Epic99.com – Keyboard laptop tidak berfungsi. Keyboard menjadi salahs satu hal penting dalam perangkat teknologi. Mulai dari laptop hingga smartphone tentunya akan membutuhkan keyboard.

Nah berbicara mengenai keyboard, bagaimana jika keyboard laptop yang kamu gunakan tidak berfungsi. Tentu akan sangat mengganggu dan menyulitkan aktifitas bukan? Oleh karena itu sangat penting untuk kamu mengetahui masalah umum yang sering terjadi pada laptop terutama keyboard.

keyboard laptop tidak berfungsi

Selain itu solusi lainnya yang bisa kamu lakukan saat mengalami masalah keyboard yang tidak berfungsi adalah dengan melakukan beberapa cara. Sehingga kamu tidak harus langsung membawanya ke tempat servis.

Jika kamu mengalami masalah keyboard yang tidak berfungsi, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.


Cara memperbaiki masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi

Sebelum membawanya ke tukang servis, akan penting untuk kamu mengetahui permasalahan apa yang sebenarnya terjadi pada keyboard laptop. Selain itu sebagai alternatif, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Bersihkan keyboard

Merupakan cara dasar yang bisa kamu lakukan. Jika mengalami permasalahan keyboard yang tidak berfungsi, cobalah untuk membersihkan keyboard dari debu yang menempel. Hal ini di karenakan biasanya tombol keyboard tidak bisa merespon perintah karena debu yang sudah menumpuk.

keyboard laptop tidak berfungsi

Selain itu cara membersihkan debu pada keyboard laptop juga terbilang cukup mudah yakni hanya dengan memiringkan laptop dan kemudian menggoyangkannya untuk membersihkan debu yang ada.

2. Restart laptop

Alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan jika mengalami masalah keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah dengan merestart laptop.

Hal ini di karenakan keyboard laptop tidak berfungsi bisa jadi di sebabkan oleh permasalahan software atau driver. Untuk itu kamu bisa memberi jeda pada laptop untuk melakukan restart atau bila perlu mematikannya sejenak.

Baca Juga:  7 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya : Banyak Digunakan Fotografer !

3. Instal ulang OS

Melakukan instal ulang pada OS memungkinkan keyboard menjadi berfungsi kembali. Hal ini di karenakan sistem sudah dipulihkan terlebih jika ada masalah pada keyboard yang tidak berfungsi. Selain itu cara melakukannya juga terbilang cukup mudah yakni hanya dengan masuk ke System and Security dan pilih Back Up Your Computer.

Langkah terakhir klik Recover System Settings or Your Computer. Pilih Open System Restore.

4. Pastikan Numlock dalam keadaan aktif

Penyebab lainnya yang sering terjadi saat keyboard kehilangan fungsi adalah Numlock yang masih non aktif. Sehingga saat NumLock tidak aktif, maka karakter yang muncul akan berbeda dari tombol yang di tekan.

keyboard laptop tidak berfungsi

5. Perbaikan driver

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalah keyboard adalah dengan melakukan perbaikan pada driver. Selain itu caranya juga sangat mudah yakni dengan masuk ke Control Panel, kemudian pilih System and Security lalu klik Device Manager.

Berikutnya cari driver untuk keyboard dan lakukan update. Namun cara ini akan membutuhkan koneksi internet yang stabil.


Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keyboard yang tidak bisa mengetik. Jika semua cara sudah di lakukan dan tidak juga berhasil, maka langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan membawa ke tukang service.

Namun pastikan kamu memang membawanya ke gerai resmi atau ke tukang servis yang terpercaya.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Perbandingan AMD VS Intel, Mana Yang Lebih Unggul ?