Epic99.com – Mengatasi video di Google Drive yang tidak bisa diputar. Google Drive menjadi salah satu layanan cloud yang banyak di gunakan. Hal tersebut di karenakan kelebihan di dalamnya yang memudahkan pengguna dalam menyimpan berbagai file. Selain itu, penggunaan Google Drive juga tentunya sangat aman dalam mengamankan file terutama dari kerusakan dan kehilangan data.

Namun hal tersebut bukan berarti Google Drive tidak pernah memiliki masalah apapun. Mungkin beberapa di antara kamu mengalami kendala video yang tidak bisa di putar di Google Drive. Hal ini tentunya tidak hanya di alami oleh kamu saja, karena bahkan justru banyak yang mengalami hal serupa.

video di Google Drive

Untuk itu pada artikel kali ini akan di bahas mengenai cara mengatasi video yang tidak bisa terbuka di Google Drive untuk kamu ketahui.

1. Mengganti koneksi jaringan yang lebih stabil

Permasalahan yang paling umum dan sering di alami oleh pengguna adalah ukuran video yang besar di tambah dengan koneksi internet yang tidak stabil. Tentunya hal tersebut menjadi permasalahan yang akan mempengaruhi proses loading video tersebut.

Cara termudah untuk mengatasi permasalahan ini adalah jaringan internet yang sebaiknya di ganti. Selain itu kamu bisa memilih untuk menggunakan jaringan yang lebih cepat dan stabil. Sehingga proses membuka video bisa berjalan dengan lancar.

1. Mengganti koneksi jaringan yang lebih stabil

2. Melakukan update aplikasi

Penggunaan layanan Google Drive di smartphone tentunya membutuhkan aplikasi. Sehingga kamu di haruskan untuk mendownload aplikasi Google Drive terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Saat masalah ini terjadi pada aplikasi, maka kemungkinan permasalahannya adalah aplikasi yang minta untuk dilakukan update.

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan update pada aplikasi dengan mudah di PlayStore.

Baca Juga:  5 Cara Promosi di Instagram Agar Jualan Laris

3. Mengubah format dan ukuran video

Salah satu alasan mengapa video tidak bisa di putar di Google Drive adalah karena ukuran video yang terlalu besar. Oleh karenanya kamu bisa melakukan konversi video terlebih dahulu menggunakan aplikasi khusus dan melakukan upload ulang.

3. Mengubah format dan ukuran video

4. Melakukan upload ulang

Di karenakan Google Drive merupakan layanan penyimpanan berbasis cloud, tentunya Google Drive memiliki standar format yang memungkinkan kamu untuk menyimpan video seperti AVI, WMV, MOV, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk itu jika kamu mengalami masalah video yang tidak bisa di buka, maka solusinya adalah dengan mendownloadnya terlebih dahulu. Sehingga kamu bisa memutar video tersebut menggunakan aplikasi yang memberi dukungan terhadap semua format video.

5. Membersihkan cache

5. Membersihkan cache video di Google Drive

Cache bisa saja menjadi permasalahan video yang tidak bisa di putar di Google Drive. Di mana cache sendiri merupakan file sementara yang akan terus bertambah seiring kamu menggunakan browser. Selain itu cache yang sudah menumpuk akan membuat kinerja browser menjadi lambat dan error.

Oleh karenanya kamu bisa mengatasi permasalahan ini dengan menghapus cache yang sudah menumpuk di browser.

6. Menggunakan Incognito

Terkadang permasalahan video yang tidak bisa di putar di Google Drive adalah penggunaan plugin tertentu yang justru menghambat proses dalam membuka video. Agar plugin atau ekstension tidak mempengaruhi proses loading, maka kamu bisa menggunakan Incognito pada Windows.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk mengatasi permasalahan video yang tidak bisa di putar di Google Drive. Agar video bisa berjalan dengan lancar di dalam layanan ini, pastikan untuk kamu mengikuti beberapa tahapan di atas. Dengan begitu masalah yang sedang kamu alami akan segera mendapatkan jalan keluar.***