Tips Mengatasi Kipas Laptop yang Berisik menjadi Normal Kembali

Epic99.com – Tips mengatasi kipas laptop yang berisik. Jika kamu sering melakukan pekerjaan menggunakan laptop, tentunya kamu sudah tidak asing dengan salah satu hardware laptop yang berfungsi penting satu ini.

Kipas laptop akan bekerja lebih cepat terutama saat menjalankan program yang berat. Bahkan tidak hanya itu saja, seringkali kipas laptop berbunyi lebih berisik dari biasanya. Sehingga hal ini bisa saja membuatmu menjadi terganggu.

mengatasi kipas laptop berisik

Jika kipas laptop yang kamu gunakan sudah mengeluarkan suara yang cukup mengganggu, itu artinya ada yang tidak beres terjadi pada laptop. Oleh karena itu sebaiknya untuk mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasi kipas laptop yang berisik saat dig unakan.


Tips mudah mengatasi kipas laptop yang berisik

Biasanya kipas laptop mengeluarkan suara yang lebih berisik dari biasanya di karenakan beberapa hal yakni kipas kotor, rusak, atau di paksa menjalankan aplikasi atau program yang berat. Untuk itu pastikan kamu mengetahui penyebab terjadinya kipas laptop yang berisik.

1. Memeriksa suhu laptop

Kamu bisa mengukur suhu laptop dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti RealTemp. Dengan begitu kamu bisa mengetahui suhu laptop. Nantinya jika suhu mencapai hampir 100%, itu artinya laptop memerlukan perawatan, dan kamu harus melakukan peningkatan baik dari segi hardware maupun software.

2. Melakukan defrag pada laptop

2. Melakukan defrag pada laptop

Penyebab suara berisik pada laptop bisa jadi di karenakan beban kerja prosesor yang terlalu keras. Oleh karenanya kamu bisa menurunkan kecepatan kerja kipas dengan melakukan defrag pada laptop. Selain itu sebaiknya untuk rutin melakukan defrag setidaknya sebulan sekali agar laptop bisa bekerja lebih optimal sekaligus bisa membuat HDD dann RAM menjadi lebih fresh.

Baca Juga:  Cara Mudah Instal Linux Mint untuk Pemula

3. Membersihkan kipas dengan membongkar laptop

Cara ini sebenarnya memiliki resiko terlabih jika kamu tidak mengetahui fungsi dalam laptop yang kamu gunakan. Namun dengan membongkar laptop, setidaknya kamu bisa membersihkan kipas laptop yang kotor karena debu dan membuat kinerja laptop menjadi lebih berat.

Sebagai alternatif, jika kamu tidak bisa melakukan bongkar laptop, sebaiknya untuk langsung membawa ke tempat service untuk dilakukan pembersihan kipas laptop.

4. Pastikan Pasta Thermal selalu tersedia

Biasanya untuk menjaga prosesor agar tetap optimal, laptop akan di lengkapi pendingin yang menempel pada bagian kipas. Penyebab lainnya yang membuat kipas menjadi berisik bisa jadi di karenakan pendingin tersebut sudah habis.

mengatasi kipas laptop berisik Pastikan Pasta Thermal selalu tersedia

Untuk kamu ketahui, pendingin pada prosesor biasa di sebut pasta thermal, karena bentuknya yang seperti pasta. Dengan begitu pastikan bahwa pasta themal masih ada di bagian kipas untuk menjadi CPU tetap dingin dan bekerja lebih optimal.

5. Tutup aplikasi yang tidak di gunakan

Saat menggunakan laptop terutama pada program yang berat, sebaiknya untuk tidak menggunakan aplikasi yang sekiranya tidak penting. Dalam hal ini kau bisa menghentikan aplikasi yang tidak terpakai.

Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga performa laptop agar tidak berjalan lambat karena banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan.

6. Upgrade OS

Untuk menghindari kipas laptop berisik saat di gunakan. Kamu bisa meningkatkan OS ke yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan dengan meningkatkan OS akan membuat performa laptop bekerja lebih baik. Selain itu laptop juga tidak akan mengeluarkan suara kipas yang berisik.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi suara kipas laptop yang berisik. Pastikan untuk terus menjaga kesehatan laptop agar kinerjanya terus berjalan dengan baik dann maksimal.***