produk smartphone tersebut.

Baca Juga :

***