Cara Mudah Mematikan Alarm Token Listrik, Anti Berisik !

Cara mematikan alarm token listrik – Anda yang kurang suka suara token listrik mungkin menemukan metode ini untuk menghentikannya. Apalagi alarm token listrik yang nyaring. Sebenarnya, bunyi nyaring menunjukkan bahwa token listrik akan segera habis, tetapi bunyi nyaring juga dapat menunjukkan bahwa ada masalah teknis dengan alat meter prabayar rumah Anda.

Ternyata ada beberapa cara untuk menghentikan suara yang mengganggu dari token listrik ini, terutama saat itu terjadi di malam hari karena dapat mengganggu tetangga.

Penyebab Alarm Token Listrik

Banyak hal yang memengaruhi suara token listrik. Selain kurangnya pasokan listrik, ada masalah dengan alat meter prabayar dan batas kuota di bawah 20 kWH.

Namun, jika masalahnya adalah kerusakan pada alat meter prabayar, Anda harus melaporkannya ke PLN. Anda dapat melaporkannya dengan menghubungi nomor layanan 123, yang didahului dengan kode area. Sebagai contoh, jika Anda berada di Jakarta, Anda harus menggunakan kode 021 dan angka 123 setelahnya. Segera setelah terhubung, laporkan kondisi meteran listrik dan ceritakan kesalahan secara kronologis.

Kantor PLN biasanya menyelesaikan masalah pada alat meter prabayar yang ada. Sebagai contoh, jika kode error ERR-03 muncul pada meteran listrik, itu menunjukkan masalah pada jumper positif alat meter prabayar. Solusinya adalah melepas jumper dan kemudian memasangnya kembali.

Jika ada masalah, jangan gunakan alat meter prabayar sendiri. Sebaiknya, segera hubungi pihak PLN untuk mendapatkan solusi terbaik.

Cara Mematikan Alarm Token Listrik

1. Isi Token

Pengisian token adalah langkah pertama untuk mematikan bunyi token listrik. Metode ini sangat efektif karena menghilangkan bunyi yang mengganggu dan mengurangi risiko listrik padam karena token habis. Kemampuan Anda dapat disesuaikan untuk mengisi token Anda sendiri. Namun, PLN telah menetapkan peraturan yang membatasi pengisian daya setiap pelanggan sebesar 720 jam per bulan, tergantung pada jumlah daya yang tersedia.

2. Gunakan Angka 812

Untuk menghentikan bunyi token listrik, masukkan angka 812 ke meter prabayar dan tekan enter. Dengan cara ini, suara nyaring yang mengganggu akan berhenti. Sayangnya, hasil dari setiap merek meteran berbeda-beda. Cara ini dapat menghentikan bunyi token listrik selama sepuluh menit pada meteran Itron, sementara pada meteran Hexing dapat menghentikan alarm selama dua puluh menit hingga satu jam.

3. Gunakan Kode 456

Cara terakhir untuk menghentikan suara token listrik adalah dengan memasukkan kode 456 dan kemudian menambahkan jumlah listrik yang diinginkan. Dalam hal ini, PLN sendiri telah menetapkan batas kuota listrik rumah sebesar 20 kWH minimal. Dengan menekan nomor apa pun, masukkan kode 456, lalu masukkan angka 10 untuk mengubah standar listrik minimum 20 kWH menjadi 10 kWH. Dengan demikian, suara yang dihasilkan oleh token listrik hanya akan muncul ketika daya token telah mencapai batas tertentu.

Baca Juga :

***