Epic99.com – Fakta terbaru Snapdragon 8 Gen 1. Chipset terbaru besutan Qualcomm sudah resmi di perkenalkan dalam ajang Snapdragon Tech Summit 2021 yang di selenggarakan di Hawaii. Menjadi versi lanjutan dari Snapdragon 888 yang sudah di rilis pada tahun 2020 lalu, menawarkan berbagai keunggulan yang semakin luar biasa.

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 1 juga menjadi chipset pertama besutan Qualcomm yang di buat dengan fabrikasi 4 nm. Tentunya berbagai fitur premium di sediakan dalam chipset super canggih ini mulai dai koneksi 5G, game, hingga wifi.

snapdragon 8 gen 1

Bahkan Qualcomm mengklaim bahwa kinerja CPU dalam Snapdragon yang terbaru ini mengalami peningkatan hingga 20% di bandingkan chipset sebelumnya yaitu Snapdragon 888.

Berikut adalah fakta terbaru yang di berikan oleh Snapdragon 8 Gen 1 ini.

1. CPU

Qualcomm menjadikan chipset satu ini sebagai yang pertama menggunakan CPU Armv9. Di sertai dengan inti (core) CPU utamanya Cortex-X2 dengan kecepatan clock 3,0 GHz.

Selain itu, akan ada 3 core Cortex-A710 dengan kecepatan 2,5 GHz dan juga 4 core Cortex A510 dengan kecepatan 1,8 GHz. Sepertinya Qualcomm juga masih belum puas dengan menawarkan arsitektur yang memungkinkan kemampuan machine learning berjalan lebih cepat.

2. Performa

Jika berbicara performa, sepertinya hal ini tidak perlu di ragukan lagi. Snapdragon 8 Gen 1 juga mendapatkan update yang signifikan salah satunya adalah konektivitas 5G.

Selain itu, Chipset satu ini di tenagai modem X65 yang memberikan kecepatan download hingga 10 Gbps di sertai fitur 3GPP release 16.

performa snapdragon qualcomm

Snapdragon 8 gen 1 juga mendapatkan teknologi nirkabel Wifi 6 E, Bluetooth 5.2, dan juga Snapdragon Sound untuk hal konektivitasnya.

3. Gaming

Chipset yang satu ini memiliki peningkatan grafis 30% di sertai penghematan daya sebesar 25% di bandingkan seri sebelumnya yaitu Snapdragon 888.

Baca Juga:  7 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya : Banyak Digunakan Fotografer !

Selain itu, Snapdragon 8 gen 1 juga memberikan dukungan API Vulkan dengan kinerja hingga 60% lebih cepat yang bermanfaat terutama untuk game 3D tingkat lanjut dan juga game emulator yang membutuhkan grafis tinggi.

Nantinya kamu akan bisa menikmati 2 kali lipat frame rate pada tingkatan daya yang sama. Atau bisa juga merasakan frame rate yang sama namun dengan pengurangan daya hingga 50%.

Tidak cukup sampai di situ, masih ada lagi fitur penting lain yang terdapat pada bagian depan visual termasuk juga dengan dukungan Unreal Engine 5, render volumetrik, hingga variabel shading yang sudah di tingkatkan.

4. Kamera

Kabar baik untuk kamu yang menyukai kegiatan fotografi. Hal ini di karenakan kualitas kamera yang terdapat dalam chipset ini hadir dengan Snapdragon Sight.

fakta terbaru snapdragon 8 gen 1

Snapdragon Sight sendiri merupakan fitur yang di rancang khusus untuk profesional. Kemampuan foto burst Snapdragon Sight juga meningkat menjadi 240 foto dengan resolusi 12MP per detik.

Selain itu, Snapdragon Sight juga memberikan dukungan terhadap Electronic Image Stabilization secara bersamaan untuk bisa melakukan rekaman video sekaligus memotret.

5. Layar Privasi

Snapdragon 8 gen 1 ini menggunakan prosesor sinyal gambar atau ISP tambahan yang selalu aktif. Prosesor tersebut bermanfaat untuk mencegah seseorang untuk mengintip layar ponsel yang sedang kamu mainkan.

Fitur ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan fitur yang pernah di sediakan oleh Blackberry pada masanya. Selain itu, ISP ini juga dapat di gunakan untuk mode keamanan seperti face lock yang memungkinkan ponsel milikmu selalu dalam keadaan aman.

Nah, itulah fakta terbaru mengenai chipset besutan Qualcomm ini. Pastikan kamu memilikinya jika sudah ada ponsel yang di rilis dengan chipset satu ini ya.***